7 Mobil dengan Deselerasi Paling Cepat

by  in Alfa Romeo&Chevrolet&Ferrari
7 Mobil dengan Deselerasi Paling Cepat
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada artikel serba 7 kali ini, kami akan membahas mobil mana yang pengereman dari 100 ke 0 km/h-nya paling cepat seantero jagat raya. Bosan kan dengan siapa yang tercepat baik dari akselerasi maupun top speed? Namun, bukan bermaksud promosi, karena dari 50 mobil yang menyandang deselerasi tercepat, 40 diantaranya dibekali dengan rem Brembo sebagai standarnya. Penasaran dengan 7 mobil dengan deselerasi tersingkat ini?
Pengujian dilakukan pada setiap mobil yang terisi 2 penumpang, dan sebelum dilakukan pengetesan, mobil – mobil tersebut telah mengerem secara kuat sebanyak 9x dan hasil ke-10 lah yang menjadi tolak ukur. Kami urutkan peringkat dari yang terbawah ke yang paling atas ya!

1. Pagani Zonda F

Zonda F menggunakan cakram berbahan dasar keramik karbon dengan ukuran 380 mm di depan dan 355 belakang, sedangkan untuk piston pada caliper menggunakan 6 untuk di depan dan 4 di belakang. Jarak yang bisa Zonda F hasilkan dari 100 – 0 km/h adalah 31,6 meter.

2. Lexus LFA

Dengan jarak yang sama dengan Zonda F, LFA memilii ukuran cakram yang sedikit berbeda yakni 390 mm di depan dan 360 mm di belakang. Cakram tersebut juga menggunakan Carbon Ceramic Material (CCM) dengan piston berjumlah 6 di depan dan 4 untuk belakangnya.

3. Porsche 918 Spyder

918 Spyder memiliki ukuran cakram yang terbilang besar dibandingkan dengan 2 mobil sebelumnya. Ukuran diameter cakram depan 406 mm dan untuk ukuran cakram belakang sebesar 391 mm, untuk mobil ini juga masih dipersenjatai Brembo dan sanggup berhenti dalam 31,4 meter.

4. KTM X-Bow GT

X-Bow GT memiliki konfigurasi 4 piston pada kalipernya dan cakram berukuran 305 mm untuk bagian depan, sedangkan untuk untuk bagian belakang terdapat 2 piston pada kalipernya dan cakram memiliki ukuran 262 mm. X-Bow GT dapat berhenti hanya dalam 31,3 meter saja, apa karena ada windshield-nya ya?

5. Ferrari F12 Berlinetta 

Sebenarnya mobil ini memiliki jarak pengereman yang sama dengan KTM X-Bow GT, yang membedakan tentunya ukuran dari rem itu sendiri. Secara fisik memang F12 lebih besar dan memiliki atap sehingga dibutuhkan rem yang lebih mumpuni. Jarak 31,3 meter dapat diraih dengan menggunakan rem karbon keramik generasi 3 berukuran 398 mm di depan dan 360 mm di belakang.

6. Chevrolet Corvette C6 Z06

Mobil ini adalah satu – satunya dari ke-7 pemenang yang.. tidak menggunakan rem Brembo, lantas bagaimana spesifikasinya? Sistem pengereman OEM-nya ditunjang oleh cakram depan berukuran 355 mm dan belakang 340 mm. Jarak yang dapat diraih? 31 meter pas.

7. Porsche 911 GT3 (991)

911 GT3 ini menempuh 100-0 km/h hanya 30,7 meter saja. Perolehan hasil ini diterima dari sistem pengereman Brembo dengan cakram berukuran 410 mm di depan dan 390 mm di belakang. Kaliper monoblok yang terbuat dari aluminium juga turut serta untuk memberikan tekanan pada 6 piston di depan dan 4 piston di belakang.

Dari ketujuh mobil tersebut sebenarnya masih ada beberapa mobil lainnya seperti Dodge Viper, jajaran Lamborghini, Mini Cooper, BMW dan lainnya. Tidak hanya itu beberapa pabrikan seperti BMW dan Lotus juga termasuk kedalam mobil tercepat meskipun tidak dipersenjatai rem dari Brembo, sedangkan pabrikan seperti Audi dan Alfa Romeo diketahui hanya memakai kaliper saja tanpa cakram dari Brembo.

Brembo sendiri memang sangat terkenal untuk urusan rem. Kejuaraan F1, GP2, GP3 hingga LeMans turut didukung oleh sistem rem dari Brembo. Bagi mereka, kualitas memang segalanya. Daripada diteruskan dan seperti promosi saja, kami hanya ingin berpesan pastikan keselamatan diri Anda dan orang lain saat mengemudi. Salah satu caranya adalah senantiasa mengecek piranti keselamatan yang cukup vital, yakni rem. Di lain kesempatan kami akan bahas lebih rinci terkait rem. Selamat ya untuk Porsche, Apakah ada masukan? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: