Toyota Corolla Altis 2019 Thailand : Spek Baru, Strategi Lama

Toyota Corolla Altis 2019 Thailand : Spek Baru, Strategi Lama
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bisa dilihat kalau permainan kelas yang dihuni Mazda 3, Honda Civic dan Toyota Corolla kini kian berwarna di Indonesia dengan kehadiran varian hatchback. Sejak munculnya Mazda 3 hatchback dan sedan, kini kita bisa menikmati mobil-mobil di kelas ini dalam berbagai bentuk. Akan tetapi, harus kita akui kalau di Indonesia, pemain di kelas ini yang punya 2 tipe bodi – hatchback dan sedan – hanya Civic dan Mazda 3 saja. Apa kabar Toyota Corolla?

Nah, berhubung Toyota Corolla Altis sudah resmi meluncur di Thailand, kita bisa lihat kalau saat ini Toyota tetap berkonsentrasi untuk fokus ke versi sedan Corolla Altis. Selama belum ada pabrik di ASEAN yang kelihatan siap untuk memproduksi Toyota Corolla hatchback, nampaknya kehadiran Corolla hatchback di ASEAN, termasuk Thailand dan Indonesia masih jauh dari angan. Agak sayang, soalnya Toyota Corolla hatchback baru itu lumayan keren tampangnya dari depan hingga belakang.

Namun bukan berarti Toyota Corolla Altis sedan ini jelek, malah ia bisa membawa tampang Corolla Altis facelift sebelumnya menjadi lebih garang di model baru ini. Mukanya kini didominasi air dam besar di bumper depan plus aksen pahatan bentuk huruf “C” di dekatnya. Corolla yang hadir di Thailand memakai desain versi global, bukan versi USDM yang lampunya agak membulat di luar lalu tipis dan sipit ke tengah.

Pelek 17 inci standar Toyota Corolla Altis 2019 pakai desain yang mirip dengan versi sekarang, dan hal lain yang bisa disimak di bagian sampingnya adalah lis chrome di jendela, side skirt dan handle pintu chrome. Lampu belakangnya sudah LED dan ada aksen ala diffuser, plus bagi mereka yang ingin Corolla yang lebih sporty secara penampilan saja, ada Toyota Corolla Altis GR Sport dengan body kit baru, aksen hitam, pelek bergaya sporty dan lip spoiler di bagasi.

Toyota Corolla Altis 2019 memperkenalkan kembali desain interior yang lebih bertumpuk, namun didesain supaya tidak kelihatan ramai. Layar head unit Corolla berdiri macam tablet dengan beberapa shortcut di kiri-kanannya, dan Corolla mendapatkan spidometer LCD di panel instrumennya khusus untuk tipe termahal. Fitur baru lainnya termasuk head-up display, ventilasi AC belakang, Apple CarPlay dan Android Auto.

Mengenai fasilitas, Toyota Corolla Altis spek Thailand sudah memakai lampu depan dan lampu kabut LED, ionizer Nano-e, jok elektrik buat bagian depan dan blind belakang yang bisa naik turun. Dari tipe terbawah sampai teratas sudah dapat 7 airbags dan stability control, namun hanya tipe GR Sport yang dapat Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert. Kalau pilih tipe termahal a.k.a hybrid kita baru dapat paket Toyota Safety Sense yang lengkap.

Paket itu sudah termasuk autonomous emergency braking, all-speed adaptive cruise control, lane departure warning, lane keeping assist, TPMS dan auto high beam. Soal mesin, Toyota Corolla Altis versi Thailand ada yang 1.600 cc 1ZR-FBE bertenaga 125 PS dan torsi 156 Nm, atau lanjut ke yang 1.800 cc 2ZR-FBE (Iya, ini mesinnya C-HR) bertenaga 140 PS dan torsi 177 Nm. Tidak ada mesin turbo, semuanya penggerak roda depan dan transmisi CVT.

Khusus Toyota Corolla Hybrid, mesinnya diganti dengan mesin 1.800 cc 2ZR-FXE yang siklusnya pakai siklus Atkinson, bukan Otto seperti mesin pada umumnya. Mesin ini menghasilkan 98 PS dan 142 Nm, tapi berkat tambahan motor listrik 72 PS dan 122 Nm, total tenaga kombinasi menurut Toyota ada di kisaran 122 PS. Apa opinimu mengenai Toyota Corolla Altis 2019 ini dibanding kompetitornya macam Honda Civic dan Mazda 3? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio