All New Suzuki Ertiga 2018 Resmi Meluncur, Siap Lawan Xpander!

by  in Berita&Suzuki
All New Suzuki Ertiga 2018 Resmi Meluncur, Siap Lawan Xpander!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Diperhelatan IIMS 2018 ini Suzuki menjadi pusat perhatian karena akhirnya Suzuki Ertiga mendapatkan model baru setelah 6 tahun lamanya. Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012 silam, Suzuki Ertiga kini semakin lega, bertenaga dan canggih. Mari kita simak apa saja fitur-fitur yang ditawarkan.

Eksterior Suzuki Ertiga kini melar dengan keseluruhan panjang menjadi 4.395 mm, lebar 1.735 mm, namun tingginya turun menjadi 1.690 mm dan wheelbase yang tetap sama di angka 2.740 mm. Artinya All New Suzuki Ertiga memiliki kabin yang lebih luas, namun tidak ikut-ikutan tren crossover yang punya tinggi diatas rata rata MPV. Kemudian Ertiga juga tetap kompak dari segi dimensi mengingat LMPV seperti Mobilio dan Xpander yang hampir mencapai 4.5 meter.

Ertiga 2018 pakai style floating roof pada pilar-D nya

Desain Suzuki Ertiga terbaru kini memiliki bahasa baru yang lebih mengintimidasi, berbeda sekali dengan bahasa desain Suzuki yang umumnya terlihat manis seperti anak baru di sekolah. Lampu depannya kini terpisah antara high beam dan low beam. Untuk low beam-nya kini Ertiga 2018 sudah dilengkapi dengan projector namun tidak dengan LED atau HID, masih halogen biasa. Untuk high beam juga masih halogen, dan lampu sein kini diletakan di dekat grille.

Baca juga : Ini dia harga Suzuki Ertiga baru 2018

Dari samping kita disuguhi lekukan yang lebih tegas mengikuti desain garis depannya. Velgnya tetap berukuran 15 inchi namun desainnya kini lebih ramai meskipun tanpa aksen two tone. Untuk varian GX kita mendapatkan sebuah tombol push start stop engine di sisi driver, chrome door handle dan pilar D model floating roof yang menyambung ke kaca pintu belakang.

Tampilan belakangnya kini dilengkapi dengan lampu LED yang menyambung ke bagian atas, kita sudah mendapatkan 2 buah parking sensor, namun kamera mundur diberikan sebagai aksesoris tambahan. Di bagian belakang ini profil Suzuki Ertiga terlihat lebih besar sehingga ketika membuka bagasi belakangnya, kita menemukan kursi baris ketiga yang lebih proper dan bagasi yang kini lebih luas dengan konfigurasi pelipatan kursi belakang 50:50 dan tetap rata lantai sampai ke baris tengah.

Masuk ke dalam interior, kita akan disuguhi dengan desain interior baru yang diberikan balutan wooden panel plastik. Mungkin desainnya tidak selera semua orang, namun ketika kami masuk ke dalamnya, interior mobil ini terasa rendah dan memberikan visibilitas cukup baik untuk pengemudi.  Secara fitur fitur, speedometernya sudah memiliki MID, tapi masih layar dot matrix, setirnya masih tilt steering, belum telescopic, namun ada tombol untuk mengatur telepon. Push start stop engine sudah tersedia untuk tipe GX, ESP (Electronic Stability Program) untuk tipe GX, spion retractable, AC masih manual dan head unit touch screen bawaan JVC di tipe GX ini rasanya agak sedikit kurang pas.

Fitur baru yang menjadi unggulan di mobil ini dibandingkan kompetitornya ada pada cup holder pada bagian depan tuas transmisi yang kini memiliki ventilasi AC untuk menjaga suhu minuman tetap dingin, setir model flat bottom dengan panel kayu dan warna jok two tone. Fitur -fitur lain yang disematkan seperti ISOFIX seat, power outlet di kursi belakang, dual SRS Airbag, ESP dan ABS, EBD tetap dipertahankan dari model sebelumnya.

Dibalik kap mesin, kita mendapatkan powertrain baru dengan kode K15B yang masih memiliki basis yang sama dengan K14B. Tenaganya meningkat cukup signifikan menjadi 104 Ps di 6.000 Rpm dan torsiya kini menjadi 138 Nm di 4.400 Rpm. Mesin yang memiliki Multi Point Injection ini sudah memenuhi standar Euro 4 dari segi emisi. Klaim konsumsi bahan bakar yang di berikan Suzuki sebesar 16.73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18.06 km/liter untuk varian manual.

Tipe yang ditawarkan oleh Suzuki Indonesia untuk All New Ertiga 2018 kini menjadi hanya 4 tipe saja, mulai dari GA, GL, GX dan GX ESP. Semua tipe tersedia pilihan transmisi manual dan automatic kecuali tipe GA yang hanya ditawarkan varian transmisi manual. Varian diesel dan Dreza kini tidak ada lagi di Suzuki Ertiga generasi kedua ini.

Dengan penambahan fitur baru dan desain baru yang lebih lega. Apakah menurut anda SuzukI Ertiga terbaru ini bisa bersaing dengan Mitsubishi Xpander? Sampaikan di kolom komentar ya guys!

Read Prev:
Read Next: