BMW : Kami Berupaya Bikin Mobil Listrik Dengan Suara Bagus

by  in BMW&International
BMW : Kami Berupaya Bikin Mobil Listrik Dengan Suara Bagus
0  komentar

AutonetMagz.com – Keheningan mobil bertenaga listrik, terlepas apa wujudnya, bisa membawa sisi baik dan sisi kurang baik. Sisi baik dari keheningan mobil listrik yang nyaris tak bersuara adalah ia punya bakat alami untuk menjadi mobil paling nyaman, kedap dan halus di dunia. Sisi kurang baiknya, karena tak bersuara, jadi orang di sekitar harus ekstra hati-hati supaya mereka tidak terlibat insiden dengan mobil listrik yang muncul tiba-tiba tanpa suara apa-apa.

Kalau mobil normal, setidaknya kita masih bisa dengar suara mesinnya meski mobil itu ada di titik buta kita. Lain halnya mobil listrik, sebab jika mobil itu berada di titik buta dan tidak bersuara, dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, NHTSA mewajibkan mobil hybrid dan listrik harus bersuara mulai 1 September 2019 nanti demi mencegah insiden dengan pejalan kaki. Menurut klaim mereka, ini bisa menyelamatkan hingga 2.400 nyawa pejalan kaki.

BMW termasuk salah satu yang getol meriset suara mesin, khususnya suara mesin yang disalurkan ke kabin via speaker. Dilabeli Actve Sound Design, sistem ini sudah ada di banyak model BMW. Mulai dari BMW M140i, BMW M2, BMW M3, BMW M4, BMW M5, BMW X5 M, BMW X6 M bahkan hingga sub-brand BMW i3 dan i8 juga punya sistem ini. Tujuannya adalah menstimulasi emosi pengedara via aura dan nada yang disalurkan. Padahal suara asli mesin BMW M3 E46 sudah enak tanpa teknologi itu.

Andreas Wilde, penanggung jawab konsep mesin BMW berkomentar kepada CarAdvice bahwa sistem suara palsu sedang diriset untuk beraksi di mobil listrik.”Kami sedang mengerjakan itu, baru dilakukan di lab minggu lalu. Susah menjelaskannya, saya juga tak bisa menyanyikannya. Susah mengekstrak suara palsu dari suara asli mesin 6 silinder atau 8 silinder,” katanya. Wah, kalau boleh saran, pasang juga deh suara mesin V10 BMW M5, itu enak banget.

BMW menjanjikan akan ada sesuatu untuk ditunjukkan dalam waktu dekat, sesuatu yang dapat memberikan “pengalaman emosional” dengan riset dan pengembangan sistem suara palsu mereka. Sistem semacam itu akan masuk dalam beberapa model baru. BMW sendiri telah berjanji untuk meluncurkan 25 mobil listrik (tidak termasuk mobil hybrid) pada tahun 2025, dengan 12 di antaranya merupakan mobil listrik murni.

Beberapa model penting termasuk MINI EV yang akan dirilis tahun 2019, diikuti setahun kemudian oleh BMW X3 listrik (bisa disebut iX3), dan pada tahun 2021 oleh konsep iNext yang sekaligus memperkenalkan teknologi self-driving milik BMW. Hm, merek yang terkenal dengan slogan “The Best Driving Machine” atau “Sheer Driving Pleasure” memperkenalkan mobil self-driving? Lucu. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: