Carbon Edition Hadir Pada Audi RS4 Avant & RS5 Coupe

by  in Audi&Berita&International
Carbon Edition Hadir Pada Audi RS4 Avant & RS5 Coupe
0  komentar

AutonetMagz.com – Ajang Frankfurt Motor Show 2017 lalu memberikan ruang bagi Audi untuk memperkenalkan produk baru mereka yaitu Audi RS4 Avant. Ya, mobil station wagon kencang dari pabrikan Jerman ini memang masih seumur jagung. Namun mobil ini akan menemani kakaknya yaitu Audi RS5 Coupe, yang juga baru diperkenalkan di Geneva Motor Show 2017 pada Maret lalu, untuk mendapatkan versi khusus dari pabrikan mereka. Dan varian khusus kali ini memiliki nama, Carbon Edition. Jadi inilah Audi RS4 Avant Carbon Edition dan Audi RS5 Coupe Carbon Edition.

Seperti namanya, tentu saja kedua mobil dari Audi ini akan diberikan sejumlah material carbon fibre pada beberapa komponen bodynya. Namun meskipun disebut sebagai sebuah edisi khusus, nyatanya kedua mobil Carbon Edition ini tidak akan dibatasi produksinya. Kehadiran versi Carbon Edition pada Audi RS4 Avant dan Audi RS5 Coupe ini sendiri terinspirasi dari penggunaan CFRP alias carbon fibre reinforced polymer yang sudah jamak digunakan oleh mobil – mobil di arena balap dunia. Lalu, bagian apa saja dari kedua mobil kencang ini yang akan mendapatkan bahan carbon fibreCheck this out.

Yang paling mujur adalah Audi RS5 Coupe Carbon Edition, jika dibandingkan dengan adiknya, mobil ini mendapatkan lebih banyak bahan carbon fibre, karena atap dari mobil ini seluruhnya menggunakan materila CFRP, yang tak didapatkan di Audi RS4 Avant Carbon Edition. Selain itu, kedua mobil ini akan mendapatkan sejumlah bagian lain berbahan carbon fibre seperti pada front spoilersill extentions, diffuser insert, serta pada housing dari spion kedua mobil ini. Dan sekali lagi, khusus untuk Audi RS5 Coupe, bagian rear spoiler juga menggunakan bahan carbon fibre pula.

Namun untuk kaki – kaki, keduanya diperlakukan sama. Audi RS4 Avant Carbon Edition dan Audi RS5 Coupe Carbon Edition mendapatkan velg baru dengan diameter 20 inci yang mana naik satu inci dibandingkan dengan velg standarnya. Dan velg dengan desain 5-arm peak ini diklaim sangat eksklusif, karena bentuk velg ini cukup susah dalam proses produksinya. Proses produksi yang intensif diperlukan untuk velg model ini, dan selama ini hanya diperuntukkan untuk keperluan balap dan kompetisi saja, menarik. Dan karena penggunaan velg dengan spek balap, maka tentu saja bobotnya lebih ringan, yaitu mencapai 2 kg per velg.

Jadi kedua mobil ini bisa dikatakan lebih enteng 8 kg dibandingkan versi standarnya, dan khusus untuk Audi RS5 Coupe Carbon Edition lebih ringan lagi 3kg berkat atap CFRP miliknya.  Selain seabrek material Carbon Fibre, Audi RS4 Avant Carbon Edition dan Audi RS5 Coupe Carbon Edition juga menapatkan knalpot RS Sport baru yang sudah diberi sentuhan yang bisa dikontrol suaranya dari Audi Drive Select. Selain itu masih ada pula RS Matrix LED yang juga disempurnakan sehingga tiap dioda lampunya mampu menyala atau mati sendiri menyesuaikan pada objek yang ada di depannya.

Sedangkan untuk mesin sendiri, kedua mobil ini mengandalkan unit 2.900cc Biturbo TFSI six-pot yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 450 PS dengan torsi maksimalnya di angka 600 Nm, kentjang bingits. Angka itu sudah mengungguli torsi pendahulunya yang masih menggunakan mesin naturally aspirated dengan konfigurasi V8 sebanyak 170 Nm. Berkat mesin ini, Audi RS4 Avant Carbon Edition mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 100km/jam dalam waktu 4,1 detik dan Audi RS5 Coupe Carbon Edition dalam waktu 3,7 detik. Lalu untuk harga sendiri, Audi RS4 Avant Carbon Edition akan lebih mahal 10.000 Poundsterling atau setara 179,7 jutaan RUpiah dan Audi RS5 Coupe Carbon Edition lebih mahal 12.500 Poundsterling atau setara 224,7 jutaan Rupiah.

Jadi bagaimana Audi RS4 Avant Carbon Edition dan Audi RS5 Coupe Carbon Edition ini menurut kalian? Mahal juga ya CFRP. Sampaikan komentarmu kawan.

Read Prev:
Read Next: