All New Nissan Juke : Makin Modern, Tapi Tetap Berkarakter!

0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah hampir satu dekade diperjual – belikan di pasar otomotif Global, pihak Nissan akhirnya membuka selubung dari Nissan Juke generasi terbaru. Sosok All New Nissan Juke diumbar ke publik dalam beberapa foto official yang mempertontonkan seluruh lekuk tubuh dari mobil ini. Sekilas pandang, mobil ini masih meneruskan garis dan bahasa desain dari pendahulung, namun dengan modernisasi di beberapa sudut tentunya. Yuk kita bahas.

Pertama, kita mulai dari sisi eksterior. Di sisi depan, All New Nissan Juke menggunakan lampu 3 tingkat seperti pendahulunya. LED DRL dengan bentuk yang memanjang ke samping seperti milik Nissan Livina diposisikan di sisi teratas, disusul lampu dengan housing membulat di bawahnya. Nah, lampu utamanya ini sudah menggunakan proyektor dan posisinya persis di tengah. Sedangkan lampu kabut ada di sisi bawah dengan ukuran yang mungil. Grille V-Motion khas Nissan juga hadir dengan berlapis krom dan berukuran cukup besar.

Bumper depannya memiliki lekuk yang tegas, termasuk di bagian sekitar foglamp. Untuk unit berwarna hitam di gambar, terlihat ada ornamen berwarna merah yang nampaknya berguna untuk menambah kesan sporty. Sedangkan di unit berkelir merah, bagian tersebut dilabur warna abu – abu. Skid plate berkelir silver juga diberikan di mobil ini. Jika diperhatikan dengan seksama, All New Nissan Juke juga sudah memiliki corner sensor di sisi depan. Selain itu, di bagian radiator grille terdapat 3 kotak hitam yang nampaknya adalah sensor atau radar untuk fitur dalam Nissan Intelligent Mobility-nya.

Kap mesinnya juga memiliki tarikan garis yang tegas dan dibuat menyambung dengan grille V-Motion-nya. Pindah ke sisi samping, All New Nissan Juke menggunakan velg 19 inci dual tone dengan bentuk yang cukup cantik dan profil ban yang tipis. Spion, atap, dan ornamen di side skirt dilabur warna merah untuk varian berwarna hitam, sedangkan untuk varian berwarna merah menggunakan warna hitam sebagai ornamennya. Di sisi damping ini juga terlihat bahwa All New Nissan Juke masih mempertahankan karakter tarikan garis bodynya yang mengalir dan kaca belakang yang landai.

Oiya, handle pintu belakang juga masih diposisikan di area pilar C, dan terlihat antena model shark fin diberikan di mobil ini. Pindah ke sisi belakang, All New Nissan Juke sudah tidak lagi mewarisi lampu belakang yang terinspirasi dengan milik Nissan 370z. Kini, lampu belakangnya lebih mengotak dan ada LED Bar berbentuk bumerang yang menjadi identitas dari mobil – mobil Nissan. Bagian tailgate di atas plat nomor dibuat agak menonjol sehingga berkesan ala duck tail. Sedangkan bumpernya dibuat membuat dan bold dengan laburan warna hitam. Sayangnya, knalpot mobil ini dibuat ngumpet.

Masuk ke interiornya, jelas ubahan di bagian ini sudah sangat drastis. Setir yang digunakan All New Nissan Juke sudah baru, flat bottom, ada paddle shift dan bentuknya mirip dengan milik Nissan X-Trail T32 facelift. Ada layar NissanConnect yang berukuran cukup besar di sisi tengah, dan modelnya floating. Sistem infotainment ini sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta google assistant. Untuk audio sendiri merupakan garapan Bose dengan 8 speaker. Kisi AC dibuat berbentuk bulat yang menghadirkan kesan sporty. Di bawahnya ada kontroler AC, dan di konsol tengahnya terdapat tuas persneling, start stop button, driving mode selector, dan electronic parking brake dengan auto hold.

Kabin dari All New Nissan Juke ini bernuansa ceria dengan penggunaan warna orange di dasboard, doortrim, konsol tengah, console box hingga jok dan jahitannya. Dan bagian yang berwarna orange tersebut sudah soft touch dengan jahitan asli, cantik. Panel instrumennya menggabungkan dua dial analog dengan MID Digital di tengah, dan ada 2 twitter di pilar A mobil ini. Di area doortrim kalian masih bisa menemui tombol – tombol yang masih common parts dengan Nissan – Nissan lain jaman now. Oiya, yang menarik, All New Nissan Juke menggunakan kursi depan model bucket seat yang sporty lho.

Nah, kalau kalian merasa warna orange di mobil ini norak, ada kok opsi varian dengan ornamen bermaterial suade berwarna gelap. Untuk bangku baris keduanya sudah bisa mengangkut 3 orang dengan proper. Terbukti dengan adanya 3 buah headrest, dan 3 sabuk pengaman 3 titik untuk 3 penumpang belakang. Untuk ruang, Nissan mengklaim mobil ini memiliki ruang yang lebih lega. Ruang kakinya bertambah 58mm, ruang kepala bertambah 11mm, dan kapasitas bagasinya naik 20% mendjadi 422 liter. All New Nissan Juke sendiri dibangun dari platform CMF-B yang juga digunakan oleh Renault Captur.

Mobil ini memiliki panjang 4,2 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi hampir 1,6 meter. Secara bobot, All New Nissan Juke lebih ringan 23 kg dari pendahulunya. Untuk mesin, kabarnya All New Nissan Juke akan mengandalkan mesin 1.000cc 3 silinder DIG-T Turbo bertenaga 117 PS, agak inferior ya. Sedangkan transmisinya ada opsi manual 6 percepatan dan otomatis DCT 7 percepatan. Secara fitur, All New Nissan Juke juga akan diperlengkapi dengan paket Nissan intelligent mobility. Antara lain, Intelligent Emergency Braking with Pedestrian and Cyclist Recognition, Traffic Sign Recognition, Intelligent Lane Intervention, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Intervention.

All New Nissan Juke akan diproduksi di pabrik perakitan Nissan di Sunderland, Inggris. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: