ASEAN NCAP Grand Prix Award 2018, Rekap Perlombaan Fitur Safety

by  in Mobil Baru
ASEAN NCAP Grand Prix Award 2018, Rekap Perlombaan Fitur Safety
0  komentar

Autonetmagz.com – Dalam hubungannya dengan ASEAN Automobile Safety Forum yang ke 10 untuk tahun ini, ASEAN NCAP juga mengambil kesempatan dalam memberikan penghargaannya kepada semua penerima ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2018. Eits tunggu dulu, memang apa sih ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2018? Jadi Grand Prix yang satu ini adalah perlombaan dalam memiliki rating tertinggi lewat beberapa aspek penilaian. Nah hasil penilaian tersebut akan berbuah penghargaan dari ASEAN NCAP untuk sebuah kendaraan, organisasi, hingga individu yang terkait dalam kategori lomba sebagai pengakuan atas keunggulan mereka dalam keselamatan kendaraan di jalanan ASEAN.

ASEAN NCAP Grand Prix Awards telah dilaksanakan sebanyak tiga kali terhitung 2018. Sebelumnya awarding event ini telah sukses dilaksanakan di Kuching, Sarawak dan Kuala Lumpur, Malaysia. Nah yang ketiga ini dilaksanakan di Hotel Mercure, Karawang, Jawa Barat pada 15 November lalu. Acara yang dilaksanakan tiap dua tahun sekali ini pun hanya memiliki tiga kategori utama saja. Namun dua kategori diantaranya terbagi lagi hingga menjadi beberapa sub-kategori.

Adapun bagian pertama penghargaan Grand Prix Award ini adalah ‘Best Safety Performance’ yang dibagi lagi menjadi sesuai dengan aspek penilaian ASEAN NCAP yaitu Adult Occupant Protection (AOP), Child Occupant Protection (COP), Safety Assist Technologies (SATs), dan terakhir adalah nilai Overall. Dengan mengambil nilai tertinggi dari tiap aspek penilaian tersebut, ASEAN NCAP telah mendapatkan juara untuk tahun 2017-2018 loh. Apakah mobil favoritmu masuk ke dalam daftar pemenangnya? Mari kita lihat sama-sama daftar pemenangnya:

  • Best Safety Performance
    • AOP      = Toyota C-HR (49,72 on AOP)
    • COP      = Honda C-RV (22,84 on COP)
    • SATs     = Hyundai IONIQ Hybrid (24,17 on SATs)
    • Overall = Hyundai IONIQ Hybrid

Jadi bagaiaman dengan hasilnya? Mobil favoritmu ada yang masuk tidak? Apakah mengagetkan karena pemenang overall-nya adalah mobil manufaktur negeri ginseng? Lanjut lagi ke penghargaan bagian kedua yaitu ‘Excellent Award’ yang terbagi menjadi beberapa sub-kategori. Ada Continuous Safety ImprovementConsistent 5-StarThe Most 5-Star Brand (2017-2018), OrganizationAcademician, dan Industry. Lalu siapakah pemenang dari ragam penilaian tersebut? Berikut daftarnya:

  • Excellent Award
    • Continuous Safety Improvement
      1. Perodua Myvi
      2. Toyota Vios
      3. Toyota Rush
    • Consistent 5-Star
      1. Honda C-RV
    • The Most 5-Star Brand (2017-2018)
      1. Toyota
    • Organization
      1. JAMA
      2. Bridgestone
    • Academician
      1. Dr. Sigit Santosa
    • Industry
      1. Hiroki Tanaka
      2. Zanita Zainuddin
      3. Kansui Aoki
      4. Nobuhiko Takahashi

Dari daftar di atas yang sudah kami jabarkan, bisa disimpulkan bahwa ASEAN NCAP Grand Prix Awards ketiga ini didominasi oleh manufaktur asal Jepang yaitu Toyota. Walaupun masih ada penghargaan terakhir yaitu ‘Excellent Research‘ yang dimenangkan Nissan atas penelitian Intelligent Room Mirror-nya, tetap saja hal tersebut tak merubah dominasi Toyota yang produknya banyak mendapatkan bintang 5.

Jadi bagaimana menurutmu ajang perlombaan dan juga penghargaan untuk aspek safety pada kendaraan roda empat ini? Apakah sudah sesuai dengan ekspektasimu atau malah kaget akan hasil tersebut? Kirimkan komentar kalian mengenai ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2018 ini pada kolom komentar di bawah. Well done Toyota, kami berharap penghargaan ini akan memotivasi seluruh manufaktur mobil untuk terus meningkatkan fitur keamanan produknya.

Read Prev:
Read Next: