All New Honda Civic Sudah Diluncurkan, Mesin VTEC Turbonya Bertenaga 173 HP!

All New Honda Civic Sudah Diluncurkan, Mesin VTEC Turbonya Bertenaga 173 HP!
0  komentar
all-new-honda-civic-2016

AutonetMagz.com – Hari yang dinanti telah tiba. Akhirnya sedan andalan Honda, Civic generasi kesepuluh resmi memperkenalkan dirinya di sebuah acara yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat. Kesan pada pandangan pertama melihat Civic 206 baru, generasi ini sungguh ganteng dibanding Civic FB sebelumnya. Kami harap desain yang bagus ini bakal timeless, tak lekang oleh waktu seperti halnya Civic Estilo, Ferio, Civic FD dan beberapa Civic lainnya, bahkan saking abadinya, beberapa Civic sekarang mahal harganya di bursa mobil bekas.

Salah satu kontributor ketampanan Civic ini adalah front fascia yang meminjam aura desain dari merek saudaranya, Acura. Sorot matanya sangat tajam berkat lampu sipit dan berteknologi LED untuk lampu utama, ditemani dengan LED DRL yang selain gaya juga meningkatkan safety. Sayangnya, lampu utama LED hanya hadir untuk varian tertentu saja. Gril dan bumper depan mendapat aura desain yang sporty, sebagaimana Civic seharusnya yang memang wajib tampil sporty dari dulu.

all-new-honda-civic-2016-led-lamps

Banyak pembaca kami juga yang bilang butuh waktu untuk bisa menerima desain Civic baru ini agar menjadi wajar di mata mereka. Tidak apa-apa, kami bisa melihat di mana sumber problemnya. Mungkin karena dibanding Civic yang sekarang, desain Civic ini seolah melompat 1-2 generasi dari Civic FB, jadi element of surprise-nya terlalu besar.

all-new-honda-civic-2016-rear

Ketika beranjak ke bagian belakang Civic ini, kami yakin bakal banyak perdebatan selera antara suka dan tidak. Honda bilang kalau yang anda lihat ini  Civic sedan, tapi buntut mobil ini didesain seperti mobil-mobil fastback semisal BMW 3 Series GT. Bedanya, jika di BMW 3 Series GT pintu belakangnya terbuka seperti hatchback (kaca belakang ikut terbuka), Civic sedan ini bagasinya terbuka seperti sedan biasa. Oh ya, selain sedan, Civic baru ini nanti juga bakal ada versi hatchback, Si dan Type-R.

all-new-honda-civic-2016-kabin

Interior Civic baru pun menjadi lebih well organized dengan paham driver-oriented. Untuk kualitas material, kali ini Honda membuktikan banyak hal. Mereka sengaja menggunakan bahan soft touch dan jahitan-jahitan asli untuk menunjukkan kalau yang membuat mobil ini adalah engineer dan desainer, bukan akuntan yang suka perhitungan soal biaya produksi, jadi segalanya diniatkan dengan serius. Bagus lho.

Fitur-fiturnya juga bertebaran dan fungsional. Civic sekarang sudah punya rem prakir elektrik dengan brake hold seperti Honda HR-V Prestige, berikut AC digital dengan climate control otomatis. Jok kulit dan pengaturan elektrik hanya hadir di tipe tertentu. Seperti Nissan X-Trail, dia sudah punya fitur around view monitor dengan kehadiran 4 kamera di depan, samping dan belakang mobil.

all-new-honda-civic-2016-head-unit

Head unit milik Civic berlayar sentuh 7 inci dan kompatibel dengan Apple carPlay dan Siri, termasuk kemampuan GPS dan Bluetooth. Fitur-fitur safety dalam paket Honda Sensing seperti yang ada di Accord terbaru hadir di sini. Tinggal tebak-tebakan saja, fitur apa saja yang disunat kalau Honda Civic mau main di Indonesia.

Tapi kami benar-benar berharap mesinnya tidak disunat, karena ini yang paling kami tunggu dari Civic. Mesin 1.500 cc VTEC Turbo milik Civic baru dengan direct injection membuat Honda Civic 1.800 cc terlihat sangat lemah. Honda Civic VTEC Turbo ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 173 hp, dan itu sangat besar untuk mobil seperti ini, nyaris menyamai Focus EcoBoost dan Golf TSI. Sayangnya, kita harus puas dengan pilihan transmisi CVT untuk Civic Turbo.

all-new-honda-civic-2016-panel-instrumen

Jika anda alergi dengan turbo, maka mesin baru 2.000 cc 4 silinder tanpa turbo masih bisa anda pilih. Honda bilang kalau mesin ini mesin baru, dan tenaganya cukup besar di angka 158 hp. Di sini, selain CVT anda bisa memilih transmisi 6 speed manual. Berkat rancang bangun yang bagus, Civic baru lebih enteng 31 kilogram dibanding yang lama.

Kami cukup suka dengan Civic baru ini, setidaknya secara tampilan Civic baru sudah menjanjikan suatu lomapatan besar dibanding Civic FB lama. Fitur-fiturnya useful, built quality dan materialnya mantap, dan yang paling menarik jelas mesin turbonya. Nah, apa pendapatmu soal Civic baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: