CEO Takata Menyampaikan Permintaan Maaf Terdalamnya Kepada Publik

by  in Berita&International
CEO Takata Menyampaikan Permintaan Maaf Terdalamnya Kepada Publik
0  komentar
Perusahaan pembuat onderdil airbag Takata dari Jepang

AutonetMagz.com – Ingat dengan kasus recall airbag Takata yang menimpa jutaan mobil di seluruh dunia? Itu adalah salah satu kasus recall terparah yang pernah kami dengan akibat cacat produk sebuah perusahaan. Airbag inflator yang didesain Takata diketahui memiliki kesalahan perancangan dan bukannya bisa menyelamatkan orang, malah bisa membunuh orang dengan airbag-nya. Belakangan ini, pimpinan di perusahaan Jepang tersebut akhirnya menyatakan permintaan maafnya.

“Saya benar-benar minta maaf dari hati saya yang terdalam, khususnya bagi mereka yang telah meninggal akibat kecelakaan,” ujar CEO Takata, Shigehisa Takada dalam sebuah konferensi. “Saya merasa sangat bertanggung jawab atas apa yang terjadi,” demikian seperti yang dikutip oleh New York Times.

Cara kerja mekanikal airbag pada mobil

Pernyataan ini sebagai respons dari tatapan tajam dari mata publik sejak krisis recall mulai berlangsung awal tahun lalu. Dia berperan sebagai CEO dan presiden Takata akhir tahun lalu setelah perusahaan tersebut selesai dipimpin oleh Stefan Stocker, seorang berkebangsaan Swiss.

Meskipun Takada sudah meminta maaf, beliau tidak menunjukkan niat untuk mengundurkan diri sebagaimana perusahaan menghadapi peningkatan pengawasan untuk penanganan recall yang berlangsung.

Airbag SRS pada Honda City baru 2014

Dia juga membela penggunaan amonium nitrat di inflator-nya, meskipun ada kekhawatiran soal stabilitas bahan kimia peledak ini ketika terkena air dari waktu ke waktu. “Kami telah bekerja dengan amonium nitrat selama lebih dari 10 tahun, dan telah diuji dalam berbagai cara. Sejauh yang saya ketahui, itu aman dan dapat diandalkan,” katanya.

Perusahaan telah mengidentifikasi kekurangan dalam proses manufaktur yang mungkin bertanggung jawab atas cacat pada sekitar 10 juta komponen, namun penyidik masih bekerja untuk menentukan penyebab utama untuk sisa masalah yang masih ada. Panas dan kelembaban yang tinggi telah dikaitkan dengan kegagalan komponen, tetapi pemasok mengklaim desain inflator sepenuhnya aman.

airbag-honda-fit-shuttle

Ya apa boleh buat, mumpung lagi bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, sebaiknya dimaafkan saja. Toh dengan mencaci maki Takata juga tidak akan mengembalikan semua yang meninggal jadi hidup lagi. Apa tanggapanmu soal permintaan maaf Takata? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Oki Ngew

    Mau gimanapun ditanggapi, percuma saja nasi sudah menjadi bubur. Lucunya di indonesia malah gak kena recall karena ‘beda komponen’ katanya.
    haha..

    • agismaniax

      Toyota Astra Motor atau Astra Daihatsu Indonesia bisa kolaps kalau ngurusin recall airbag mereka.

    • Sylpheed

      Di Indonesia aman soalnya kita ngak pakai Amonium Nitrat.. Di sini airbagnya harus kita tiup dulu sendiri baru mengembang.

  • geox

    Sudah sekian lama di komplain..sdh byk korban..kenapa baru skrng minta maaf..apa krn takut uda gak dipakai lahi..maaf2 sih gampang ngucapin nya..buktikan dulu rasa tanggung jwbnya..temui tuh korban2 airbarg takata..recall recall jg gak menjamin hilang mslh kok..buktinya kejadian terus…

  • P41JO

    Permintaan Maaf tidak bisa mengembalikan nyawa

  • rizki

    harakanan aja bos hehe