Benarkah Honda HR-V JBL Indonesia Punya 6 Airbags?

by  in Berita&Honda
Benarkah Honda HR-V JBL Indonesia Punya 6 Airbags?
0  komentar

AutonetMagz.com – Awalnya, Honda HR-V JBL Audio diluncurkan bersamaan dengan CR-Z facelift, tapi waktu itu saya tidak tertarik dengan HR-V dan lebih condong ke CR-Z. Itu sampai ada salah seorang pembaca yang menuturkan kepada saya bahwa ia sedang ragu apakah HR-V JBL punya 6 airbag atau 2 saja, sebab website Honda Prospect Motor sebagai APM Honda di Indonesia menyebutkan ada airbag samping dan tirai, sementara sumber lain menyebut hanya 2 airbag saja.

honda hrv jbl spesifikasi di website honda indonesia

FYI, HR-V JBL mengambil basis dari tipe Prestige, masih bermesin 1.800 cc milik Civic namun dengan hilangnya panoramic sunroof dan upgrade tatanan suara kabin via pemakaian speaker JBL untuk memanjakan para audiophile. Awalnya, saya memeriksa dulu situs Honda Indonesia, dan ya, untuk HR-V JBL memang tertera di situ memakai airbag samping dan tirai, alias jadi 6 kalau digabung dengan 2 airbag depan.

honda hrv jbl rear

Tapi bagaimana dengan realitanya? Soalnya saya tadinya berpikir agak tak mungkin juga kalau 4 airbag dibuang dari HR-V Prestige ke HR-V JBL. Alasannya? PR banget buang 4 airbag dari basis HR-V Prestige, namun begitu menyadari bahwa harga HR-V JBL lebih murah nyaris 20 juta (HR-V JBL 353,7 juta, HR-V Prestige 372,3 juta), jadi penasaran juga. Daripada tanggung, saya langsung mencari HR-V JBL untuk diteliti, dan untunglah ada 1 unit HR-V JBL di salah satu dealer Honda di Bandung.

honda hrv jbl airbag samping tidak ada

Langsung saja saya mengecek bagian samping jok pengemudi dan penumpang, berikut bagian atas pilar B. Soalnya, jika benar punya 6 airbag, harusnya ada tulisan”Airbag” di situ. Nyatanya? Oh, tidak ada kok. Sama sekali tidak ada tulisan airbag di area yang saya sebut tadi. Lalu, bagaimana bisa Honda bilang bahwa HR-V JBL punya side dan curtain airbags? Hm, apa hanya salah ketik saja ya?

honda hrv jbl airbag tirai tidak ada

Ah sudahlah, dengan demikian berarti selisih harga 20 juta Rupiah antara HR-V JBL versus HR-V Prestige adalah untuk ditukarnya panoramic sunroof untuk sistem audio yang lebih mumpuni, namun benarkah selisih harga itu juga mengorbankan fitur keselamatan berupa 4 airbag? Karena demikianlah yang saya lihat di HR-V JBL warna putih yang saya teliti. Apa ada yang juga punya HR-V JBL dan sudah mencoba menabrakkan mobilnya di sisi samping? Bagaimana? Airbagnya keluar tidak? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: