WISE : Cara Wuling Tanamkan Internet & ADAS ke Mobil Mereka

by  in Berita&Hi-Tech&Merek Mobil
WISE : Cara Wuling Tanamkan Internet & ADAS ke Mobil Mereka
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa Wuling Motors Indonesia memiliki sebuah teknologi yang sangat mereka banggakan, yaitu WIND. WIND sendiri adalah teknologi voice recognition berbahasa Indonesia yang memang menunjukkan peforma bagus dan juga diluar dugaan kami. Nah, ternyata Wuling tidak berhenti berinovasi pasca mereka merilis WIND. Untuk menemani WIND, kini Wuling merilis sebuah teknologi baru yang bernama Wuling Interconnected Smart Ecosystem, atau akan kita kenal dengan nama WISE. Cekidot.

ADAS ala Mobil Mevvah

Kalau kita pahami secara harafiah, akronim dari WISE sendiri menunjukkan bahwa teknologi ini adalah ekosistem pintar yang saling terhubung. Saling terhubung? Apa dengan apa? dan lewat apa? Mudah saja, WISE akan menghubungkan mobil Wuling dengan penggunanya (Smartphone) melalui sambungan internet. Selain itu, WISE juga membuka jalan bagi jajaran mobil Wuling untuk mendapatkan teknologi keselamatan canggih alias Advance Driver Assistance System (ADAS). Nah, dengan WISE, mobil – mobil Wuling di masa depan akan diperlengkapi dengan sistem kekinian yang saat ini kebanyakan hanya ada di jajaran mobil menengah ke atas.

Jajaran sistem ADAS yang ditawarkan oleh Wuling dengan WISE antara lain adalah kategori Adaptive Cruise Control (ACC) yang ditemani oleh 3 fitur lain. Ketiga fitur itu adalah Bend Cruise Assistance (BCA) yang akan mengurangi kecepatan secara otomatis saat mobil menikung. Fitur lainnya yang menemani ACC adalah Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Cruise Assistance. Kedua fitur itu akan membantu pengguna untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain dalam kondisi jalan yang padat maupun lengang. Selain kategori ACC, WISE juga memiliki kategori Lane Recognition yang berisikan fitur Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Yap, mobil dengan sistem ini akan kembali ke jalur aman kalau melewati marka tanpa lampu sein, autonomously.

Kategori berikutnya dari ADAS di dalam WISE adalah Safe Distance & Braking Assistance. Dalam kategori ini, ada fitur menarique macam Forward Collision Warning System (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Collision Mitigation System(CMS), dan safe Distance Warning (SDW). Oiya, fitur lain yang masuk dalam kategori ini adalah Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) yang bertugas menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis tergantung kondisi sekitar. Jadi, kalau mobil akan menabrak dan pengemudi tidak mengerem terlalu dalam, sistem ini akan menanganinya.

Konsep Internet Car

Kategori terakhir dalam ADAS dalam sistem WISE adalah automatic light yang berisikan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Tentunya kalian tahu fungsi fitur ini yaitu mengatur ketinggian lampu secara otomatis berdasarkan kondisi sekitar. Sudah cukup dengan sistem ADAS, kita geser ke bagian internet car dari sistem WISE. Dengan WISE, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil. Pertama, sistem bisa memberikan posisi terkini dari kendaraan pada smartphone pengguna. Kedua, adalah vehicle remote control yang akan berfungsin menyalakan mesin, mendinginkan suhu kabin, hingga membuka atau menutup jendela dan kunci mobil, nice.

Fungsi ketiga adalah Geo Fencing Security yang akan berfungsi sebagai ‘pagar elektronik’ bagi kendaraan. Jadi, kalau kendaraan berada di luar radius yang ditetapkan, akan ada notifikasi khusus ke smartphone pengguna. Dan terakhir, ada online navigation, online music, dan internet messaging app yang kesemuanya terhubung ke WIND. “Sebagai wujud komitmen kami untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi Indonesia dan sejalan dengan semangat Drive For A Better Life, maka kali ini kami hadirkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE.” terang Yin Yi, Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Dengan adanya teknologi ini, kami berharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era mobilitas modern dan menyajikan kemudahan dalam berkendara di masa mendatang,” tambahnya. “WISE mendukung kebiasaan berkendara yang aman dan bertanggung jawab melalui kehadiran ADAS. Kami berharap, dengan adanya inovasi ini, pengguna dapat semakin mudah berkendara di berbagai kondisi. Seluruh fitur dalam ADAS ini mampu meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors. Nah, pertanyaan pamungkasnya, teknologi ini akan dipasangkan ke mobil apa? Dugaan kami mengarah ke Wuling Almaz.

Apalagi konsep Internet Car juga sudah ditanamkan di kembaran Almaz, yaitu MG Hector. Dan kemunculan WISE ini membuka jalan bagi jajaran produk Wuling lain untuk masuk ke pasar Indonesia secara full spec. Apalagi kalau bukan Wuling Victory. Jadi, apa pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: