All New Daihatsu Ayla Tipenya Makin Sedikit, Kenapa Begitu?

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
All New Daihatsu Ayla Tipenya Makin Sedikit, Kenapa Begitu?
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Kehadiran All New Daihatsu Ayla di Indonesia memberikan angin segar pada segmen LCGC di Tanah Air. Kini, All New Daihatsu Ayla sudah masuk di generasi kedua dan mendapatkan sejumlah ubahan yang cukup krusial. Namun, kali ini kami ingin menyoroti sebuah fakta menarik yang menunjukkan bahwa di generasi terbaru ini jumlah tipe pada All New Daihatsu Ayla malah merosot. Lantas, mengapa Daihatsu melakukan perampingan pada tipe All New Daihatsu Ayla? Yuk kita bahas.

Dari 12 Tipe Jadi 9 Tipe Saja

Dalam sesi press conference All New Daihatsu Ayla, tim AutonetMagz mempertanyakan mengapa pihak Daihatsu memangkas jumlah tipe dari All New Daihatsu Ayla. FYI, di versi terdahulu, Daihatsu Ayla memiliki 12 tipe yang terdiri dari tipe 1.0 D M/T, 1.0 D+ M/T, 1.0 X M/T, 1.0 X A/T, 1.0 X DLX M/T, 1.0 X DLX A/T, 1.2 X M/T, 1.2 X A/T, 1.2 R M/T, 1.2 R AT, 1.2 R DLX M/T dan 1.2 R DLX A/T. Secara umum, artinya varian 1.000cc punya opsi tipe D, D+, X, dan X DLX. Sedangkan varian 1.200cc ada tipe R dan R DLX. Bagaimana dengan sekarang? All New Daihatsu Ayla hanya dipasarkan dengan 9 tipe saja, yaitu 1.0 M M/T, 1.0 X M/T, 1.0 X CVT, 1.0 X ADS M/T, 1.0 X ADS CVT, 1.2 R M/T, 1.2 R CVT, 1.2 R ADS M/T, dan 1.2 R ADS CVT.

Kalau kalian cermati, varian D dan D+ di versi mesin 1.000cc menghilang dan digantikan oleh varian M. Sedangkan opsi DLX digantikan varian ADS sesuai dengan strategi dan nomenklatur baru Daihatsu. Dan terakhir, varian 1.2 X juga telah dihapuskan. Mengingat slogan All New Daihatsu Ayla adalah “Melengkapi Kebahagiaan keluarga Indonesia”, lantas mengapa opsi di All New Daihatsu Ayla malah berkurang? Bukankah ini makin ‘membatasi’ opsi bagi konsumen All New Daihatsu Ayla? Nah, pihak Daihatsu pun menjawab hal ini. Marketing & CR Division Head PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso pun buka suara.

Sesuai Permintaan Dari Konsumen

Pak Hen menjabarkan bahwa perombakan tipe pada All New Daihatsu Ayla dilakukan berdasarkan permintaan konsumen. “Kami melakukan survey pada konsumen Ayla, dan ada permintaan dari konsumen untuk tipe basic yang secara fitur lebih lengkap daripada tipe D dan D+. Oleh karenanya, kami menghadirkan tipe M dan menghapus tipe D dan D+. Di keluarga Daihatsu, tipe M memang posisinya ada di antara D+ dan X. Jadi, ini memang sesuai dengan permintaan dari konsumen kami” ujar Pak hen. Pak Hen juga menegaskan bahwa perubahan di tipe M juga terbilang banyak kalau dibandinkan dipe D+ di masa lalu. Selain itu, kenaikan harganya juga tergolong minim. Setidaknya, dengan jumlah tipe yang lebih minimalis, maka pabrikan sendiri juga bisa lebih fokus ke tipe-tipe yang populer.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: