Ngeri, Pengemudi Honda City Tewas Karena Airbag Takata di Malaysia

by  in Honda
Ngeri, Pengemudi Honda City Tewas Karena Airbag Takata di Malaysia
0  komentar

AutonetMagz – Airbag adalah salah satu perangkat keselamatan yang bisa membantu anda mengurangi resiko terjadinya cedera fatal dalam kecelakaan. Namun karena kesalahan desain, bukannya menjadi penyelamat, justru malah menjadi senjata makan tuan yang memperparah tingkat cedera hingga meninggal dunia.

Kali ini kecelakaan maut akibat Airbag Takata kembali terjadi di Malaysia, tepatnya di pinggir kota Kuala Lumpur yang membuat warga geger akibat peristiwa ini.

Pengemudi wanita berumur 44 tahun tewas setelah mengalami kecelakaan ringan minggu lalu. Kecelakaan ringan tersebut berbuah duka yang amat mendalam bagi kedua anaknya, karena sang pengemudi meninggal di tempat akibat dada pengemudi tertusuk logam tajam yang terpental dari inflator Airbag Honda City tahun 2005 yang dikendarainya.

Honda-City-CNG-Price

Baca juga : Ternyata Mobil Honda Indonesia Kena Recall Airbag Takata Juga!

Dugaan kematian akibat Airbag didapatkan dari petugas yang mengevakuasi kejadian tersebut. Rosdi Hainan, pemadam kebakaran yang bertugas melakukan penyelamatan terhadap insiden tersebut menurturkan kepada The Star Malaysia sebagai berikut;

“Ketika kami tiba di lokasi kejadian, pengemudi terluka dan banyak mengalir darah di dadanya. Airbag telah meletus dan sang pengemudi bernafas dengan tersenggal-senggal”.

Pernyataan tersebut juga dikonfirmasi oleh Honda Motor Co Ltd bahwa kematian pengemudi disebabkan oleh airbag Takata. Tapi, Honda juga tidak tinggal diam, karena sebenarnya pada bulan May 2015 silam, Honda sudah melakukan kampanye recall terhadap unit Honda City, Jazz dan lain-lain di Malaysia.

Cara kerja mekanikal airbag pada mobil

Baca juga : Recall Airbag Takata Adalah Kasus Terparah Sepanjang Industri Otomotif

Menurut keterangan Honda Malaysia, sang korban kecelakaan tersebut sudah tiga kali dikirimkan surat pemanggilan (recall) untuk memperbaiki airbag bermasalah tersebut, namun hingga kecelakaan tersebut terjadi, sang pemilik belum juga membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk perbaikan.

Ini bukan pertama kalinya kejadian Airbag Takata menyebabkan kematian di Malaysia. Di tahun 2014 silam, seorang wanita hamil meninggal dunia diakibatkan Airbag Takata dan lagi-lagi menggunakan Honda City.

Di dunia, airbag Takata bertanggung jawab atas 100 kecelakaan yang terjadi, 13 diantaranya menyebabkan pengemudi tewas seketika. Semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak malas memenuhi panggilan recall agar tidak dipanggil tuhan.

Read Prev:
Read Next:
  • Ari

    “pelajaran bagi kita semua untuk tidak malas memenuhi panggilan recall agar tidak dipanggil tuhan.” anjir..

    • Jual Ban Dalem

      Tuhan..T-nya harusnya huruf besar tuh..

    • Daffa

      Ini yg bner aja. Dipanggil Tuhan itu kehendakNya, kita gk bakal ada yg tau kpn. Bisa aja mau nabrak trus ngehindar, tp movil gk ada vsc, ya mati juga deh oleng hahahah

    • Farrel

      Gw orgnya gk religius2 amat tp gw tau bener kalo pangillan Tuhan gk bs dihindar, apalagi artikel beginian dikait2in dgn Tuhan. Mending diganti aja itu tulisan, kerasa kyk ngerendahin yg Mahakuasa, gw gk baper ye kyk org komen di artikel sebelah, tp itu org ada bnernya jg, mau jd professional bahasa pun juga harus, karena itu penting, stiap org punya istilah masing2 tp kalo gk formal bgt bisa dikira hinaan atau ketidaksopanan, maju trus autonetmagz

    • zul ari

      Eh coeg…orang bawa mobil lapis legit pun kalau waktunya udah sampe tetep di panggil tuhan….

    • indrasta masogi

      Quote hari ini

  • Baba Abdul

    Eh, kalau livina 2014 airbagnya pake merk apa ya?

    • Evan Nsas

      takata

  • Levi

    Mungkin si Ibu” itu orangnya religius, karena dia pake motto :

    ” Dahulukan panggilan Tuhan drpd panggilan recall ”

    • Ananda Ramadhan

      anjir,kultum sebelum buka puasa dari bung levi wkwkwkwkkwkwk;v

      • Levi

        Wkwkwkwk ???

  • Satria Rukmana Fikri

    Mungkin bagi kita yang udah dapet panggilan recall dari unit yang bermasalah, segerakan utk membawa mobilnya ke dealer untuk penggantian komponen yg bermasalah. Karena umur siapa yang tahu :”)

  • Mark Buana

    kalo saya bisa ambil kesimpulan bisa jadi si korban mungkin beli mobil bekas dan honda pusat dan honda dealer hub dan kirim surat ke pengguna mobil yg pertama sedangkan si korban ga tau ada recall
    sorry yah no offence cuma kesimpulan aja
    kenyataan ini terjadi sama saya di indo untung baca autonet

    • hmm… kasusnya sama kaya gua nih, cuma gua belom masukin recall

    • AE86

      oleh karna itu kalo beli mobkas, buruan service ke dealer biar data basenya bisa di update, kalau ad ap2 pihak atpm bisa langsung recall ke yg bersangkutan, bukan ke pemilik lama.

      • Mark Buana

        saya sudah ngurus gan ganti atas nama sendiri tp database di hpm masi pemilik lama dan beres belum tentu peduli
        lemah nya brand uda terknal gtu
        kurang care kepada konsumen nya
        sebagai perbandingan aja yah
        saya beli cx 5 abis servis di telepon beres gmana pelayanan nya satu bulan kemudian di telepon sama mmi
        jadi care ke konsumen memang sih mazda belum banyak tp harus di contoh sama brand yg sudah laris
        untuk konsumen dari konsumen kan

      • Aditya Satriady

        Bener, keluarga ane belum lama baru angkat Stream 2006, dibawa ke beres buat general check up, langsung ditawarin penggantian airbag inflator (tapi cuma sisi penumpang aja, yang bermasalah disitu kata beresnya)

  • Jeem

    Honda Freed 2013 kena recall ga ya? Ga ada surat dari dealer sih

  • masbouy

    yg punya mobil antara tahun 2002-2011 airbagnya berbahaya 50% chance mematikan

  • Strider

    Kalai di indonesia tidak akan pernah ada kasus recall karena itu aib buat atpm.

    Apalagi sekelas perusahaan besar seperti honda. Seakan2 merknya itu benda paling sakti sekebal tank yang tdk boleh ada cacat.

    Model john peace ketauan lah busuknya

    Konsumen indonesia dianggap binatang ternak seperti sapi perahan saja. Yg penting laku nyawa nomor sekian

    • nggak juga ah, kemarin ada recall kok buat airbag honda di indonesia

      http://autonetmagz.com/ternyata-mobil-honda-indonesia-kena-recall-airbag-takata-juga/39162/

      • Kenny Sinaga

        Waduh,, kok ga ada panggilan ya ke ane dri dealer. Punya ane crv 2011 tangan pertama. No hp tdk prnh berubah. Gada tuh info. Pdhl service record loh bro. Malah udh 4 kali dlm setahun ini. SA nya juga adem ayem. Ssempet malah nanya2 ada recall apa ga. Katanya buat produk honda yg di indonesia aman semua pak

        • 911

          Ane juga punya crv 2008 tangan pertama, pas service diberitahu kalau airbagnya termasuk bermasalah. padahal belinya bukan di dealer yg bisa tempat ane service. mungkin dealer agan kurang inisiatif buat sebarin infonya.

    • bejo

      Ada kok,ane lgsg ditelpon honda surabaya center sendiri krn ada recall

  • M. Toha

    Hihi yg pda bilang ada recall buat diganti beneran tuh?

    Saya ada dua honda jazz 2009 dan crv 2007 itu gada dipanggil recall2an. Saya domisili lampung, dua mobil saya plat jakarta. Saya tanya di dealer sini ga mau dia ganti krna gada info buat recall katanya

  • Tubagus ari

    Sama saya di serang juga gada panggilan recall. Servis rutin

    Dirumah ada jazz 2011, dan crv 2009