BMW G310R & BMW G310GS Amerika Direcall, Masalah di Kickstand

by  in Berita&BMW&BMW Motorrad
BMW G310R & BMW G310GS Amerika Direcall, Masalah di Kickstand
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah cukup lama kami tak memberitakan adanya recall dari segmen roda dua, dan kini sebuah kabar mengenai recall di segmen roda dua kembali muncul. Menariknya, recall kali ini melibatkan merk premium, yaitu BMW Motorrad, dan semakin menarik lagi karena motor yang terkena recall adalah motor fenomenal dari BMW Motorrad, yaitu BMW G310R dan BMW G310GS. Cekidot.

Sebuah program recall melibatkan BMW G310R dan BMW G310GS telah diumumkan di Amerika Serikat, mengutip via Asphalt&RubberYap, ada sebanyak 2.376 unit BMW G310R dan BMW G310 GS yang harus ikut serta dalam program ini. Lalu, apa masalah yang membuat kedua motor yang dikembangkan bersama dengan TVS ini bermasalah? Jawabannya ada di bagian Kickstand, alias standar samping dari kedua motor ini. Sebuah hal yang sepele? Benar sekali, karena secara langsung komponen ini tidak akan berpengaruh pada kinerja mesin ataupun motor saat dikendarai. Namun masalah ini bisa menjadi fatal jikalau ada sebuah kondisi terjadi, yaitu jikalau standar samping ini tiba – tiba patah.

Yap, Bagian ini adalah bagian yang esensial saat motor dalam keadaan diam ataupun diparkir, karena standar samping menjadi tumpuan utama dari motor selain pada kedua ban yang menapak di tanah. Nah, jikalau standar samping ini patah secara tiba – tiba, maka kalian tentu tahu apa akibatnya. Yap, motornya jatuh. Oleh karenanya, pihak BMW Motorrad sendiri tak mau hal tersebut terjadi, dan segera merilis informasi mengenai program recall tersebut. Nah, selain masalah kickstand, ada masalah lain yang jauh lebih penting yang muncul di kedua motor ini, yaitu masalah sasis dan rangka. Yap, sasis dan rangka dari BMW G310R dan BMW G310GS ini dilapisi besi, dan saat kickstand patah, pihak NHTSA menemukan bahwa ada peluang sasis dan rangka tersebut bisa membahayakan penumpang dan pengendara.

Untuk recall pada BMW G310R dan BMW G310GS ini sendiri akan mulai efektif per tanggal 7 Agustus 2018 mendatang. Pihak BMW Motorrad sendiri tidak merilis secara lengkap mengenai motor – motor dengan VIN mana saja yang akan terkena imbas dari recall ini, namun mereka memastikan akan menghubungi para owner yang kendaraannya terkena masalah ini. Untuk program ini sendiri tidak akan membebani pihak pemilik BMW G310R maupun BMW G310GS, karena pihak BMW membebaskan semua biaya pada program ini, alias gratis. Sayangnya, tak ada kabar yang menunjukkan apakah unit di Indonesia terkena imbas yang sama ataupun tidak, mengingat baik BMW G310R maupun BMW G310GS adalah produksi pabrik TVS di Hosur, India.

Kita tunggu saja, apakah recall yang melibatkan BMW G310R dan BMW G310GS ini juga akan melibatkan unit – unit di Indonesia ataupun tidak. Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: