Jepang Tak Akan dapatkan All New Nissan Juke, Kicks Mengambil Alih?

Jepang Tak Akan dapatkan All New Nissan Juke, Kicks Mengambil Alih?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu Nissan Motors sukses memperkenalkan generasi terbaru dari crossover eksentrik mereka, Nissan Juke. All New Nissan Juke sendiri mendapatkan tanggapan yang tergolong positif karena mampu mempertahankan ciri khas-nya, sembari menambahkan elemen ‘modern’ di desain eksterior, interior, serta spesifikasi yang diusungnya. Pasca diperkenalkan di Inggris, lantas kemana lagi destinasi dari All New Nissan Juke? Jepang?

Nah, sebuah informasi yang kami kutip via BestCarWebcukup membuat kami terkejut. Sumber menyebutkan bahwa ada wawancara dengan salah satu personil Nissan dan beliau menyebutkan bahwa untuk saat ini tidak ada rencana untuk memperkenalkan sosok All New Nissan Juke di Jepang. Malahan, nama Nissan Kicks yang beberapa waktu ini naik ke permukaan sebagai salah satu calon produk terbaru dari Nissan di Jepang. Secara kelas, sebenarnya baik All New Nissan Juke maupun Nissan Kicks berada di segmen yang sama.

Lantas, mengapa Nissan Jepang tidak mempertimbangkan All New Nissan Juke untuk pasar mereka? Sumber menyebutkan bahwa ada pernyataan resmi dari pihak Nissan yang mengatakan bahwa perlu effort dan cost yang besar untuk menghadirkan All New Nissan Juke ke Jepang. Sedangkan pengorbanan tersebut nampaknya sulit untuk terbayarkan dengan prediksi penjualan mobil nyentrik ini di Jepang. Nah, dalam hal ini, Nissan Kicks lebih masuk akal. Selain itu, mesin yang digunakan oleh Nissan Kicks agaknya lebih memungkinkan untuk Jepang, yaitu mesin 1.600cc dan 1.500cc dengan transmisi CVT.

Perpaduan spesifikasi tersebut jelas membutuhkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin 1.000cc Turbo 3 silinder DIG-T milik All New Nissan Juke yang menggunakan transmisi DCT. Oiya, ada fun fact lain yang muncul di sumber ini. Saat diperkenalkan pertama kali hampir sedekade silam, Nissan Juke sebenarnya menargetkan pasar kaum muda yang berusia 20 hingga 30 tahunan. Namun menariknya, 40% lebih konsumen dari Nissan Juke malah berusia di atas 50 tahun. Kondisi ini yang nampaknya masih membuat Nissan berpikir ulang apakah target pasar mereka akan tercapai jikalau memperkenalkan All New Nissan Juke.

Dengan kondisi ini, lalu bagaimana dengan kabar pasar di Indonesia? Akankah Nissan Motor Indonesia (NMI) lebih memilih All New Nissan Juke atau malah Nissan Kicks? Btw, Nissan Thailand kabarnya akan memproduksi Nissan Kicks pada penghujung tahun 2019 ini lho. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: