Yamaha Grand Filano Hybrid Meluncur di Thailand, Cuma 26 Jutaan

Yamaha Grand Filano Hybrid Meluncur di Thailand, Cuma 26 Jutaan
0  komentar

AutonetMagz.com – Kiprah dari Honda sebagai pelopor motor hybrid nampaknya akan segera tersusul oleh rival abadinya, yaitu Yamaha. Yap, pasca tahun 2017 kemarin pihak Honda memperkenalkan Honda PCX Hybrid, dan disusul perkenalannya di Indonesia tahun ini, pihak Yamaha juga tak mau kalah dengan memperkenalkan sosok dari Yamaha Grand Filano Hybrid di Thailand baru – baru ini. Seperti apa motornya? cekidot.

Yamaha Grand Filano Hybrid sendiri adalah varian baru dari Yamaha Grand Filano di Thailand. Motor ini mendapatkan ubahan yang signifikan di sisi mesin, dimana mesin 125cc Blue Core EFI yang digunakannya juga dipadukan dengan Smart Motor Generator, sehingga membuat motor ini layak menyandang status motor hybrid. Motor ini sendiri dijual dalam dua opsi, dimana salah satunya menggunakan sistem pengereman ABS sedangkan opsi lain tidak. Yamaha Grand Filano Hybrid sendiri dijual di Thailand dengan banderol 62.000 Bath alias 26,7 juta Rupiah, kok murah? Nah, hal ini masih menjadi misteri. Dengan penggunaan Smart Motor Generator di Yamaha Grand Filano Hybrid, pihak Yamaha mengklaim bahwa motor ini memiliki tambahan tenaga namun juga lebih irit.

Beberapa fitur pun masih disematkan di Yamaha Grand Filano Hybrid ini, seperti sistem start stopkeyless start, lampu full LED, dan juga charging socker 12V. Untuk kompartemen di bawah jok sendiri ukurannya masih sangat lega dengan volume 27 liter, sedangkan panel instrumen dari motor ini juga menggunakan panel digital. Secara umum, sosoknya tak banyak berbeda dibandingkan dengan Yamaha Grand Filano yang sempat masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu. Dengan terjunnya Yamaha ke segmen motor hybrid, maka hal ini menandakan bahwa pabrikan – pabrikan roda dua juga mulai bergerak untuk ikut serta dalam arus elektrivikasi yang mulai mewarnai belantika otomotif dunia. Namun yang paling menarik dari motor ini adalah banderolnya.

Yap, banderol dari Yamaha Grand Filano Hybrid nampak cukup kontras jikalau dibandingkan dengan banderol Honda PCX Hybrid di Indonesia yang mencapai 40 jutaan Rupiah. Pertanyaannya, apakah pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ingin berjudi dengan memasukkan Yamaha Grand Filano Hybrid ke Indonesia sebagai motor hybrid pertama mereka di tanah air? Bisa iya, bisa tidak, karena pasti akan ada kenaikan harga yang berasal dari status motor yang CBU Thailand. Namun kans untuk membawa Yamaha Grand Filano Hybrid sendiri sejatinya masih ada, walaupun nampaknya pihak YIMM harus berhati – hati dan melihat tren terlebih dahulu dari motor hybrid milik Honda. Jangan sampai mereka mengulangi kesalahan yang terjadi saat YIMM membawa Yamaha Lexam dan AHM membawa Honda Revo AT.

Nah, kalau menurut kalian bagaimana? Seberapa besar peluang pihak Yamaha untuk membawa Yamaha Grand Filano Hybrid ke tanah air? Atau lebih baik YIMM mengembangkan Yamaha N-Max Hybrid dengan teknologi yang ada di motor ini? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: