Wuling Almaz Akan Gunakan Mesin Diesel 2.000cc, Tapi di India

Wuling Almaz Akan Gunakan Mesin Diesel 2.000cc, Tapi di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Minggu ini ada sebuah agenda yang cukup penting bagi merk Wuling di Indonesia, dan agenda tersebut adalah pengumuman resmi harga dari SUV Turbo baru mereka, Wuling Almaz. Nah, selain harga, seluruh detail dari Wuling Almaz sudah kita ketahui, bahkan unit mobil dari Wuling Almaz juga sudah disebar ke mall – mall untuk dipamerkan. Nah, kabarnya Wuling Almaz juga akan mendapatkan versi mesin diesel 2.000cc, namun untuk pasar India ya, bukan Indonesia.

Informasi ini kami kutip via Auto Car India, dimana Wuling Almaz alias MG Hector yang sudah beberapa kali tercyduk sedang diuji jalan perlahan mulai terbuka informasinya. Selain mesin 1.500cc Turbo seperti milik Wuling Almaz, SUV yang aslinya adalah Baojun 530 ini akan mendapatkan satu versi mesin lain yang menarik. Versi mesin yang kami maksud adalah versi mesin diesel. Yap, nampaknya MG Hector akan menjadi produk pertama diantara Baojun 530, Chevy Captiva, dan Wuling Almaz yang akan menggunakan mesin berbahan bakar solar tersebut.

Nah, mesin diesel yang digunakan sendiri adalah lansiran FCA, yaitu mesin diesel Multijet II turunan seri JTD berkubikasi 2.000cc yang merupakan hasil tangan FCA dan GM. Mesin ini sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 2008 silam, dan banyak digunakan di beberapa produk lain seperti Tata Harrier, Jeep Compass, Suzuki SX-4, Jeep Renegade, dan Chevy Cruze. Nah, di India, Tata Harrier dan Jeep Compass sudah menggunakan mesin serupa, dan jika melihat ke spesifikasi yang diusungnya, besar kemungkinan Wuling Almaz Diesel versi India ini akan memiliki tenaga 173 PS dan torsi 350 Nm,

Sayangnya, mesin diesel tersebut agak kurang ramah dengan kaki kiri, karena kabarnya hanya tersedia dalam varian 3 pedal saja. Berhubung mesin yang digunakan adalah mesin milik merk lain, kami agak sangsi pihak MG akan menyediakan transmisi otomatis khusus untuk MG Hector Diesel, kecuali melakukan konversi dari transmisi manual menjadi AMT. Lantas, apakah ada peluang pihak Wuling untuk membawa Wuling Almaz versi mesin diesel? Kalau peluang nampaknya selalu saja ada, namun pasarnya belum tentu.

Nampaknya pihak SGMW Motor Indonesia selaku APM Wuling di Indonesia akan fokus terlebih dahulu pada Wuling Almaz bermesin turbo, sembari melihat perkembangan pasar untuk menghadirkan versi 7 seater-nya. Untuk mesin diesel? Nampaknya kita kudu bersabar terlebih dahulu. Jadi, bagaimana menurut kalian? Kalau kalian lebih suka Wuling Almaz versi diesel dihadirkan atau tidak? Oiya, selain itu, Wuling Almaz versi India versi mesin 1.500cc Turbo nggak bakal pakai CVT lho, tapi pakai DCT.

Read Prev:
Read Next: