Aston Martin Valkyrie Sudah Siap Diincar dan Digeber!

by  in  Aston Martin & Mobil Konsep
Aston Martin Valkyrie Sudah Siap Diincar dan Digeber!
0  komentar

Autonetmagz.com – Pada Juli 2016 yang lalu, apakah kalian pernah mendengar kabar kalau pabrikan asal Inggris ini sedang menjalin kerjasama dengan pihak Red Bull Advanced Technology (RBAT) dan juga AF Racing? Jika kalian mendengar atau membaca berita tersebut, alasan mereka bekerja sama pasti sudah tahu bukan? Betul jika anda menjawab kalau ketiga perusahaan tersebut akan menghasilkan sebuah hypercar terbaru dari Aston Martin yang berkode AM-RB 001 yang foto teasernya telah tersebar di internet.

AM-RB 001 ini konon katanya akan menjadi Aston Martin tercepat dan ter’aerodinamis’ yang pernah diproduksi oleh mereka, bahkan lebih cepat dari Vulcan! Bagaimana tidak, Aston Martin menggandeng RBAT dan AF Racing bukan tanpa alasan saja. Pabrikan favorit agen MI6 tersebut berkerjasama dengan kedua pihak itu untuk menghasilkan teknologi mobil yang sangat canggih dan juga menciptakan bodi yang membelah angin. Kedengarannya keren bukan? Dari kodenya saja yang mengambil angka ‘1’, pasti mobil ini adalah sesuatu yang sangat spesial.

Namun jika menurut kalian itu saja sudah hebat sekali, kata apa yang akan kalian sebutkan setelah anda semua melihat keseluruhan bentuk near-production sang AM-RB 001? Kami yakin, anda pasti akan terpana melihat karya gabungan AM, RBAT, dan AF Racing. Inilah Aston Martin Valkyrie, hypercar tercepat pabrikan Aston Martin dan juga Red Bull.

Kesan pertama yang ditimbulkan dari mobil ini adalah bentuknya. Seperti mobil LeMans, bukan? Itu karena model kokpit mobilnya yang berbentuk tetesan air sehingga bagian windshieldnya membulat, ditambah juga wiper yang diposisikan berada di tengah kaca. Lalu fascia depannya yang benar-benar berlubang tanpa adanya radiator atau hal lainnya untuk mengedepankan sisi aerodinamika, dari bagian kap langsung disambungkan ke spoiler depan.

Sekilas seperti melihat speedboat dari masa depan. Tetapi walaupun tidak adanya grill lantas bukan berarti menghapus ciri khas Aston Martin. Bagian depannya masih menampilkan sedikit ciri khas mobil Aston Martin pada bagian depan kap mesinnya yang berbentuk seperti mulut blob fish. Perubahan bukan berarti mengubah budaya bukan?

Pindah ke bagian sisi, dan kalian pasti langsung melihat banyaknya lubang besar yang dapat mengalirkan angin agar tak menimbulkan hambatan yang berarti. Pintunya juga mengusung model gullwing, bedanya hanya pada angle terbukanya saja. Lalu apakah mereka akan memasangkan velg dan ban Michelin pada versi produksinya nanti?

Lalu kita bergerak ke belakang, dan anda semua pasti kaget karena bagian bumper atau diffusernya benar-benar kosong. Kami ingatkan kembali, ini mobil yang memiliki tingkat aerodinamika yang tinggi loh. Jadi jangan bingung kalau bentuknya mirip dengan speedboat. Posisi knalpotnya yang berada di bagian tengah atas semakin menguatkan kalau mobil ini sejatinya dibuat dengan performa tinggi dan juga untuk menghadapi kecepatan di atas rata-rata, selain meningkatkan ke’aerodinamis’annya.

Pantas memang kalau mobil ini disebut sebagai pembelah angin, karena rumah lampunya saja dibuat menyirip seperti diffuser. Untuk bagian spoilernya memang terlihat simpel, namun efektif meningkatkan downforce karena lekukannya. Keseriusan pihak AM, RBAT, dan AF Racing untuk membangun sebuah hypercar memang terlihat sangat jelas pada bagian bodi.

Setelah eksterior langsung saja kita bahas interiornya. Kesan pertama memasuki mobil ini adalah simpel, pake banget. Kenapa? Lihat kursinya, langsung tersambung dengan bagian kokpitnya! Ibarat kokpit yang dipahat bagian dalamnya menjadi bentuk kursi dan dasbor lalu hanya diberikan bantalan-bantalan saja di beberapa bagian kursi, itulah interior Valkyrie. Tetapi opsi reclining masih ada pada mobil balap legal ini, tetapi adanya hanya di bagian kaki saja.

Pada bagian dasbor, 3 buah layar menghiasi interior full carbon ini. Dua layar pada bagian pinggir untuk melihat bagian belakang layaknya spion, satu layarnya lagi untuk Head Unitnya. Bagian setir yang memuat 90% tombol yang ada pada mobil ini juga dapat dilepas seperti mobil F1. Ditengah kemudinya pun ada layar OLED untuk menampilkan beragam informasi yang anda butuhkan saat mengoperasikan mobil ini. Benar-benar sebuah mobil balap yang sangat spesial.

Sayangnya untuk spesifikasi mesin dan harganya, pihak Aston Martin masih menutup diri akan hal tersebut. Namun rumornya, jantung dari sang Valkyrie akan menggunakan mesin V12 6.500 cc yang dijodohkan dengan motor elektrik sehingga menghasilkan keluaran tenaga sebesar 1.130hp. Jadi memang rumornya mobil ini adalah hybrid hypercar.

Sekedar fakta saja, pihak AM, RBAT, dan AF Racing ingin membuat mobil ini seringan mungkin. Jadi selain pemakaian komponen utama rangka dan bodi mobil ini yang sangat ringan, logo khas ‘lacewing’ AM pun dibuat dengan hanya menggunakan bahan campuran kimia dan aluminium dengan tingkat ketipisan 70 microns sehingga seperti sebuah cat saja. Menurut mereka logo tradisional AM terlampau berat untuk mobil ini dan stiker dianggap tak terlalu pantas pada mobil sekelasnya. Totalitas memang yang terdepan untuk Aston Martin.

Jika foto-foto di atas kurang cukup memuaskan mata anda, mari tengok galeri artikel ini. Saksikanlah sejarah baru Aston Martin dalam membuat mahakaryanya kembali.

Read Prev:
Read Next: