Chevrolet Spark : Mobil Termurah se-Amerika & Punya 10 Airbags!

Chevrolet Spark : Mobil Termurah se-Amerika & Punya 10 Airbags!
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan brand Chevrolet? Walaupun tahun 2020 ini adalah tahun pahit untuk Chevrolet di Indonesia dan Asia Tenggara, namun brand asal Negeri Paman Sam ini masih menarik untuk dibahas. Nah, kali ini kami akan membahas mobil yang juga akrab dengan publik Indonesia, yaitu Chevrolet Spark. Kalau dulu Chevrolet Spark adalah mobil Chevrolet termurah di Indonesia, maka kini Chevrolet Spark mendapatkan predikat sebagai mobil termurah se-Amerika, dari semua brand.

Jadi, Chevrolet Spark dipasarkan di Amerika Serikat dengan banderol mulai 13,400 USD atau setara 190 jutaan Rupiah. Angka ini sebenarnya masih di bawah dari harga jual Chevrolet Spark saat terakhir dijual di Indonesia dahulu, setidaknya sebelum ada diskon besar – besaran pasca Chevrolet memutuskan berhenti menjual mobil di Indonesia. Nah, dengan harga tersebut, Chevrolet Spark berhasil menjadi mobil termurah yang bisa kita dapatkan di US untuk tahun ini. Sebagai catatan, di varian paling rendah, Chevrolet Spark sudah mendapatkan head unittouchscreen berukuran 7 inci dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, kamera mundur, dan 10 buah airbags.

Yap, angka airbags-nya bahkan membuat beberapa mobil 1 miliar di Indonesia harus tertunduk malu. Untuk urusan mesin, Chevrolet Spark menggunakan mesin 1.400cc DOHC dengan tenaga maksimal 99 PS pada 6.200 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini adalah mesin yang sama dengan unit Chevrolet Spark di Indonesia dahulu. Sedangkan untuk transmisi, Chevrolet Spark ditawarkan dalam 2 opsi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Secara desain, Chevrolet Spark versi US ini juga masih sangat mirip dengan Chevrolet Spark yang terakhir dipasarkan di Indonesia dahulu. Jadi, tak ada perbedaan yang sangat berarti kalau bicara urusan desain.

Di Indonesia, penjualan Chevrolet Spark sendiri terbilang lesu. Bahkan, angkanya hanya mencapai 117 unit saja secara wholesales di tahun 2019 silam. Sedangkan tahun 2020 ini, dari 4 bulan terakhir eksistensi penjualan General Motors Indonesia (GMI), Chevrolet Spark hanya mencatatkan wholesales di angka 7 unit saja. Padahal, kalau kita lihat ke masa lalu, Chevrolet Spark punya sejarah yang lumayan bagus di pasar Indonesia. Dimulai dari varian bermesin 800cc, 1.000cc hingga 1.200cc dan terakhir 1.400cc. Hadirnya Chevrolet Spark di awal 2000-an menjadi opsi baru bagi pasar yang kala itu opsinya hanya Suzuki Karimun, Daihatsu Ceria, dan duet AtoZ dan Visto.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: