Daihatsu Copen Dapatkan Versi Gazoo Racing di Tokyo Auto Show 2019

by  in Mobil Baru
Daihatsu Copen Dapatkan Versi Gazoo Racing di Tokyo Auto Show 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika sebuah mobil Toyota mendapatkan varian TRD ataupun versi GR alias Gazoo Racing, maka hal itu masih termasuk wajar. Mengapa? Ya karena TRD ataupun GR adalah divisi yang berada di bawah merk Toyota. Namun bagaimana jika yang mendapatkan varian GR bukanlah mobil dari Toyota? Inilah salah satunya, Daihatsu Copen GR Sport Concept 2019 yang hadir di Tokyo Auto Show 2019 kemarin. Lantas, apa saja ubahannya? Mari kita bahas.

Jadi, yang mendasari munculnya Daihatsu Copen GR Sport Concept adalah kerjasama antara pihak Daihatsu dengan Gazoo Racing Toyota. Dan jika dilihat lebih seksama, ada banyak ubahan di Daihatsu Copen GR Sport Concept ini. Pertama, dari sisi depan saja langsung kentara bahwa tim Gazoo Racing mengubah tampilan dari Daihatsu Copen biasa menjadi lebih minimalis dan sporty. Kalian tak akan menemukan ‘taring’ panjang khas Daihatsu Copen di mobil ini. Sebagai gantinya, ada sebuah bumper yang mengotak di sisi depang dengan tarikan garis tegas dan juga lamu kabut yang juga mengotak.

Nah, selain itu, Daihatsu Copen GR Sport Concept juga menggunakan bahasa desain ala mobil – mobil lansiran Gazoo Racing, yaitu grille ‘Functional Matrix’ yang terlihat cocok dengan bentuk lampunya yang juga terlihat tegas. Ubahan ini membuat tampilan manis di Daihatsu Copen biasa berubah menjadi tampilan ala ‘badboy’ di mobil ini. Pndah ke samping, mobil ini masih menggunakan spion hitam mungilnya, dengan atap hitam hardtop, namun kini sudah dipercantik dengan penggunaan velg 16 inci lansiran BBS. Cuma 16 inci kok kelihatan besar? Ya karena mobilnya memang kecil.

Pindah ke belakang, Daihatsu Copen GR Sport Concept menggunakan lampu belakang yang juga diubah, menghilangkan kesan ‘taring’ di versi standarnya. Ubahan ini membuatnya lebih sedernaha, walaupun cenderung mirip lampu belakang Wuling Cortez. Nah, bumper belakangnya pun dibuat mengotak, secara harafiah. Namun dua lubang knalpotnya masih dipertahankan, dan diffuser mempertegas kesan sporty di sisi ini. Buritan ala ducktail dengan HMSL masih dipertahankan, dan ada ornamen berwarna hitam yang menghubungkan kedua lampu belakang, plus emblem GR Sport.

Masuk ke dalam, Daihatsu Copen GR Sport Concept mendapatkan jok lansiran Recaro, dan ubahan di sisi panel instrumen. Pihak Daihatsu mengklaim bahwa Daihatsu Copen GR Sport Concept juga mendapatkan ubahan di sisi rangka dan body sehingga lebih rigid. Untuk urusan mesin, tak ada ubahan di Daihatsu Copen GR Sport Concept, masih menggunakan mesin 600cc Turbo bertenaga 64PS dengan torsi 92 Nm, dan transmisi manual 5 percepatan dan CVT 7 percepatan. Ada 2 varian warna yang dipamerkan, yaitu warna merah dengan velg emas dan putih dengan velg abu-abu.

Walau sebatas konsep, namun tak menutup kemungkinan nantinya Daihatsu Copen GR Sport Concept akan diproduksi sungguhan. Karena model konsepnya saja sudah sangat mendekati versi produksi. Kalau menurut kalian bagaimana? Produksi atau tidak?

Read Prev:
Read Next: