Audi Luncurkan Q8 Facelift! Apa Saja Perbedaannya?

by  in  Audi & Berita & International
Audi Luncurkan Q8 Facelift! Apa Saja Perbedaannya?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih dari Munich Motor Show 2023, Audi baru saja meluncurkan Q8 dan SQ8 facelift. SUV coupe ini mendapatkan pembaruan visual ringan dan update teknologi serta fitur-fitur yang diusungnya. Namun, untuk saat ini baru Audi Q8 versi “reguler” dan SQ8 yang mendapatkan facelift. Sementara versi RS Q8 akan menyusul, kalau begini biasanya pembaharuannya lebih banyak dan mungkin saja menjadi suatu parameter atau pionir dari suatu hal baru.

Perbedaan Eksterior & Interior

Pada bagian depan, terdapat Gril Singleframe berbentuk octagon dengan pola baru yang menampilkan vertikal slits pada Q8 standar, atau aksen berbentuk L-shaped pada S-Package dan SQ8. Gril tersebut diapit oleh intake bumper dengan aluminium style (atau opsional hitam). Di sisi lain, Q8 standar juga mendapatkan sistem exhaust baru dengan pipa knalpot yang didesain ulang. Terdapat pilihan warna baru Sakhir Gold, Ascari Blue, dan Chili Red serta 5 desain velg baru berukuran 21 – 23 inci untuk peningkatan visual.

Beralih ke interior, tidak banyak perubahan pada hardware. Tapi, sistem infotainment sekarang sudah kompatibel dengan lebih banyak aplikasi pihak ketiga (Spotify, Amazon Music, dll) dan Audi Virtual Cockpit yang diperbarui menampilkan lebih banyak grafis terkait ADAS. Pilihan yang tersedia untuk trim interior juga telah diperluas, dengan 9 inlay dekoratif termasuk fine gran ash, carbon twill matt, dan aluminium linear silver grey.

Detail Teknis yang Berubah

Adaptasi teknologi yang paling terlihat ada pada lampu depan LED Matrix HD. Ini sebenarnya masih merupakan opsional, namun dilengkapi dengan laser yang meningkatkan high beam range di atas 70 km/jam. Selain itu, DRL-nya juga dapat menciptakan berbagai jenis tanda cahaya yang berbeda. Lampu belakang dengan bilah LED lebar penuh juga mendapat grafis yang diperbarui dengan teknologi OLED opsional yang memungkinkan lebih banyak gimmick.

Dari segi sasis, suspensi steel spring standar dapat diganti secara opsional dengan electronically-controlled adaptive air suspension. Suspensi ini hadir sebagai standar di SQ8 bersama dengan all-wheel-steering. Sedangkan sport differential yang menawarkan torque vectoring, dan electromechanical active roll stabilization system tersedia sebagai opsi. Terakhir, para insinyur Audi mengoptimalkan sistem kemudi di semua varian Q8 untuk kemudahan penggunaan saat berkendara.

Mesin dan Harga

Untuk spek Eropa, Audi Q8 tersedia dalam 4 varian. Pertama ada Q8 45 TDI quattro dengan mesin diesel 3.0 liter bertenaga 228 hp dan torsi 500Nm. Lalu, ada juga Q8 50 TDI Quattro dengan mesin diesel yang sama dengan 45 TDI Quattro, namun bertenaga 282 hp dan torsi 600 Nm. Sementara versi bensin ada Q8 55 TFSI quattro dengan mesin 3.0 liter V6 bertenaga 335 hp dan torsi 500 Nm, serta versi SQ8 dengan mesin bensin 4.0-liter V8 bertenaga 500 hp dengan torsi 770 Nm.

Versi facelift untuk Audi Q8 ini sudah tersedia untuk dipesan di Eropa. Harga untuk pasar Jerman mulai dari €86,700 (Rp 1,42 miliar) untuk varian Q8 45 TDI quattro, hingga €119,500 (Rp 1,96 miliar) untuk varian SQ8 TFSI. bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: