Niat Kuasai Kelas Hypercar Le Mans, Aston Martin Jagokan Valkyrie

Niat Kuasai Kelas Hypercar Le Mans, Aston Martin Jagokan Valkyrie
0  komentar

AutonetMagz.com – FIA sudah meresmikan adanya kelas hypercar untuk balap ketahanan WEC untuk menggantikan kelas LMP1 yang ada sekarang. Diperkirakan mulai aktif tahun depan, salah satu syarat untuk bisa ikut di kelas ini adalah peserta harus membuat mobil balap versi jalan raya yang identik dengan mobil balap yang akan mereka pertarungkan di sirkuit nanti. Ahh… Rasanya seperti balapan jaman dulu, sungguh asyik jika mobil balap hypercar ada versi jalan rayanya.

Aston Martin merespon aturan ini dengan senang hati. Malah, setelah kelas ini dipastikan ada, Aston Martin berniat menerjunkan 2 buah Aston Martin Valkyrie untuk turun di kelas hypercar. Aston Martin Valkyrie disiapkan untuk musim balap WEC tahun 2020 atau 2021. Target besarnya adalah merajai ajang ketahanan FIA WEC Le Mans 2021. Oh ya, WEC di Le Mans tahun ini baru saja selesai dan pemenangnya adalah Toyota TS050.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, mobil balap hypercar WEC harus ada versi jalan rayanya. Urusan ini mungkin sudah dibereskan Aston Martin, karena mereka bikin Aston Martin Valkyrie untuk jalan raya duluan sebelum kelas hypercar WEC diresmikan. Selain supaya lebih seru, aturan ini bisa menciptakan koneksi marketing antara produk yang dijual dan produk yang dipertarungkan bagi merek-merek yang terlibat.

Peraturan lain di kelas hypercar WEC adalah memperbolehkan sistem aerodinamika aktif dan telah menetapkan batas berat minimum tiap mobil menjadi 980 kg. Aston Martin tidak mengungkapkan detail teknis apa pun tentang mobil balap Valkyrie mereka, mereka hanya bilang kalau mesinnya akan pakai versi lebih serius dari mesin 6.500 cc V12 yang mereka punya. Pengumuman ini diumumkan saat selebrasi 60 tahun kemenangan Aston Martin pada tahun 1959 di Le Mans.

David Brown datang ke sini pada tahun 1959, dengan mobil, tim dan pembalap kualitas juara,” kata Andy Palmer, CEO Aston Martin. “Kami bermaksud melakukan hal yang sama pada tahun 2021. Aston Martin Valkyrie siap menghadapi tantangan seperti itu dan selaras dalam kerangka aturan hypercar yang baru. Apa yang lebih indah daripada raungan mesin Aston Martin V12 yang memimpin balapan hingga malam di area Mulsanne?”Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: