Mobil Jepang Dicurigai Ikut Curangi Aturan Emisi, Mazda Angkat Bicara

Mobil Jepang Dicurigai Ikut Curangi Aturan Emisi, Mazda Angkat Bicara
0  komentar
mazda-cx5-2015

AutonetMagz.com – Kasus dieselgate yang diawali dari temuan mencurigakan soal emisi berlebih dari mobil-mobil VW sekarang sudah mencapai kecurigaan tingkat selanjutnya. Pola pikir yang terbentuk adalah “Mobil Jerman saja begitu, apalagi mobil Jepang”. Memang, belum terbukti apakah ada merek mobil Jepang yang menggunakan software licik seperti VW untuk mengelabui tes emisi seperti VW. Jika ditemukan, mereka bisa bernasib sama seperti VW Group.

Sebelum dituduh melakukan hal yang sama juga, salah satu produsen Jepang langsung pasang badan dan menyatakan ketidakikutsertaannya dalam kecurangan uji emisi. Merek tersebut adalah Mazda, seolah berdiri mewakili produsen mobil Jepang, mereka memberikan pernyataan yang seolah menyebutkan bahwa mereka sangat percaya diri dengan produk mereka dan bersih dari kasus ini.

Berikut ini adalah pernyataan Mazda yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia:

“Sesuai dengan hukum, Mazda bekerja keras untuk memastikan bahwa setiap mesin bensin dan mesin dieselnya sepenuhnya sesuai dengan peraturan dari negara-negara di mana mereka dijual. Mazda tidak pernah menggunakan perangkat ilegal. Pelanggan Mazda dapat yakin bahwa kendaraan mereka sepenuhnya kompatibel dengan semua peraturan.

Sekarang dan di masa depan, Mazda tetap berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi CO2, serta membuat emisi gas buang sebersih mungkin, sambil terus menawarkan kenikmatan berkendara. Mazda akan terus mengembangkan teknologi baru dan bekerja untuk mencapai “pembakaran ideal” di mesin pembakaran internal.

Sejumlah negara di seluruh dunia sedang menyelidiki metode pengujian homologasi baru berdasarkan kondisi mengemudi yang sebenarnya, seperti Seluruh harmonis Uji Siklus Kendaraan yang berlaku di seluaruh dunia dan Real Driving Emissions. Mazda mendukung inisiatif ini dan akan bekerja sama dengan setiap permintaan dari pihak berwenang.”

Kami kaget, berani juga Mazda. Di saat dunia otomotif sedang dilanda badai dieselgate yang bisa menuduh siapa saja tanpa pandang bulu, Mazda berani menyatakan kalau mereka tidak terlibat, alias bersih dari kasus ini. Mazda yakin, tidak akan ditemukan pelanggaran serupa di mobil-mobil mereka, khususnya yang bermesin diesel.

Bersamaan dengan ini, mungkin juga produsen lain seperti Honda, Toyota, Suzuki, Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, Subaru dan isuzu bakal angkat suara juga. Tidak ada alasan memang untuk tidak mempercayai pernyataan Mazda tersebut, tapi tentu saja harus dibuktikan dulu dengan uji emisi dan penggeledahan mobil. Untuk sementara, kita pegang saja dulu kata-kata Mazda.

Uniknya, ada yang menduga kalau kasus dieselgate ini adalah konspirasi belaka, meski entah apa tujuan pastinya mau mengalihkan kita dari hal apa. Kalau menurutmu bagaimana? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Erik Hananiel Limbara

    Jadi bangga menjadi salah satu owner Mazda.
    Indonesia kapan menerapkan euro 5 ?
    mimpi mobil di indo pake hybrid dgn harga masuk akal.

    • farid

      di indonesia mobil mazda gak pake mesin diesel

  • Ngawur

    Indonesia mah ga ngaruh, lah yg nguji emisi malah lebih ngawur

    • Raynald

      Mobil elektrik uji gas buang emisi hahahhahahahaha hanya di indonesia seperti itu

  • Fajar Sidik

    mobil korea ikutan tuh, di piala dunia 2002 jg pake sopwer buat ngutuk itali & spanyol, tapi akhirnya kalah ama jerman dgn VW nya..

  • Airlangga Vitradi

    indonesia tercinta sebenarnya hebat n sehat, mau bukti???foging disepanjang jalan jakarta tercinta, kan sehat tuh hahaha