Citroën C5 Aircross Hadir dengan Suspensi Hydraulic nan Canggih

by  in Citroen&Hi-Tech&Mobil Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Ajang Shanghai Auto Show silam telah dimanfaatkan oleh Citroën untuk meluncurkan mobil barunya yakni C5 Aircross. Mobil ini akan menjadi mobil pertama yang hadir dengan suspensi canggih dengan tajuk “Progressive Hydraulic Cushions” setelah berpuluh – puluh tahun menggunakan “Hydropneumatic Suspension”. Bagaimana kemampuan dari suspensi baru ini?

Terinspirasi dari Aircross concept yang mereka telah tampilkan pada tahun 2015, akhirnya mobil ini terealisasi dan menawarkan sesuatu yang sudah menjadi ciri khas Citroën sejak dulu. Untuk kalian yang belum tahu, dari dulu Citroën memang advance dan concern tergadap suspensi mobil, karena mereka sudah memakai active leveling hydraulic suspension sejak 1955. Suspensi baru ini menggantikan damper, spring, dan mechanical bump stops konvensional dengan 2-step hydraulic, 1 untuk rebound dan lainnya untuk compression.

Teknologi baru pada mobil ini diklaim oleh Citroën akan menawarkan kenyamanan dan kelegaan mantab jiwa bagi setiap penumpangnya. Suspensi ini meskipun tampak tunggal akan bekerja simultan dan berkesinambungan. Penasaran dengan cara kerja dan hasil kerjanya? Silahkan liat video diatas artikel ini. Selain faktor suspensi, wheelbase yang cukup melar turut membantu kelegaan kabinnya. Untuk fitur hiburan sendiri, Citroën C5 memiliki layar besar berukuran 12,3” dan infotainment system berukuran 8”. Cukup kekinian, karena mungkin ingin menyamai Tesla maupun paket layar besar kepunyaan X-Trail. Oiya, wireless charging juga turut serta sebagai fitur mobil ini.

Terdapat 2 mesin yang nantinya dipakai oleh C5 Aircross, keduanya sama – sama bensin, namun berbeda tenaga. Varian terendah dibekali mesin dengan 165 hp sedangkan varian lainnya 200 hp, keduanya dipadukan dengan transmisi 6 percepatan otomatis. Kok biasa saja? Kedepannya, Citroën akan memberikan versi plug-in hybrid dengan penggerak e-AWD, kombinasi tenaga dengan mesin 200 hp di klaim dapat menembus 300 hp. Lumayan juga apabila terealisasikan, spesifikasi tersebut mengukuhkan Citroën C5 Aircross sebagai ‘the most powerful production Citroen ever made’.

Mobil yang akan dijual di RRC pada Oktober ini meskipun masih berstatus 2WD akan dibekali sejumlah fitur yang menunjang kestabilan dan keamanan seperti Grip Control variable dari ESP module, driver assistance seperti Hill Descent Control, Active Safety Brake, Active Lane Departure Warning, dan Adaptive Cruise Control. Akankah Citroën mengulang kejayaan sistem hidrolik naik turun layaknya masa lampau? Apa bisa meluncur dengan 3 roda seperti Citroen DS? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: