Toyota Siapkan SUV Kompak Baru Berkubikasi 1.500cc di 2020

Toyota Siapkan SUV Kompak Baru Berkubikasi 1.500cc di 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam satu dekade ke belakang, jikalau kita bicara mengenai sebuah SUV kompak milik pabrikan berlogo tiga elips yang mempunyai kubikasi mesin 1.500cc, maka perhatian kita tak akan terlepas dari sosok Toyota Rush. Yap, mobil yang dikembangkan dari sosok Daihatsu Be-Go (Bacanya ‘Bigo’) ini memang cukup sukses di awal kemunculannya. Namun, sayangnya sosok Toyota Rush tak memiliki suksesor setelah dihentikan produksinya pada 2016 silam di Jepang, setidaknya sampai kabar ini muncul dan memberikan secercah harapan bagi penggemar compact SUV dari Toyota, cekidot.

Mungkin beberapa dari kalian akan protes, “Lho, kan All New Toyota Rush sudah muncul di Indonesia?” atau “Kan sudah ada suksesornya“. Namun patut kalian ingat, sosok Toyota Rush di Indonesia dan di Jepang memiliki perbedaan yang langsung kasat mata, yaitu pada dimensi bodynya. Yap, Toyota Rush di Jepang hadir dalam bentuk yang lebih mungil alias short wheelbase, sama dengan kembarannya, Daihatsu Be-Go. Sedangkan All New Toyota Rush yang kita kenal sekarang adalah versi LWB yang dikembangkan khusus untuk varian LWD alias long wheelbase, yang membuat sosok Toyota Rush tak lagi kompak – kompak amat. Jadi, bisa dikatakan bahwa suksesor untuk Toyota Rush yang berdimensi mungil memang belum ada hingga saat ini.

Namun kabar yang kami kutip dari Chukei News Japan menunjukkan bahwa Toyota akan menghadirkan lagi sebuah SUV kompak bermesin 1,500cc. Dari sumber tersebut, tergali informasi bahwa sosok SUV kompak Toyota ini akan diperkenalkan di medio tahun 2020 mendatang, artinya masih ada 1,5 tahun ke depan hingga produk ini diperkenalkan. Pabrik Toyota di Tohoku, Prefektur Miyagi, di sisi timur Jepang yang akan mendapatkan tugas untuk memproduksi kendaraan ini di masa depan. Sosok SUV kompak Toyota juga akan menambah panjang deretan SUV kompak Toyota yang sudah ada sejak generasi Toyota Cami dan Toyota Rush SWB. Lalu, apakah SUV kompak Toyota ini akan menggunakan basis yang sama dengan Toyota Rush di Indonesia? Nampaknya tidak, kecuali mungkin untuk urusan mesin, karena SUV ini juga kabarnya akan menggunakan mesin 1.500cc.

Selain itu, salah satu alasan munculnya SUV kompak baru ini karena pasar SUV memang sedang berkembang. Padahal, tren penjualan mobil di Jepang sendiri sedang menurun karena makin berkurangnya populasi di sana, dan juga tren peralihan para generasi muda yang tak tertarik untuk membeli mobil. Namun Toyota masih meyakini bahwa demand untuk sebuah SUV masih baik di Jepang, dan memutuskan untuk menambah produk di segmen ini. Pihak Toyota sendiri sejatinya juga memiliki sebuah CUV kompak yang diperkenalkan di rentang waktu yang hampir sama dengan dihentikannya produksi dari Toyota Rush, dan produk itu adalah Toyota C-HR. Namun nampaknya sosok Toyota C-HR belum bisa menjadi sosok pengganti yang pas untuk Toyota Rush di sana.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Tentunya menarik untuk melihat seperti apa SUV kompak baru Toyota di masa depan, akankah ada kemiripan dengan All New Toyota Rush di Indonesia atau malah sepenuhnya berbeda, atau malah pakai basis dari Daihatsu DN TREC ya? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: