Lancia Delta Integrale, Sang Legenda Reli Dikabarkan Akan Lahir Kembali

by  in Berita&International
Lancia Delta Integrale, Sang Legenda Reli Dikabarkan Akan Lahir Kembali
0  komentar
lancia-delta-hf-integrale

AutonetMagz.com – Ada yang suka nonton balapan reli jaman dulu? Di samping nama-nama terkenal seperti Mitsubishi Lancer Evolution, Subaru Impreza WRX, Toyota Celica GT4, Peugeot 206, CItroen Xsara dan Ford Focus, ada sejumlah mobil reli legendaris hebat yang haram untuk dilupakan. Di antaranya adalah Peugeot 205 T16, Audi Quattro S1 dan Lancia Delta HF Integrale. Nah, semua mobil ini sekarang sudah tak dibuat lagi dan kini jadi pajangan di museum atau barang koleksi pribadi.

Tapi kali ini hanya Lancia Delta Integrale saja yang akan kami bahas. Pihak manajemen di markas Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) rupanya sedang mempertimbangkan untuk melahirkan kembali nama Lancia Delta Integrale untuk dijual kembali di pasaran. Mantap! Sekedar info, foto di bawah ini adalah foto Lancia Delta modern – Lancia Delta saja, tanpa Integrale.

lancia-delta

Menurut Autocar, ada dorongan kuat dari sejumlah pihak untuk mengembalikan nama Lancia Delta Integrale yang legendaris, meski sampai saat ini kabar tentang diskusi tahap-tahap pengembalian salah satu mobil reli legendaris di Group A ini masih ditutup rapat-rapat. Memang sih, Lancia Delta terakhir masih ada tahun 2009, tapi bentuknya nggak banget kalau mau ngaku-ngaku sebagai mobil reli.

lancia-delta-hf-integrale-4wd

Kepala FCA sendiri, yakni Sergio Marchionne sendiri tidak terlalu menyukai merek Lancia yang sekarang sudah ’hidup segan, mati tak mau’. Ia lebih suka memperbaiki citra merek Alfa Romeo dengan membuat model-model seperti 4C, Giuiletta dan Giulia. Masih dari sumber yang sama, Marchionne seolah menganggap kalau Lancia adalah merek yang jadi anak bawang sehingga tak perlu diurus terlalu serius.

lancia-delta-hf-integrale-evo

Akan tetapi, anggota FCA yang lain tidak begitu sepakat kalau merek Lancia akan dibiarkan begitu saja. Soalnya meski sekarang mereknya tidak terlalu bernilai, tapi nama Lancia Delta Integrale sangat bernilai dan prestisius bagi mereka. Apalagi jika mengingat Tipo 831 Delta yang memenangkan 46 balapan individual di WRC dan enam gelar produsen berturut-turut dalam masa kejayaannya.

lancia-delta-hf-integrale-group-a

Jika dibandingkan dengan Lancia yang sekarang, usaha FCA untuk mengangkat nama Lancia menjadi merek mewah di Eropa tak bisa dibilang berhasil. Kalau Lancia Delta Integrale baru benar-benar jadi dibuat lagi, para engineer FCA harus bisa meraciknya dengan benar agar brand image mereka terangkat. Masa mau meniru Datsun yang dulunya brand mobil reli dan mobil sport terkenal tapi sekarang malah jadi merek mobil LCGC yang murah? Malu sama Datsun jadul.

Bagaimana opinimu tentang rencana kembalinya Lancia Delta Integrale ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Oki Ngew

    Jadi keinget main sega rally jaman kelas 3 sd dulu (padahal sekarang gw baru 17 tahun)

  • Ardhie Yoodha

    Coba rally pake toyota baru ini..

    • farid

      Itu toyota land cruiser facelift terbaru yang akan diluncurkan nanti ya,BTW itu lokasi fotonya dimana?

  • ekkyfir

    Bentuk lancia delta yg modern kok lebih mirip mobil yg mengarah kemewaan ya….
    Ga kaya delta integrale yg lama, gua masih suka yg lama model nya kekal, masih enak diliat

  • Taoeviq

    nih lancia dulu teknologinya udh gabungan supercharge & turbo jd 1 kan? bener2 mobil legend nih mobil

  • siswanto18

    pertama liat lancia delta WRC, keren abissss. begitu scroll kebawah liat yg coklat, rasanya howek buanget. jadi ngak selera baca artikelnya. wkwkwkwkwkwkw peace RIO

  • ヒルゼン

    pernah nyobain mobil ini mah…

    di most wanted 2012 :v