BMW Pamerkan Mesin Diesel Barunya, Kini Dengan 4 Turbo dan Torsi Monster

by  in Berita&BMW&Hi-Tech
BMW Pamerkan Mesin Diesel Barunya, Kini Dengan 4 Turbo dan Torsi Monster
0  komentar
mesin diesel baru bmw

AutonetMagz.com – Setelah Ford dengan mesin diesel EcoBlue, kini giliran BMW yang membuktikan kalau mesin diesel masih layak dipercaya. Jika dulu BMW mengandalkan mesin diesel dengan 3 turbo sebagai jagoannya, kini sambutlah mesin diesel baru dengan spek yang lebih maju. Persisnya, 3.000 cc 6 silinder dengan 4 buah turbo. Yap, empat, jadi ada kemiripan dengan Bugatti Chiron yang juga pakai 4 turbo.

Untuk spek turbo yang dipakai, Bimmerpost melaporkan bahwa 2 diantaranya adalah turbo bertekanan rendah sementara 2 lagi adalah turbo bertekanan tinggi. Dibandingkan mesin diesel 3 turbo yang lama, mesin ini tidak hanya menjanjikan tenaga yang (pastinya) lebih besar, namun ada perbaikan hingga 5 persen lebih irit dalam konsumsi BBM. Emisi? BMW belum memberikan detailnya, jadi mungkin tidak dibicarakan sekarang.

evolusi mesin diesel bmw

Tenaga yang sanggup dihasilkan mesin diesel ini adalah 394 hp di kisaran 4.000 hingga 4.400 rpm, dan torsinya benar-benar luar biasa. Bayangkan saja, bisa mencapai 760 Nm hanya dalam putaran antara 2.000 hingga 3.000 rpm. Sebagai gambaran, torsi itu sedikit di bawah sedan kencang merek sebelah, Mercedes-AMG E63 lawas yang pakai mesin 5.500 cc V8 twin turbo yang punya 800 Nm. Torsi ini pasti cukup untuk menderek sebuah truk ukuran sedang.

Sayangnya, torsi ini sebenarnya bisa lebih besar lagi, tapi BMW harus membatasi torsinya. Alasan utamanya adalah takut transmisi otomatis 8 percepatannya rontok karena tidak sanggup meladeni torsi yang lebih besar dari itu. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bukan? Mesin ini segera masuk ke ruang mesin BMW 750d xDrive, dan diklaim bisa berakselerasi 0-100 dalam 4,5 detik, dan kecepatan puncak dibatasi di 250 km/jam.

bmw 7 series silver

Selain untuk 750d, BMW juga berencana memakaikan mesin ini di 5 Series diesel terbaru yang nanti kodenya akan menginjak huruf G, bukan F seperti yang sekarang. Untuk varian M Series, BMW melihat ada potensi jika mesin ini dipakai oleh X5 M50d dan X6 M50d untuk menemani X5 M dan X6 M yang ada. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    KAMI SUKA(4)TURBO… 😀

    • Abi Tantowi

      motomobi gan ! kami suka turbo

  • Levi

    Torsinya Edyan ?

  • Astaga

    gw rasa derek pesawat boeing 737 juga bisa kali…

    • farhan

      jangankan 737..kayaknya airbus beluga atau a380 bisa nih

  • ///AMG

    mobil jaman sekarang emang sih mesinnya sudah sangat luar biasa tapi sangat disayangkan kalo top speednya rata-rata dibatasi sampai 250 km/h saja, walaupun memang untuk kepentingan safety,

    • Rockmeo

      Mungkin sebenarnya bisa lebih tapi sistem elektronik n gps mobilnya uda diset di jln raya max 250km/jam n mungkin juga bakal berubah max speed ny kalo kita lg disirkuit
      Kayak film ny om clarkson lagi ngereview GT-R di jepang

    • japa

      kadang bisa juga request ga pake speedlimit gan. CMIIW

  • nusantara nusantara

    makin banyak asep di ban belakang