All New Suzuki Ertiga Versi India Dirilis, Lebih Murah & Lengkap!

All New Suzuki Ertiga Versi India Dirilis, Lebih Murah & Lengkap!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sosok All New Suzuki Ertiga sejatinya adalah komoditas unggulan Maruti Suzuki di India sana, namun pasar Indonesia mendapatkan kehormatan dengan memperoleh unitnya pertama kali di bulan April silam. Nah, kini pasar India pun akhirnya mendapatkan unit terbaru dari LMPV yang laris manis disana, walaupun sejatinya agak melenceng dari prediksi awal yang ada di bulan Agustus silam. Lalu, seperti apa sosok All New Suzuki Ertiga versi India? Apa saja bedanya dengan versi Indonesia? Mari kita kupas. 

Mengutip dari IndianAutosBlog, Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO, Maruti Suzuki India menyebutkan, “Kami dengan senang hati untuk menawarkan (Lagi) sebuah kendaraan yang sudah diperbaharui tampilannya, kelegaan ruangnya, keamanannya, dan juga kenyamanannya. Generasi terbaru Ertiga didesain dengan fitur yang mumpuni, dan juga perhatian akan detail yang baik”. Nah, di India sendiri  All New Suzuki Ertiga akan dijual dalam 8 varian dan juga dua opsi mesin, plus dua opsi transmisi untuk mesin bensinnya. Varian terendah yang dijual adalah varian 1.500cc Bensin Lxi yang dibanderol dengan harga 7,44 lakh atau setara dengan 152 jutaan Rupiah.

Sedangkan untuk varian tertinggi dari mesin bensinnya adalah varian Zxi+ automatic yang dibanderol dengan harga 9,95 lakh atau setara dengan 204 jutaan Rupiah. Hmm, selisih harganya lumayan jauh dari versi Indonesia ya. Sedangkan varian diesel masih ada di Negeri Bollywood tersebut, dengan harga mulai 8,84 lakh atau setara 181 jutaan Rupiah hingga 10,90 lakh atau setara 223,5 jutaan Rupiah. Dan di varian Diesel ini, pihak Maruti masih tetap menyematkan mesin 1.300cc D13A yang didukung sistem mild hybrid ala Suzuki yang bernama SHVS, dan hanya tersedia varian tiga pedal saja. Sedangkan varian mesin bensinnya menggunakan mesin 1.500cc K15B seperti yang dijual di Indonesia.

Lalu apa saja kelengkapan yang didapatkan di  All New Suzuki Ertiga versi India ini? Jadi, untuk urusan keamanan,  All New Suzuki Ertiga mendapatkan ABS, EBD, Brake Assist, dual front airbags, front seatbelt reminder (SBR), ISOFIX child seat anchorage, hill hold control, Electroninc Stability Programme dan reverse parking sensors alias sensor parkir. Kesemuanya hadir sebagai standar. Sedangkan di dalam kabin, LMPV ini mendapatkan sistem infotainment yang sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay, lalu cup holder dengan pendingin seperti versi Indonesia, steering switch button, dan juga AC dengan auto climate control. Yap, fitur yang terakhir kami sebut ini yang membuat pembeda cukup mencolok dengan versi Indonesia, selain harganya tentunya.

Oiya, selain itu ada beberapa fitur lain yang juga dicantumkan oleh pihak Maruti di situs resmi mereka seperti idle start stop, high speed alert system, brake energy regeneration dan torque assist during acceleration. Selain itu ada beberapa detail yang berbeda seperti motif pada jok, armrest yang juga berfungsi sebagai konsol box di tengah, dan tetap adanya arm rest di kursi baris kedua. Nah, jadi bagaimana nih tanggapan kalian dengan sosok All New Suzuki Ertiga versi India ini? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: