Bedah Perbedaan Yamaha R15 & R15M : Ternyata Banyak Bedanya!

Bedah Perbedaan Yamaha R15 & R15M : Ternyata Banyak Bedanya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang kalian ketahui, Yamaha Indonesia baru saja memperkenalkan versi terbaru dari motor sport fairing-nya di segmen 150cc yaitu All New Yamaha R15. Malahan, Yamaha Indonesia juga memperkenalkan versi advance dari motor ini yang diberi nama All New Yamaha R15M. Lantas, apa saja perbedaan keduanya? Apa yang menjadi selling point All New Yamaha R15M sehingga selisih harganya setara sebuah smartphone baru? Yuk kita bedah apa saja yang membedakan All New Yamaha R15 dan R15M. Cekidot.

Apa Sih Bedanya R15 & R15M?

Secara tampilan, perbedaan kedua motor ini terlihat pada skema warna yang digunakan. Untuk All New Yamaha R15 Connected, Yamaha hanya menyediakan opsi warna Icon Blue dan Tech Black saja. Sedangkan di All New Yamaha R15M, ada 2 opsi warna yang harganya berbeda. Opsi standarnya adalah warna Icon Performance yang menggabungkan warna silver dan hitam, sedangkan opsi livery spesialnya adalah 60th Anniversary GP Livery yang dibanderol lebih mahal. Selain masalah warna, praktis tidak ada perbedaan mencolok dalam hal fisik diantara keduanya. Untuk dimensi, keduanya juga sama persis, kecuali dalam hal bobot. All New Yamaha R15M lebih berat 3kg dibandingkan All New Yamaha R15 biasa yang bobotnya 137kg. Selain itu, All New Yamaha R15 dan R15M ternyata juga menggunakan aki yang berbeda. All New Yamaha R15 menggunakan aki bertipe YTZ4V atau GTZ4V, sedangkan All New Yamaha R15M menggunakan aki YTZ6V. Apa perbedaanya? Secara voltase sebenarnya sama – sama 12V, namun kapasitas real-nya hanya 3Ah untuk R15, dan 5Ah untuk R15M.

Kedua motor ini telah dibekali dengan mesin yang sama persis, dan kaki – kaki serta suspensi yang identik. Keduanya juga dibekali teknologi Y Connect. Bedanya, untuk All New Yamaha R15M mendapatkan tambahan berupa dual channel ABS yang mana artinya ABS bekerja di kedua roda. Selain itu, untuk menguatkan kesan sporty, All New Yamaha R15M mendapatkan panel instrumen baru yang kabarnya terinspirasi dari bentuk panel instrumen Yamaha R1. Ini yang tidak ada di All New Yamaha R15, apalagi panel instrumen ini punya 2 opsi display yaitu street mode dan track mode. Sebuah gimmick sederhana yang bisa memanjakan pecinta motor bergaya sport. Belum selesai sampai di sana, All New Yamaha R15 juga dibekali dengan quickshifterup. Sedangkan untuk turun gigi, masih belum ada. Kalau mau disebutkan, sebenarnya ada slipper clutch yang membantuk menjaga putaran mesin saat motor downshift. All New Yamaha R15M juga mendapatkan triple clamp yang berbeda, dan Yamaha mengklaim bahwa bentuk komponen ini terinspirasi dengan bantuk komponen serupa di Yamaha M1. Yap, motornya Fabio Quartararo.

Naik 6 Jutaan Dari R15 Old

Apakah sudah selesai sampai di sana? Ternyata belum. All New Yamaha R15M juga dibekali dengan fitur traction control, lalu juga ada emblem R15M yang diposisikan di dekat tangki motor. Jok All New Yamaha R15M juga dibuat berbeda dengan adanga motif ala carbon. Dan melengkapi seluruh kombinasi itu, Yamaha juga memberikan fork cap berkelir biru yang ada embos R15M. Kalau mau kita hitung selisihnya, kalian perlu menambah dana sebesar 4,4 jutaan Rupiah untuk naik dari All New Yamaha R15 ke All New Yamaha R15M. Sedangkan kalau kita bandingkan dengan Yamaha R15 lawas, maka peningkatan harganya ke All New Yamaha R15M mencapai 6 jutaan Rupiah lebih. Apakah angka itu worth dengan sejumlah fitur yang telah dibenamkan ke All New Yamaha R15M dan All New Yamaha R15? Tentunya akan tentatif berdasarkan perspektif dan kebutuhan masing – masing. Yang jelas, apa yang diusung All New Yamaha R15M menjadi yang pertama di kelasnya. Walaupun imbasnya juga berpengaruh pada harga jualnya.

Apa pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: