Ngeri, Pengemudi Honda City Tewas Karena Airbag Takata di Malaysia

by  in Honda
Ngeri, Pengemudi Honda City Tewas Karena Airbag Takata di Malaysia
0  komentar

AutonetMagz – Airbag adalah salah satu perangkat keselamatan yang bisa membantu anda mengurangi resiko terjadinya cedera fatal dalam kecelakaan. Namun karena kesalahan desain, bukannya menjadi penyelamat, justru malah menjadi senjata makan tuan yang memperparah tingkat cedera hingga meninggal dunia.

Kali ini kecelakaan maut akibat Airbag Takata kembali terjadi di Malaysia, tepatnya di pinggir kota Kuala Lumpur yang membuat warga geger akibat peristiwa ini.

Pengemudi wanita berumur 44 tahun tewas setelah mengalami kecelakaan ringan minggu lalu. Kecelakaan ringan tersebut berbuah duka yang amat mendalam bagi kedua anaknya, karena sang pengemudi meninggal di tempat akibat dada pengemudi tertusuk logam tajam yang terpental dari inflator Airbag Honda City tahun 2005 yang dikendarainya.

Honda-City-CNG-Price

Baca juga : Ternyata Mobil Honda Indonesia Kena Recall Airbag Takata Juga!

Dugaan kematian akibat Airbag didapatkan dari petugas yang mengevakuasi kejadian tersebut. Rosdi Hainan, pemadam kebakaran yang bertugas melakukan penyelamatan terhadap insiden tersebut menurturkan kepada The Star Malaysia sebagai berikut;

“Ketika kami tiba di lokasi kejadian, pengemudi terluka dan banyak mengalir darah di dadanya. Airbag telah meletus dan sang pengemudi bernafas dengan tersenggal-senggal”.

Pernyataan tersebut juga dikonfirmasi oleh Honda Motor Co Ltd bahwa kematian pengemudi disebabkan oleh airbag Takata. Tapi, Honda juga tidak tinggal diam, karena sebenarnya pada bulan May 2015 silam, Honda sudah melakukan kampanye recall terhadap unit Honda City, Jazz dan lain-lain di Malaysia.

Cara kerja mekanikal airbag pada mobil

Baca juga : Recall Airbag Takata Adalah Kasus Terparah Sepanjang Industri Otomotif

Menurut keterangan Honda Malaysia, sang korban kecelakaan tersebut sudah tiga kali dikirimkan surat pemanggilan (recall) untuk memperbaiki airbag bermasalah tersebut, namun hingga kecelakaan tersebut terjadi, sang pemilik belum juga membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk perbaikan.

Ini bukan pertama kalinya kejadian Airbag Takata menyebabkan kematian di Malaysia. Di tahun 2014 silam, seorang wanita hamil meninggal dunia diakibatkan Airbag Takata dan lagi-lagi menggunakan Honda City.

Di dunia, airbag Takata bertanggung jawab atas 100 kecelakaan yang terjadi, 13 diantaranya menyebabkan pengemudi tewas seketika. Semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak malas memenuhi panggilan recall agar tidak dipanggil tuhan.

Read Prev:
Read Next: