Yuk, Simak Hasil Crash Test Internal Mitsubishi Xpander!

0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan sulap, bukan sihir, Mitsubishi Xpander yang merupakan pujaan baru di dunia otomotif Indonesia ternyata sudah melakukan prosesi uji tabrak. Akan tetapi, tolong catat baik-baik bahwa uji tabrak ini bukanlah dilakukan oleh pihak ASEAN NCAP, Global NCAP maupun Japan NCAP, melainkan dari pihak Mitsubishi sendiri, alias tes internal.

Jangan salah,sebab sudah layak dan sepantasnya pabrikan mobil punya fasilitas uji layaknya NCAP. Satu hal yang kami tidak ketahui, apakah parameter dan kondisi yang diberikan kepada mobil itu sama dengan yang dilakukan di penilaian NCAP? Video diatas menunjukkan bahwa dari serangkaian test tersebut, disertakan pula analisa dari dummy dan struktur rangka Xpander.

Kami menduga pada uji ini Mitsubishi lebih concern terhadap kekokohan bodi dan impact terhadap pedestrian, bukan kepada kecacatan kepada pedestrian maupun penumpang di dalam. Tapi kami cukup mengapresiasi karena Mitsubishi setidaknya melakukan uji tabrak belakang, meskipun tidak terlihat lengkap bagaimana impact dari whiplash injury-nya.

Sejauh yang kami tahu, Volvo adalah satu dari sedikit yang selalu menaruh perhatian lebih terhadap hasil impact tabrak belakang. Selain itu sekilas pandang dari video tersebut, bisa disimpulkan Xpander memiliki struktur yang lumayan kokoh, dalam artian pilar A tidak tertekuk dan rasanya pintu mobil masih dapat dibuka setelah accident.Good job Mitsubishi.

Namun, sekali lagi karena parameter kecepatan dan proteksi lainnya tidak diketahui, video ini hanya dapat memberi gambaran kasar saja. Semoga ke depannya mobil ini segera di tes secara resmi oleh ASEAN NCAP atau sejenisnya. Ngomong-ngomong soal Xpander, meskipun rencana awalnya hanya akan dijual sebatas Asia, terutama Asia Tenggara, rupanya kini ia berminat untuk expand ke Timur Tengah, Mesir dan juga Bolivia.

Kalau begini sih sebaiknya jadikan saja model global untuk seluruh dunia, sesuai namanya ‘expand’, sehingga R&D-nya bisa lebih serius dan syukur-syukur di test di Euro NCAP yang ketat urusan keselamatan. Sudah bukan eranya bikin mobil murah dan kejar omset, semoga pabrikan mobil di Indonesia bisa lebih waras ya masalah keselamatan. Bagaimana menurut kalian terkait keselamatan di Xpander ini? Smapaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: