All New Honda Civic Sudah Diluncurkan, Mesin VTEC Turbonya Bertenaga 173 HP!

All New Honda Civic Sudah Diluncurkan, Mesin VTEC Turbonya Bertenaga 173 HP!
0  komentar
all-new-honda-civic-2016

AutonetMagz.com – Hari yang dinanti telah tiba. Akhirnya sedan andalan Honda, Civic generasi kesepuluh resmi memperkenalkan dirinya di sebuah acara yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat. Kesan pada pandangan pertama melihat Civic 206 baru, generasi ini sungguh ganteng dibanding Civic FB sebelumnya. Kami harap desain yang bagus ini bakal timeless, tak lekang oleh waktu seperti halnya Civic Estilo, Ferio, Civic FD dan beberapa Civic lainnya, bahkan saking abadinya, beberapa Civic sekarang mahal harganya di bursa mobil bekas.

Salah satu kontributor ketampanan Civic ini adalah front fascia yang meminjam aura desain dari merek saudaranya, Acura. Sorot matanya sangat tajam berkat lampu sipit dan berteknologi LED untuk lampu utama, ditemani dengan LED DRL yang selain gaya juga meningkatkan safety. Sayangnya, lampu utama LED hanya hadir untuk varian tertentu saja. Gril dan bumper depan mendapat aura desain yang sporty, sebagaimana Civic seharusnya yang memang wajib tampil sporty dari dulu.

all-new-honda-civic-2016-led-lamps

Banyak pembaca kami juga yang bilang butuh waktu untuk bisa menerima desain Civic baru ini agar menjadi wajar di mata mereka. Tidak apa-apa, kami bisa melihat di mana sumber problemnya. Mungkin karena dibanding Civic yang sekarang, desain Civic ini seolah melompat 1-2 generasi dari Civic FB, jadi element of surprise-nya terlalu besar.

all-new-honda-civic-2016-rear

Ketika beranjak ke bagian belakang Civic ini, kami yakin bakal banyak perdebatan selera antara suka dan tidak. Honda bilang kalau yang anda lihat ini  Civic sedan, tapi buntut mobil ini didesain seperti mobil-mobil fastback semisal BMW 3 Series GT. Bedanya, jika di BMW 3 Series GT pintu belakangnya terbuka seperti hatchback (kaca belakang ikut terbuka), Civic sedan ini bagasinya terbuka seperti sedan biasa. Oh ya, selain sedan, Civic baru ini nanti juga bakal ada versi hatchback, Si dan Type-R.

all-new-honda-civic-2016-kabin

Interior Civic baru pun menjadi lebih well organized dengan paham driver-oriented. Untuk kualitas material, kali ini Honda membuktikan banyak hal. Mereka sengaja menggunakan bahan soft touch dan jahitan-jahitan asli untuk menunjukkan kalau yang membuat mobil ini adalah engineer dan desainer, bukan akuntan yang suka perhitungan soal biaya produksi, jadi segalanya diniatkan dengan serius. Bagus lho.

Fitur-fiturnya juga bertebaran dan fungsional. Civic sekarang sudah punya rem prakir elektrik dengan brake hold seperti Honda HR-V Prestige, berikut AC digital dengan climate control otomatis. Jok kulit dan pengaturan elektrik hanya hadir di tipe tertentu. Seperti Nissan X-Trail, dia sudah punya fitur around view monitor dengan kehadiran 4 kamera di depan, samping dan belakang mobil.

all-new-honda-civic-2016-head-unit

Head unit milik Civic berlayar sentuh 7 inci dan kompatibel dengan Apple carPlay dan Siri, termasuk kemampuan GPS dan Bluetooth. Fitur-fitur safety dalam paket Honda Sensing seperti yang ada di Accord terbaru hadir di sini. Tinggal tebak-tebakan saja, fitur apa saja yang disunat kalau Honda Civic mau main di Indonesia.

Tapi kami benar-benar berharap mesinnya tidak disunat, karena ini yang paling kami tunggu dari Civic. Mesin 1.500 cc VTEC Turbo milik Civic baru dengan direct injection membuat Honda Civic 1.800 cc terlihat sangat lemah. Honda Civic VTEC Turbo ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 173 hp, dan itu sangat besar untuk mobil seperti ini, nyaris menyamai Focus EcoBoost dan Golf TSI. Sayangnya, kita harus puas dengan pilihan transmisi CVT untuk Civic Turbo.

all-new-honda-civic-2016-panel-instrumen

Jika anda alergi dengan turbo, maka mesin baru 2.000 cc 4 silinder tanpa turbo masih bisa anda pilih. Honda bilang kalau mesin ini mesin baru, dan tenaganya cukup besar di angka 158 hp. Di sini, selain CVT anda bisa memilih transmisi 6 speed manual. Berkat rancang bangun yang bagus, Civic baru lebih enteng 31 kilogram dibanding yang lama.

Kami cukup suka dengan Civic baru ini, setidaknya secara tampilan Civic baru sudah menjanjikan suatu lomapatan besar dibanding Civic FB lama. Fitur-fiturnya useful, built quality dan materialnya mantap, dan yang paling menarik jelas mesin turbonya. Nah, apa pendapatmu soal Civic baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • pescarolo

    Keseluruhan proporsi eksteriornya masih enakan Altis sih. Kalo mesin turbo.. Well, kalo satu udh mainan yg lainnya bakal ikutan nantinya.
    Yg ditunggu2 interiornya nh, biasanya instrument cluster Civic keren

    • Toyotapro

      Wah, lumayan juga nih buat nantang altis

  • Jason Pratama

    kita tunggu altis turbo. Kami suka turbo!

    • Rafi M. P.

      Nah, Auris udah ada turbo. Tinggal tunggu aja Altis pake mesin turbo 1200cc yg juga dipake Auris (Altis sama Auris bersaudara kok)

      • Jason Pratama

        kalo pake 1200cc beda kelas sm civic ntar. Gimana kalo 1NZ-FTE? hahaha

        • Rafi M. P.

          Menurut agan, gimana dgn VW Golf 1.2 TSI?

          • Jason Pratama

            kita tunggu aja review dr autonetmagz

    • petrolhead

      kenapa pada suka turbo ya?

  • Nama Akun Ini Disensorar

    hmm kami suka turbo, kata review sebelah

  • Vinc Varrel

    suka improvenya! berharap aja buat yang versi sini :’

    • farid

      dulu honda civic FD yg sedan yg masuk di indonesia adalah versi global,sedangkan honda civic sedan/coupe versi amerika berbeda dgn versi global.baru pada honda civic FB yg generasi berikutnya baik versi global maupun versi amerika gak ada perbedaannya

  • C 200

    Kerispatih?

    • Hillarius Satrio

      hah? kok kerispatah sih?

  • Cak Dri

    Kami suka twin turbo, dan lebih turbo lagi…..

  • farid

    kalau pintu bagasi nya bisa dibuka bersama kaca belakangnya mungkin lebih fungsional dan bisa bawa banyak barang bawaan,tapi jadinya bukan mirip sedan tap lebih mirip liftback(jenis mobil sedan yg ditarik atap nya sampai kebelakang hingga punya pilar D dan punya pintu bagasi,beda dgn hatchback yg punya pilar A sampai C seperti sedan tapi bagasi nya dipotong)

    • pescarolo

      kalo ngeliat garis bagasinya sh keliatannya masih ala sedan normal

  • renno rasdy

    CAKEEPPPPP!!!

  • Rafli Santosa

    model lebih bagus ini dari pada Civic Fb terkesan elegan ala2 BMW GT Series di bagian belakangnya. dari depan terlihat futuristik banget mirip sama Accord. lampu belakangnya mirip Civic Fb tapi ini lebih bagus karena ada tarik yg bagus samapai ke pintu bagasi

  • Andi

    Ini jauh lbh keren dripada civic FB…..

  • Oki Ngew

    Pas lihat spyshot nya pertama kali gw kira ni mobil jadi bentuk liftback. Soalnya pilar c nya landai banget. Entah knp gw liat interiornya kesannya biasa aja. Ada jejak2 jazz/city dan khas honda

  • Sarjono Touring

    mau nanya nih,bagusan mana ya,jazz gk5 rs atau all new yaris sportipu?lebih luas mana kabinnya?lebih kencang mana?(rencana ambil manual),lebih lincah mana?fiturnya lebih lengkap siapa?

    fiesta gak tertarik,mazda2 udah punya

    mohon banget saran nya dari mas ridwan,mas hillsat,bung tim dan autoneterz lainnya

    • Hillarius Satrio

      luas : jazz dan yaris sama-sama luas, baik di depan maupun belakang
      kenceng : jazz (manual kan? kalo CVT gak kenceng)

      fitur : jazz
      lincah : jazz suspensi empuk, ga segesit yang dulu. udah liat video yaris kan? yaris radius puternya gede banget

  • alternative

    Front Fascia All new Pajero sport dengan All new Fortuner

    • regreters

      kalau eksterior sih tergantung selera y…tapi ane prefer all new pajero sport secara lebih futuristik,kalau masalah bokong pajeronya,itu tinggal kasih spoiler,nanti jadi cakep kok,tapi emg anti-mainstram desain belakangnya itu>>

    • citroen survolt

      dua”nya ganteng…dua”nya terlihat elegan…dua”nya terlihat futuristik…cuma everest aja yang kurang ganteng….terlihat paling kuno wajahnya diantara mereka ber-3…tapi hanya opini saja..jangan dianggap serius…ok…

    • terong

      begini harusnya

      • terong

        komparasi muka pajero sport,fortuner dan everest,mana yang paling ganteng>>>

        • darino sumewo

          kalo begini sih paling ganteng ya all new pajero sport…wkwkwk…fortuner ke 2…everest ke 3…

  • ap88

    udah gak ada multiplex meter,sedih,tapi eksteriornya keren kentara banget mewahnya

    goodbye multiplex meter

  • Azhar Lazuardi

    Setuju sih sama kata-kata “element of surprise terlalu besar” eksteriornya banyak berubah dari model FB.
    Tenaga vtec+turbonya powerfull!! Tapi ga yakin bakalan banyak sliweran di indo nantinya..
    Buat interior, masih FD yang paling ganteng hehe..

  • Dini Ahmad

    kenapa benci turbo?

  • Ciyeeeeee

    Ini baru civic keren drpd yg fb belakangnya aneh..kpn nih masuk indo ya?

  • Farrel

    Wow makin kerwn aja Civic baru.

  • wowkeren

    WOW gila keren banget!! Semoga masuk sini fiturnya lengkap/minim sunatan. Dan akan sangat keren kalo mesin VTEC turbo-nya juga dipake di mobil honda lainnya kayak CR-V, accord, odyssey dll

  • panggil saja mawar

    well…untuk orang indonesia,
    mesin turbo buat apa?
    mau balapan?
    mau adu gengsi di jalanan?
    ford yang turbo 1000cc aja gak laku di Indonesia, padahal ford ecoboost itu best engine sampai saat ini,
    sekarang muncul civic turbo,
    dengan harga civic biasa aj, bagi sebagian kalangan udah ngos2an beli nya,
    ditambah turbo?
    mau jadi setara apa harganya?

  • metzh

    sepintas ada rasa desain accord crosstour tapi jauh lebih bagus..

    desain ala2 liftback gini oke sih, cuma jadi keliatan ‘berat’. Velgnya jadi keliatan kecil..heheh

  • Cooper12546

    Ini civic lama ga kluar2…. Cape nunggunya bisa bohwat