Spesifikasi Porsche Taycan : Tenaga 600 HP, Jarak Tempuh 500 Kilometer

by  in International&Porsche
Spesifikasi Porsche Taycan : Tenaga 600 HP, Jarak Tempuh 500 Kilometer
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat rasanya saat Porsche meresmikan nama mobil listrik mereka. Nama Mission-E sudah keren, tapi entah kenapa namanya diganti jadi Taycan. Mirip nama sate ya, tapi Porsche sudah bilang kalau Taycan berasal dari bahasa Turki yang berarti kuda muda yang penuh semangat. Urusan semangat, nampaknya Porsche juga semangat untuk segera mematangkan Taycan untuk segera lahir ke dunia.

Melalui sebuah rilis, Porsche sudah mengonfirmasi beberapa detil teknis soal Porsche Taycan. Soal konstruksi, ia akan pakai platform baru yang didesain khusus untuk mobil listrik yang berkode J1. Baterai akan dipasang di dalam wheelbase, dan Taycan pakai 2 motor listrik, satu buat as roda depan dan satu lagi buat as roda belakang. Saat digabungkan, paling tidak tenaga 600 hp sudah bisa dicetak resmi di atas kertas data Taycan, dan itu lebih besar daripada sebuah 911 Turbo.

Saat diajak berlari, klaim akselerasi 0-100 adalah 3,5 detik sementara untuk 0-200 kurang dari 12 detik. Menurut Porsche, kunci dari tenaga Porsche Taycan terletak pada sistem PSM. Bukan, bukan Porsche Stability Management seperti di Porsche biasa, tapi Permanently Synchronous Motors yang mereka pinjam dari teknologi 919 Hybrid. Jika ditanya soal jarak tempuh, Porsche yakin Taycan bisa berjalan sejauh 500 km sebelum harus diisi ulang dayanya.

Baterai Porsche Taycan akan dirancang untuk bisa diisi daya secara cepat alias fast charging. Jika dihubungkan dengan fast charging dari charger 800 Volt, Porsche Taycan hanya perlu di-charge selama 15 menit untuk mendapat jarak tempuh 400 km. Akan tetapi, Taycan juga kompatibel dengan charger 400 Volt andai tidak ada charger 800 Volt. Oh ya, sudah ada ratusan prototipe Taycan diuji di seluruh dunia untuk pengumpulan data.

Dari ratusan unit prototipe, ada 21 unit Taycan yang dites di bagian selatan Afrika Selatan. Di sana, sekitar 60 peneliti akan mengujinya sepanjang 40.000 km. Porsche Taycan akan sedikit lebih besar dari 911, tapi tidak sebesar Panamera. Porsche ingin bisa membuat 20.000 Taycan per tahun, tapi itu berarti jalur produksi di pabrik mereka harus selesai lebih cepat tanpa mengganggu proses pembuatan Porsche lain seperti 911 dan 718. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: