BMW, Mercedes-Benz dan Volkswagen Recall 5,3 Juta Mobil

by  in Audi&Berita&BMW
BMW, Mercedes-Benz dan Volkswagen Recall 5,3 Juta Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian ingat, minggu lalu kami sempat membawa sebuah informasi tentang sebuah persetujuan antara empat merk di Jerman dengan pemerintah setempat mengenai mobil dengan mesin Diesel yang beredar di negara tersebut. Ya, adalah BMW, Mercedes-Benz, Opel, dan VW yang mencapai kesepakatan dengan pemerintah Jerman terkait kampanye recall  untuk memastikan mobil – mobil diesel mereka masih cukup aman dan memenuhi regulasi yang berlaku.

Namun minggu ini ada perkembangan terkait pemberitaan ini, dimana angka produk yang harus ikut program recall membengkak dari 2,5 juta unit menjadi dua kali lipat lebih yaitu 5,3 unit mobil Diesel. Ya, 5,3 juta unit mobil ini sendiri merupakan mobil diesel yang dijual dengan standar emisi Euro 5 dan Euro 6, dan program recall ini sendiri akan ditujukan untuk mengurangi kadar emisi nitrogen oksida dari tiap mesin mobil diesel mereka. Dalam proses recall ini sendiri nantinya, ketiga pabrikan yaitu BMW, Mercedes-Benz dan VW akan mengotak atik perangkat lunak mereka yang ditanam ke mesin.

Perangkat lunak tersebut akan diatur ulang sehingga kadar emisi dari mobil – mobil yang mengikuti program recall ini akan berkurang sebanyak 25 hingga 30 persen dari sebelumnya. Dari 5,3 juta unit mobil diesel yang dipanggil ulang ini, sebanyak 3,8 unit adalah milik Volkswagen. Ya, tentu anda tak kaget dengan hal ini, karena VW sendiri sudah cukup malu karena skandal dieselgate yang akhirnya memiliki buntut yang panjang hingga hari ini. Lalu sebanyak 900 ribu unit mobil diesel adalah produksi Mercedes-Benz dan sebanyak 300 ribu unit merupakan produk keluaran BMW. Lalu Opel? Tak ada data resmi, namun jika dilihat dari total angka, maka ada 300 ribu unit sisa yang disinyalir berasal dari produksi Opel.

Para pelanggan sendiri tak akan mengeluarkan dana sepeserpun dari program irecalli ini sendiri, dan jika para pemilik mobil yang umurnya sudah lumayan tua dengan mesin diesel, dan berkeinginan untuk melegonya, maka beberapa pabrikan memiliki tawaran menarik dengan memberikan sejumlah dana sebagai dana insentif karena berpartisipasi untuk mengurangi polusi. Dan selain itu, insentif tersebut dapat langsung digunakan untuk ditukarkan dengan produk baru, tentunya dengan menambah biaya sendiri sisanya. BMW adalah salah satu pabrikan yang memberikan tawaran ini, disusul oleh Audi yang memberlakukannya hanya untuk tahun ini saja.

Dengan dipanggilnya produk – produk diesel secara massal ini, maka kita bisa sedikit berharap bahwa ini adalah akhir dari skandal  – skandal kecurangan emisi melalui perangkat lunak, toh pabrikan sebenarnya bisa menekan emisi dengan baik, mengapa harus berbohong? Bagaimana menurut kalian? Yuk Sampaikan di kolom komentar dibawah.

Read Prev:
Read Next: