Akibat Cacat Komponen Airbag Takata, Mazda 6 dan RX-8 Resmi Direcall

Akibat Cacat Komponen Airbag Takata, Mazda 6 dan RX-8 Resmi Direcall
0  komentar
mazda rx8 recall

AutonetMagz.com – Selain dieselgate VW, malfungsi airbag inflator dari produsen Jepang Takata adalah satu dari sekian catatan kelam sejarah otomotif dunia. Sampai sekarang, penyelesaian semua tanggung jawabnya masih berlanjut, karena mobil yang terinfeksi mencapai jutaan unit dan dari berbagai merek. Kali ini Mazda yang kena, karena Mazda Amerika Utara sudah menarik kembali alias me-recall beberapa model lawasnya akibat kesalahan airbag buatan Takata.

Model-model yang di-recall sebenarnya cukup kita kenal dengan baik, karena yang di-recall adalah Mazda 6 tahun 2003-2008 (rentang produksi 29 Mei 2002 – 5 Mei 2008), Mazdaspeed 6 tahun 2005-2007 (rentang produksi 1 Juli 2005 – 29 Juni 2007) dan Mazda RX-8 2004 (rentang produksi 25 – 30 Juni 2003).

mazda 6 2005

Ya, yang satu sering wara-wiri di jalan Indonesia sebagai mobil polisi, dan yang satu adalah mobil sport yang populasinya banyak namun mesinnya amat-sangat-sungguh tidak reliable. Satu-satunya model yang tidak ada di sini adalah Mazdaspeed 6, karena memang tidak pernah dijual. Gejalanya sama dengan mobil lain yang pakai airbag Takata, karena inflator airbag bisa melontarkan lempengan besi yang bisa menyebabkan kematian pada saat kecelakaan dan airbag mengembang.

Ini bukan pertama kalinya Mazda melakukan recall atas hal ini, karena bersama dengan semua merek Jepang lain, Mazda menarik kembali beberapa modelnya akibat terdeteksi menggunakan airbag Takata yang berbahaya. Jika ditotal dengan mobil merek Jepang lainnya, total mobil yang terkena mencapai 3,4 juta unit.

mazdaspeed 6 2005

Mazda Amerika Utara sudah menginstruksikan setiap dealernya untuk memeriksa mobil konsumen yang bermasalah, dan akan dilakukan penggantian komponen secara gratis jika perlu. Apa kabar Mazda 6 dan RX-8 di sini ya? Jangan-jangan harusnya kena recall juga?Tapi ingat, model Mazda SkyActiv sekarang juga sempat di-recall gara-gara masalah airbag Takata, semisal Mazda 3 yang tidak dijual di sini. Bagaimana opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    ai takata, ai takata, ai takata DEAD! :V

  • njk888 nik

    Iya, dan di Indonesia, kagak ada recall meski udah jelas airbag Takata banyak di pakai di mobil Jepang di sini. Ampun deh. Jadi bom waktu.

  • M.U.Fathurrohman

    Itu hyundai sonata sama tiburon