Ducati Recall Terhadap Multistrada 1200 Enduro, Ada Apa Ya?

by  in Berita&Ducati&International
Ducati Recall Terhadap Multistrada 1200 Enduro, Ada Apa Ya?
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelombang recall yang dilakukan oleh pabrikan mobil di dunia sepertinya memang masih akan bertambah, dan sekarang giliran segmen roda dua yang mendapatkan recall. Adalah Ducati, pabrikan motor kondang sala Italia yang juga turut memperpanjang daftar recall kendaraan bermotor.

Ducati merilis program recall  bagi motor adventure jagoannya, Ducati Multistrada 1200 Enduro. Masalah yang menjangkiti Ducati Multistrada 1200 Enduro sendiri berasal dari suspensinya. Suspensi belakang Ducati Multistrada 1200 Enduro memiliki potensi lepas dari lengan ayunnya. Dan kondisi suspensi tersebut menimpa Ducati Multistrada 1200 Enduro model tahun 2016 dan 2017.

Sebanyak 568 unit Ducati Multistrada 1200 Enduro yang telah beredar harus di recall. Berdasarkan dokumen dari National Highway Traffic Safety (NHTSA) yang kami kutip dari laman otomotif Kompas.com, lembaga keselamatan jalan raya Amerika tersebut menyatakan bahwa komponen pengikat dari shockbreaker belakang bagian bawah kurang cukup kuat untuk menahan getaran yang pasti terjadi saat motor digunakan di kondisi off road.

Masalah ini sendiri teridentifikasi pada bulan Oktober 2016 lalu, dimana komponen eyelet dari shockbreaker belakang Ducati Multistrada 1200 Enduro patah pada salah satu  unit Ducati Multistrada 1200 Enduro di ajang tes off road yang diadakan oleh Ducati sendiri. Ducati pun melakukan investigasi internal dan menemukan dua unit Ducati Multistrada 1200 Enduro mengalami masalah yang sama.

Dan akhirnya, pada 20 april lalu, Ducati memutuskan untuk melakukan recall dengan skala internasional, alias menyeluruh. Sementara itu, hingga 25 april lalu, atau 5 hari pasca pengumuman recall, masih belum ada komplain ataupun laporan garansi yang berhubungan dengan parts tersebut. Dealer Ducati sendiri akan mengganti paket shockbreaker belakang pada unit yang terindikasi recall dengan komponen yang baru.

Jadi, ternyata motor premium sekelas Ducati pun tak luput dari kelemahan, dan kesalahan. Namun kita patut apresiasi langkah Ducati yang menunjukkan tindak nyata dan bertanggung jawab. Bagaimana menurut kalian? Ada yang punya Ducati Multistrada 1200 Enduro tahun 2016 – 2017 disini? Cepetan ke dealer Ducati ya.

Read Prev:
Read Next: