Ayo Kenali Mitsuoka, Merek Jepang yang Suka Membuat Mobil Berdesain Nyentrik

by  in Berita&International
Ayo Kenali Mitsuoka, Merek Jepang yang Suka Membuat Mobil Berdesain Nyentrik
0  komentar
Mitsuoka-Galue

AutonetMagz.com – Merek Jepang seperti Toyota, Honda, Nissan, Mazda, Subaru, Mitsubishi, Suzuki, Daihatsu dan Isuzu mungkin sudah biasa terdengar di telinga kita, namun tahukah anda kalau ada merek bernama Mitsuoka yang punya keunikan tersendiri? Ya, merek yang berasal dari Jepang ini terkenal dengan keberaniannya memadukan desain mobil jadul ke dalam mobil modern, dan mereka menyebutnya sebagai karya seni.

Meski dibilang karya seni, tetap saja jatuhnya mobil-mobil rombakan Mitsuoka kelihatannya aneh. Entahlah, mungkin karena saya lapar, kurang piknik atau memang seperti itulah selera produsen dan konsumen Mitsuoka. Salah satu contohnya, mari kita lihat Mitsuoka Viewt di bawah ini. Coba anda tebak, aslinya ini mobil apa?

Mitsuoka-Viewt

Bila masih susah menebaknya, biar kami beri tahukan kalau ini adalah Nissan March yang sudah kena sentuhan artistik – atau mungkin lebih cocok dibilang sentuhan abstrak – dari Mitsuoka. Dengan bodi tengah masih mencirikan city car Nissan March, bagian depan dan belakang sudah diubah menjadi jauh lebih retro dengan sentuhan lampu bulat, gril oval besar dan bumper bergaya mobil-mobil klasik atau jadul.

Mitsuoka-Le-Seyde

Nah, lalu yang di atas ini adalah Mitsuoka Le-Seyde. Ini aslinya adalah Nissan Silvia yang sudah mengalami konversi bodi dengan aura desain mundur sekitar 80 tahun ke belakang. Jujur saja, kalau Nissan Silvia asli bisa membuat mata saya berbinar-binar karena desainnya yang cantik dan sporty, sepertinya Mitsuoka Le-Seyde bisa membuat penjualan obat tetes mata laris manis karena saya bisa iritasi mata kalau melihatnya lama-lama.

Mitsuoka-Himiko

Lalu foto di atas adalah mobil bernama Mitsuoka Himiko yang basisnya merupakan Mazda MX-5 Miata dengan bonnet panjang, bentuknya jadi sedikit mirip Morgan Aero 8. Berikutnya di foto bawah adalah Mitsuoka Orochi yang basisnya adalah Honda NSX, tapi yang ini amat sangat miris, karena secara pribadi saya suka Honda NSX, dan NSX yang ganteng dan legendaris itu jadi aneh bin ajaib begini. Bahkan Jalopnik menyebut Mitsuoka Orochi sebagai mobil terjelek di dunia pada tahun 2008. Ya memang jelek sih, mau bagaimana lagi?

Mitsuoka-Orochi

Tapi kembali lagi, Mitsuoka membuat ini karena ada yang seleranya seperti ini dan ada yang mau beli, bahkan Mitsuoka pernah dijual di beberapa negara di luar Jepang seperti Korea, Singapura, Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, Nepal, Bangladesh dan Irak. Di Indonesia, satu-satunya mobil Mitsuoka yang pernah terdeteksi digosipkan berada di Batam.

Nah, bagaimana menurut anda mobil Jepang yang bentuknya sedikit luar biasa ini? Atau mungkin daripada saya bilang “luar biasa” harusnya saya bilang “di luar kebiasaan”? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: