Yamaha Jatim Bagikan Tips Irit Berkendara Pakai Skutik, Ternyata Gampang!

by  in Berita&Merek Motor&Regional
Yamaha Jatim Bagikan Tips Irit Berkendara Pakai Skutik, Ternyata Gampang!
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian tipikal pengendara yang cukup memperhatikan konsumsi BBM? Atau kalian tipikal yang masa bodo dengan konsumsi BBM? Memang ada 2 model pengguna motor di dunia ini. Nah, konsumsi BBM sendiri kadang memang menjadi aspek yang cukup penting, apalagi kalau kalian sering bermobilisasi setiap harinya. Makin boros, maka tentunya makin banyak pengeluaran yang kalian harus bayarkan. Oleh karenanya, Yamaha Jatim membagikan sejumlah tips untuk berkendara irit bahan bakar, utamanya saat kalian menggunakan motor matik alias skutik. Yuk kita bahas.

Skutik = Boros, Masa Sih?

Sebelum membahas mengenai tips yang berkendara irit bahan bakar, ada sebuah stigma negatif yang dahulu berkembang terkait motor matik atau skutik. Kalau kalian ingat, dahulu skuti atau motor matik sangat identik dengan boros BBM, apalagi saat dibandingkan dengan motor cub alias bebek. Dan nyatanya, kala itu memang fakta berkata demikian. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, teknologi mesin pun jauh berkembang dan kini motor matik tidak bisa dikatakan selalu lebih boros. Malahan, dengan teknologi baru dan gaya berkendara yang benar, motor matik bisa menghasilkan konsumsi BBM yang irit. Nah, oleh karenanya, Pihak STSJ atau Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha di Jawa Timur membagikan sejumlah tips dan trik dengan memanfaatkan teknologi yang ada di skutik – skutik modern. Tips dan trik ini juga cukup general, jadi bisa kalian manfaatkan juga di skutik lain selama memiliki fitur yang mirip atau sama.

Ilham Wahyudi GM Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) memberikan beberapa tips agar kita bisa menghemat konsumsi BBM saat berkendara dengan skutik. “Sebaiknya perhatikan cara berkendara, kurangi menekan tuas rem. Maksudnya, rem hanya digunakan saat diperlukan saja. Karena kebanyakan konsumen masih menekan tuas rem saat berkendara, dan ini bisa membuat konsumsi BBM jadi boros,” ungkapnya. Yap, ini adalah salah satu prinsip penting dalam eco riding. Mengapa? Karena mengerem berarti membuang energi yang sudah dikeluarkan oleh motor untuk melaju. Lalu, apakah artinya kita harus menghindari penggunaan rem? Eits, tentu tidak, itu berbahaya. Artinya, kita harus bisa mengendalikan kendaraan sestabil mungkin. Hindari rem mendadak atau menambah kecepatan mendadak yang akhirnya membuat kendaraan tidak stabil. Jika kalian bisa berkendara konstan, maka kalian bisa merencanakan deselerasi atau pengereman dengan baik. Artinya, kalian tidka perlu gas / rem yang tidak diperlukan saat melaju konstan.

Manfaatkan Teknologi Yang Ada

Berikutnya, STSJ juga menyarankan supaya kita memaksimalkan teknologi yang sudah diberikan untuk motor – motor matik. “Yamaha Gear 125 sudah dilengkapi dengan fitur ECO indicator, jadi konsumen bisa melihat penggunaan bahan bakar lebih irit jika indikator ECO menyala,” tambah Ilham lagi. Adapun fitur lain yang dimiliki Yamaha Gear 125 adalah Smart Motor Generator dan Start Stop System yang tak hanya membuat nyaman konsumen saat berkendara, namun juga berguna untuk menekan konsumsi BBM. Contohnya, saat kalian berhenti di persimpangan jalan yang cukup lama, maka mesin akan otomatis mati. Mengapa? Karena mesin yang idle juga tetap memakan bensin. Jadi, dengan mematikan mesin lewat fitur yang tersedia akan membuat konsumsi BBM jadi lebih irit. Memang tidak signifikan, namun tetap lumayan. Dan yang terpenting, eco indikator akan menjadi acuan yang sangat membantu untuk berkendara dengan gaya eco riding. Jadi, kalian bisa berkendara eco walaupun belum pernah mendapatkan pelatihan berkendara eco. Lumayan kan?

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: