BMW i3 Akan Di-Recall di Amerika, Penjualan Distop Sementara

by  in BMW&International
BMW i3 Akan Di-Recall di Amerika, Penjualan Distop Sementara
0  komentar

AutonetMagz.com – Biarpun sudah jadi armada patroli di salah satu negara bagian Amerika Serikat, perjalanan BMW i3 di sana tidaklah semulus pantat bayi. Warta dari InsideEV menyiratkan bahwa BMW sedang menyiapkan agenda untuk melakukan recall terhadap mobil listrik berbentuk city car buatan mereka, BMW i3. Tidak cukup sampai di situ, santer isu bahwa BMW i3 akan distop penjualannya di sana untuk waktu tertentu.

Apa pasal? Sayang, BMW North America belum mau memberikan jawaban yang resmi. Baiklah, jika mereka ogah, masih ada sumber lain. Grup BMW i3 Owners di jejaring sosial yang juga berisi karyawan BMW yang sudah dapat informasi duluan dari pusat sebelum dirilis resmi ke publik. Semua penghuni grup itu bisa tahu apa yang terjadi, dan rupanya ini terkait dengan masalah yang kelihatan receh namun efeknya besar : Sabuk pengaman.

Tidak bermaksud untuk merendahkan gender tertentu, namun NHTSA merilis pernyataan bahwa masalah ini muncul kala pengendara BMW i3 tersebut adalah “5th percentile female”, populasi yang jumlahnya tidak banyak di sana. Pihak “5th percentile female” adalah penduduk wanita dengan tinggi 5 kaki dan berat 110 pon, alias sekitar 150 cm-an dan 55 kg-an. Masalahnya ada jika sabuk pengamannya tidak dipakai.

Jika tak pakai sabuk, maka pengedara bisa mengalami cedera leher yang parah saat tabrakan frontal. Namun yang terancam cedera leher itu hanya pengendara, penumpangnya sedikit lebih aman. Tom Moloughney yang menulis informasi ini mengaku bahwa ia punya pengalaman kecelakaan dengan BMW i3 saat ditabrak dari samping dengan kecepatan 72 km/jam. Ia hanya mengalami luka ringan dan bisa berjalan keluar mobilnya.

Aneh mungkin, padahal bukankah wajib memakai sabuk? Iya, namun rupanya ada satu daerah di Amerika yang tidak mewajibkan penggunaan sabuk, yakni di New Hampshire. Di sana, hanya pengemudi di bawah usia 18 yang wajib pakai sabuk, setelahnya terserah kesadaran masing-masing. Aneh sih, padahal apa susahnya sih pakai sabuk? Sekali klik, selesai. Belum diketahui apa yang akan BMW lakukan dalam recall yang mereka siapkan.

Ada sekitar 30.542 BMW i3 yang harus diperiksa ulang, di antaranya ada 29.383 yang sudah terjual dan 1.159 mobil yang ditahan oleh BMW di dealer dan belum dikirim ke konsumen. Buat pemilik BMW i3 yang was-was dengan keselamatannya, masalah ini bisa diatasi dengan mudah : Pakai sabuk pengamannya, selesai. Apa opinimu mengenai masalah yang agak tak lazim ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: