Begini Tampilan Proton Perdana 2016, Hanya Beredar di Malaysia

by  in International&Mobil Baru&Proton
Begini Tampilan Proton Perdana 2016, Hanya Beredar di Malaysia
0  komentar

AutonetMagz.com – Bila anda sedikit mengulik sejarah tentang produsen mobil asal malaysia tersebut maka anda akan menemukan Mitsubishi Galant dengan wajah sedikit berbeda dengan logo macan. Yup itulah yang disebut Proton Perdana, satu-satunya flagship model dari Proton. Hanya saja karena statusnya adalah re-badged dari Galant maka mobil ini tidak dijadikan konsumsi ekspor ke negara lainnya.

proton-perdana-2016-front

Setelah itu Proton tidak mengisi kembali line up Perdana untuk jangka waktu yang cukup panjang, barulah setelah tahun 2015 Proton bekerjasama dengan Honda untuk memproduksi Perdana terbaru berbasis Accord. Namun Perdana yang satu ini hanya jadi konsumsi pemerintahan Malaysia dan karena tingginya minat konsumen Malaysia maka Proton baru-baru ini merilis Perdana versi baru meski masih memakai basis Accord lawas. Untuk yang satu ini Perdana benar benar dijual secara umum untuk konsumen Malaysia.

proton-perdana-2016-rear-side

Nasibnya juga tidak berbeda jauh kok dengan Perdana versi Galant, Proton dan Honda membuat perjanjian bahwasanya Proton Perdana versi ini tidak boleh dijual ke luar negeri. Sehingga Proton Perdana akan menjadi Malaysian Domestic Market, namun meski sebasis dengan Accord, Proton hampir melakukan ubahan yang cukup besar sehingga cukup sulit dikenali sebagai Accord pada umumnya.

proton-perdana-2016-rear

Bila anda merasa Accord mempunyai bentuk layaknya full-size sedan, maka Proton sedikit membuatnya layaknya fastback. Memang sih desain fastback akhir-akhir ini menjadi digandrungi karena menawarkan interior lapang seperti Audi A7, BMW GT-series bahkan Honda Civic. Untuk bagian depan Perdana cukup diberikan sentuhan yang lebih sporty dibandingkan Accord lawas. Sedangkan pada tampilan samping perbedaan tidak terlalu banyak, pada bagian belakang baru terasa fastbacknya dengan desain headlamp yang berbeda pula dibandingkan Accord. Tapi saya agak bingung dengan bumper bawah belakang, apa itu maksudnya fake muffler ya? Tapi kok sewarna bodi, jadi gagal paham.

proton-perdana-2016-feature

Menilik ke interior, meski basicnya menggunakan Accord lawas yang notabene menggunakan headunit biasa namun Proton memodifikasi sehingga Perdana bisa menggunakan headunit touchscreen 6.2-inchi. Headunit ini dilengkapi Bluetooth, USB, AUX dan kamera parkir. Selain itu ada pula jok elektris di baris pertama, 4 airbag, ABS, EBD, Isofix dan varian tertinggi menggunakan jok kulit dan Electronic Stability Control.

proton-perdana-2016-interior

Ada dua varian yang ditampilkan oleh Proton Perdana, pertama adalah varian 2.0-liter i-VTEC SOHC dengan tenaga 154 hp @ 6,300 rpm dan torsi 189 Nm @ 4,300 rpm. Sedangkan untuk varian tertinggi 2.4-liter i-VTEC DOHC menghasilkan tenaga 178 hp @ 6,500 rpm dan torsi 222 Nm @ 4,300 rpm. Perdana dijual dengan harga RM113,888 (Rp.371 juta) untuk 2.0L dan RM138,888 (Rp.438 juta) untuk 2.4L. Bagaiamana menurut anda perihal flagship terbaru Proton ini? Sampaikan di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next: