Begini Tampilan Suzuki Baleno Produksi Massal India, Berminat Bila Masuk Sini?

by  in International&Mobil Baru&Suzuki
Begini Tampilan Suzuki Baleno Produksi Massal India, Berminat Bila Masuk Sini?
0  komentar
Suzuki-Baleno-2015-India-maruti-cover

AutonetMagz.com – Semenjak preview Suzuki Baleno terbaru yang hadir dengan sosok tanpa buntut di Frankfurt Motor Show 2015 yang lalu, tidak perlu menunggu lama sosoknya muncul di India. Yup salah satu basis produksi terpenting Suzuki di India, Maruti Suzuki, kini telah menampilkan mass produksi Suzuki Baleno.

Seperti yang dipublikasikan oleh media rekanan kami di India, Indianautosblog.com, media india tengah menjajal Suzuki Baleno di ‘media drive event’ di Kota Jaipur, India. Mobil ini tampil dengan model kalem, elegan dengan dimensi yang lebih besar dibanding Swift. Seperti yang anda lihat saat ini, berikut adalah Suzuki Baleno trim Alpha yang menjadi top on the level, weh setahu saya Alpha itu trim spec down ala Honda. Ah lupakan saja, toh kalaupun masuk sini paling-paling nama trimnya seperti biasa : GL, GX, GS hehe…

Suzuki-Baleno-2015-India-maruti-back

Oke mari kita move on… dalam top of the level Baleno ini, maka eksterior dilengkapi dengan projector headlamp lengkap dengan LED Day Running Lights. alloy wheel 16 inchi, chrome door handle dengan keyless entry, wiper belakang dan washer serta LED taillights.

Sedangkan pada interiornya maka kita disuguhkan dashboard hitam dengan garis desain fresh dan elegant. Setir 3-spoke dengan steering switch control audio yang digunakan tidak jauh berbeda bentuknya seperti setir Ertiga dan Swift. Cukup menarik melihat instrument cluster yang tampil dengan iluminasi biru dan dibekali fitur TFT screen dengan real time display. Center clusternya dibekali dengan sistem konektivitas touchscreen Maruti SmartPlay yang terintegrasi dengan kamera parkir mundur dan navigasi GPS. Sistem ini sudah support Apple CarPlay.

Suzuki-Baleno-2015-India-maruti-interior

Selain itu pada fitur lain ada juga penggunaan AC Climate Control, steering switch control audio dan phone control. Turut dilengkapi juga automatic headlights beserta automatic day/night rear view mirror. Pada sistem keamanan, Suzuki Baleno juga dibekali dual airbags dan sistem pengereman dibekali ABS dan EBD.

Soal mesin, berbeda dengan Suzuki Baleno yang hadir di Frankfurt Motor Show dengan mesin 1.0-liter BoosterJet bertenaga 110 hp. Suzuki Baleno India menggunakan 2 mesin : Mesin bensin 1.2-liter K12B dengan tenaga 83 hp dan 115 Nm dan mesin diesel 1.3-liter DDiS bertenaga 73 hp dan 190 Nm. Perihal transmisi akan ditawarkan transmisi manual 5-speed dan transmisi CVT. Satu hal yang menarik adalah bobot Baleno 1.2-liter justru lebih ringan 75 kg dibanding Swift 1.2-liter, padahal dari segi dimensi justru lebih besar Baleno.

Suzuki-Baleno-2015-India-maruti-instrument-cluster

Pembenahan Suzuki Baleno bisa dibilang cukup menjanjikan sebagai hatchback compact, tentu kita berharap bahwa Suzuki Indomobil Sales segera memboyong ke Indonesia dan mungkin saja harganya akan lebih kompetitif. Namun tentu varian yang diharapkan adalah 1.0 BoosterJet 110 hp, masa 1.2-liter K12B? Swift terakhir saja sudah disunat 1.4-liter masa disunat lagi ah, haha… Bagaimana opini para pembaca? jangan lupa komentarmu di bawah ini ya!

Read Prev:
Read Next:
  • Thomas Bondan Tyas

    Sepertinya ada peluang besar buat diimpor ke Indonesia. Bisa aja mobilnya diimpor bulet2 dari India. Buat saingan sama Honda Jazz atau Toyota Yaris. Tapi mesinnya jangan 1.2 liter dong. Minimal pake mesin 1.4 liter punya Ertiga, mesin 1.6 liter punya Swift Sport, atau malah pake Boosterjet 1.0 liter. Fiturnya juga disamain punya India. Oke punya tuh fiturnya

  • Ugyz

    nunggu crossovernya…

  • farid

    cukup boring buat lihat nih mobil,lebih penasaran dgn suzuki baleno spek eropa,selengkap apa fiturnya

  • alexiz

    yuckz….. ngga minat saya… bentuknya kaya mobil 2-3 thn yg lalu. better sedannya skalian Ciaz

  • Ajonanelok Ajon

    tampangnya “culun” … apa gw sendiri yg ngerasa ya?…..

  • Don Giovani

    modelnya terlalu biasa……tidak ada unsur keren atau “wow” nya…..

  • petrolhead

    apa istimewa nya ya? tampang luarnya jauh dari kompetitor sekelas, interiornya fine2 aja gak menonjol, enjinnya malah bikin was2 dgn 1.2L doangan..
    saya sih NO….

  • loki

    desain mobil suzuki skrg kenapa lembek2 banget sih? ga kaya merk jepang lain yang pada lomba bikin mobil berdesain sporti dan dinamis -_-

  • Rafli Santosa

    boleh lah suzuki indonesia masuk si Baleno ke asalkan fitur dan mesin 1.0 liter Boosterjet g di sunat apalagi suzuki belum masukin Suzuki S-Croos ke indo

  • Ade Astina

    Desain exteriornya ga cocok buat pasar sini. Barangkali bisa sukses di India sana, tapi disini nasibnya bakal sama dgn swift ato aerio yg nyungsep. Mbok ya bikin desain yg lebih modern kayak new jazz ato new yaris gichu….

  • aiueo

    jelek banget modelnya, big NO!

  • Bram

    Dilihat dari samping menarik, desain pillar C dengan quarter glass yang serupa dg milik Polo atau Focus. Sudah memiliki flowing design yang baik: shoulder line nya menggembung dari head lamp ke pintu hingga ke tail lamp. Sayang flowing design-nya tidak terdiri dari tarikan garis tegas spt Hyundai dengan konsep Fluidic. Cukup Garis2 berbentuk kurva yang mendominasi masih dapat dibandingkan dengan Mazda 2 tetapi tidak dapat dibandingkan dengan tarikan garis Yaris atau Jazz (dengan karakter sporty tegas). Baleno kurvanya “meliuk”.
    Seperti biasa, kalau bicara soal desain, Suzuki memang lagi-lagi tidak menang banyak suara. Interiornya bisa dibilang, desainernya malas! Kategorinya hanya cukup, tidak fenomenal. Tapi kalau bicara fungsionalitas sangat praktikal dan spartan.
    Seandainya lampu depan bentuknya menyipit tentu akan lebih baik, model lampu mirip swift ini mulai kelihatan jadul (swift pertama dan kedua mirip2 seperti ini). Tapi lagi-lagi fungsional dengan penyematan projector meski … belum double barrel.

    Semoga handling nya tidak mengecewakan, ditunggu kabar dan liputan selanjutnya.

  • Oki Ngew

    Emm… untuk mobil yg keluar tahun 2015, exterior-interior nya biasa banget. Malah lebih menarik swift. Bener2 gk menarik

  • Fans Boy sijuki

    sangat kecewa liat design nya

  • Fans Boy sijuki

    KIA cukup pintar merekrut peter schreyer buat nge design mobilnya jadi cakep2 kaya skrg, suzuki kapan ya 🙁

  • imho

    MID dan dashboardnya kereen.. simple tapi bagus..