BMW Ingin Bikin Banyak Mobil Berdesain Berani

by  in Berita&BMW&International
BMW Ingin Bikin Banyak Mobil Berdesain Berani
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekarang BMW sedang agak membingungkan soal desain yang mereka buat di mobil-mobil barunya. Tidak mungkin orang tidak ingat dengan BMW M3 dan BMW M4 baru yang grilnya makin besar dan malah jadi bahan pembicaraan utama soal 2 mobil ini. Meski BMW bilang tidak masalah jika ada yang mau ganti gril dengan bantuan aftermarket, BMW juga bilang mustahil memuaskan semua orang dengan desain mobilnya.

Selain M3 dan M4, BMW juga sempat bikin geleng-geleng kepala dengan kehadiran SUV listrik BMW iX yang jika kita acuhkan grilnya, sama sekali tidak terlihat seperti BMW. Meski mobil listrik sejatinya tidak butuh gril sebesar itu, BMW tetap memberikan gril besar pada iX sebagai identitas desain BMW. Soal ukuran gril yang besar, BMW bilang ini supaya mobil BMW lebih mencolok daripada yang lain.

Harus Tampil Beda

Domagoj Dukec, kepala desain BMW berkata kepada Autocar bahwa,”Kalau anda mau membuat sesuatu yang mencolok, sesuatu itu harus punya ciri khas dan harus beda. Kalau anda ingin menjemput konsumen, anda harus beda. Bukan tujuan kami untuk memuaskan semua orang di dunia ini, tapi kami harus memuaskan konsumen kami.” Yaaa… Tidak salah-salah amat sih, tidak ada satu orang pun yang bisa memuaskan semua orang di dunia ini.

Wakil presiden senior desain BMW Group, Adrian van Hooydonk bahkan mengakui bahwa respon balik yang diterima BMW bisa jadi “brutal”, namun itu bukan berarti BMW akan berubah pikiran. Menurutnya, adanya konflik adalah hal yang normal dan hal ini terjadi karena mobil-mobil BMW terdahulu sangat sukses di pasaran.

Beli Karena Mau, Bukan Karena Butuh

Adrian van Hooydonk lanjut berkomentar,”Ada konflik saat produk-produk lama anda begitu sukses, dan di sinilah posisi kami sekarang. Kalau kesuksesan anda di pasar tidak berada di sana, maka anda harus berubah. Kondisi yang demikian sangat membuat sebuah perusahaan tertekan.” Sejauh ini, BMW sudah mantap ingin lebih banyak mobil BMW yang dirilis punya desain yang berani, dan mereka sudah punya 2 jenis konsumen yang mereka pelihara.

Jenis konsumen pertama adalah para pendefinisi kata elegan, sementara jenis kedua adalah kaum ekspresif yang selalu ingin performa yang baik. Jenis konsumen pertama bisa dibilang sangat tradisional dan ingin mobil seperti BMW 3-Series, BMW 5-Series dan BMW 7-Series, sementara jenis konsumen kedua lebih tertarik dengan mobil-mobil seperti BMW M3. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: