#10YearsChallenge : 7 Mobil Berusia 10 Tahun Yang Tinggal Kenangan

by  in Berita&Chevrolet&Ford
#10YearsChallenge : 7 Mobil Berusia 10 Tahun Yang Tinggal Kenangan
0  komentar

AutonetMagz.com – Demam challenge yang bernama #10YearsChallenge tengah menjamur saat ini. Dan kami pun tentunya tak mau ketinggalan untuk merespon challenge yang viral ini. Namun tentunya kami akan membuatnya sesuai dengan patron yang ada di dalam redaksi AutonetMagz, yaitu Serba 7. Yap, kali ini kami akan membahas 7 buah mobil yang sudah berusia 10 tahun lamanya, alias mobil – mobil tersebut dijual barunya di tahun 2009 silam. Namun, sayangnya, mobil – mobil tersebut telah dihentikan eksistensinya.

Mulai dari tak dijualnya suksesor dari mobil – mobil ini di Indonesia, hingga disuntik matinya sang mobil karena berbagai hal. Nah, kami sendiri menghimpun beberapa mobil dan secara total ada 14 mobil yang kami dapati cukup menarik. Namun karena patron yang biasa kami pakai adalah 7 poin, maka kami akan pilih 7 mobil yang eksistensinya cukup dekat dengan masyarakat. Lantas, mobil apa saja yang akan kami masukkan dalam #10YearsChallenge versi AutonetMagz? Yuk mulai dengan nomor 1.

1. Honda Freed

Yap, mobil ini adalah mobil yang kami masukkan di urutan pertama. Mengapa? Karena di tahun 2009 adalah tahun kelahiran dari MPV berpintu geser elektrik milik Honda ini. Pada bulan ketiga tahun 2009, pihak Honda memperkenalkan Honda Freed dengan mengusung mesin 1.500cc i-VTEC dan dirakit lokal di Indonesia. Di awal kemunculannya, Honda Freed berhasil memikat banyak konsumen untuk meminangnya. Hal ini bisa dipastikan dengan banyaknya MPV mungil ini di jalanan Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Nah, di tahun 2019 ini sejatinya Honda Freed masih diproduksi, namun tak lagi dijual di Indonesia. Sayang sekali.

2. Suzuki Swift

Masih dari pabrikan asal Jepang, kali ini kami mengambil kandidat dari Suzuki, lebih tepatnya adalah Suzuki Swift. Hadir di Indonesia pada awal 2000-an, mobil ini menjadi opsi antimainstream bagi mereka yang tak ingin meminang Honda Jazz ataupun Toyota Yaris. Bentuk dari small hatchback milik Suzuki ini juga cukup ringkas dan kompak, dengan tampang perawakan ala – ala Mini Cooper. Nah, Suzuki Swift yang dipasarkan di Indonesia sejatinya cukup sukses, bahkan generasi berikutnya juga diluncurkan di tanah air. Sayangnya, posisi dari mobil ini digeser oleh Suzuki Baleno, padahal Suzuki Swift generasi terbaru masih dijual di luar Negeri.

3. Mitsubishi Lancer EX

Nah, mobil ketiga tentunya menjadi salah satu opsi yang paling murce untuk mereka yang ingin tampil ala mobil sport. Yap, Mitsubishi Lancer EX yang memiliki tampang mirip – mirip dengan Mitsubishi Lancer Evolution adalah salah satu mobil yang menarik di jamannya. Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek untuk mengubah mobil ini menjadi Mitsubishi Lancer Evolution, dalam hal tampilan saja tapi. Sayangnya, pihak Mitsubishi sudah tak melanjutkan eksistensi mobil yang di luar negeri bernama Mitsubishi Galant Fortis ini. Pun begitu dengan versi buasnya, Mitsubishi Lancer Evolution.

4. Nissan Livina ( 5 Seater )

Masih belum lepas dari pabrikan asal Jepang, pihak Nissan dahulu punya rival yang cukup sepadan untuk Honda Jazz, Toyota Yaris dan juga Suzuki Swift. Yap, adalah sosok Nissan Livina, yang tanpa embel – embel ‘Grand’. Nissan Livina hadir dengan bentuk yang lebih berasa MPV, namun punya dimensi yang kurang lebih dengan rival di segmen small hatchback. Di versi terbaru yang menggunakan mesin Dual CVTC dan transmisi CVT, sejatinya pihak NMI masih sempat memproduksi Nissan Livina. Hanya saja, eksistensinya memudar tak lama setelahnya. Kini, tongkat estafetnya dilanjutkan oleh Nissan March bermesin 1.500cc yang nampaknya juga tak lebih baik dari Nissan Livina.

5. Ford Everest

Untuk posisi berikutnya kita akan membahas mobil asal Amerika Serikat, Ford. Ford pernah berjaya di Indonesia dengan Ford Ranger-nya, namun kali ini kandidat kami jatuhkan pada Ford Everest. Hadir sebelum Mitsubishi memperkenalkan Pajero Sport dan Toyota memperkenalkan Fortuner, Ford Everest menjadi salah satu SUV yang menarik untuk dilirik. Dengan kaki – kaki yang cukup tangguh, dan mesin diesel yang bertenaga, plus perawakan yang kelewat bongsor, Ford Everest menjadi opsi yang mumpuni untuk mereka yang ogah naik double cabin, namun harus mengadapi medan yang kurang bersahabat. SUV ini ikut hilang dengan hengkangnya Ford dari Indonesia beberapa tahun lalu, sayang.

6. Hyundai Trajet

Merk Jepang sudah, merk Amerika sudah, kini saatnya kami bergeser ke merk asal Negeri Ginseng, Korea Selatan. Yap, adalah Hyundai Trajet yang kami masukkan dalam kandidat kali ini. Hadir sebagai penantang Toyota Innova, Hyundai Trajet memberikan tawaran menarik dengan versi 7 seater miliknya dengan kursi tengah captain seat. Selain itu, mobil ini juga unggul dalam hal ruang, berkat bentuknya yang memang bongsor. Selain itu, suspensi mobil ini juga cukup nyaman dengan beberapa komponen pendukung kemewahan seperti adanya sunroof. Sayangnya, mobil ini tak dilanjutkan eksistensinya, dan tak ada penerusnya.

7. Mazda CX-7

Dan kandidat terakhir yang akan kami bahas kali ini adalah Mazda CX-7. Mazda CX-7 adalah generasi awal dari klan CX milik pabrikan asal Jepang ini. Kala itu, Mazda CX-7 terlihat cukup menonjol dengan beberapa bagian body yang mirip dengan mobil Sport Mazda, Mazda RX-8. Tampang depannya bak sebuah Mazda RX-8 yang dijejali steroid dan menjadi sebuah SUV. Sayang beribu sayang, Mazda CX-7 harus mengakui bahwa sang adik yaitu Mazda CX-5 harus hadir dan menggantikan posisinya. Bahkan, jika sebelumnya banyak anggapan bahwa Mazda CX-7 akan ‘reborn‘ menjadi versi 7 seater dari Mazda CX-5 pun harus pupus dengan munculnya Mazda CX-8.

Kandidat Lainnya

Seperti yang kami sebutkan di awal, selain ketujuh produk ini masih ada 7 produk lain yang menurut kami cukup menarik untuk mobil yang berusia 10 tahun dan sudah tidak dijual lagi. Pertama, ada sosok Suzuki Grand Vitara yang baru disuntik mati tahun lalu, berikutnya ada Ford Escape yang dahulu senantiasa menjadi rival dari Honda CR-V dan Nissan X-trail. Lantas, ada juga duet Chevrolet Optra dan Chevrolet Estate yang sejatinya cukup menarik di jamannya, dan di segmen hatchback ada sosok Chevy Aveo. Sisanya adalah MPV keren milik Mitsubishi, yaitu Mitsubishi Grandis, dan compact hatchback milik Nissan, yaitu Nissan Latio.

Nah, jadi bagaimana menurut kalian, kawan?? Tertarik meminang unit seken dari salah satu mobil diatas? Nah kalau versi kalian bagaimana? Ada yang mau kalian tambahkan dari list di atas? Yuk sampaikan komentar kalian.

Read Prev:
Read Next: