Wih, Suzuki Ertiga Facelift Versi India Bakal Dapat Mesin Diesel Hybrid SHVS!

Wih, Suzuki Ertiga Facelift Versi India Bakal Dapat Mesin Diesel Hybrid SHVS!
0  komentar

Ertiga diesel mild hybrid SHVSAutonetMagz.com – Beberapa waktu terakhir, kami sempat mengadakan diskusi dengan para pembaca kami mengenai Suzuki Ertiga facelift. Rata-rata banyak yang kecewa, karena di saat rivalnya upgrade ia malah downgrade, apalagi fitur vital untuk keselamatan semisal ABS sekarang sudah tidak ada lagi. Bahkan pembaca kami yang amat-sangat penasaran sampai bertanya ke official page Suzuki Indonesia soal absennya ABS pada Ertiga, dan adminnya menjawab,”Teknologi pengereman pada Suzuki Ertiga sangat bisa diandalkan, New Ertiga saat ini tidak mengadopsi ABS.”

Makin miris lagi kalau kita melihat spesifikasi Suzuki Ertiga facelift milik negara lain, India misalnya. Maksud kami di sini bukan fitur ABS, tapi lebih merujuk kepada mesinnya. Di sana, Ertiga memang belum diluncurkan untuk versi facelift-nya, tapi website Carsizzler sudah mendapat bocoran kalau Ertiga versi diesel akan mendapatkan sistem mild hybrid SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Wih, Low MPV hybrid!

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

Perlu diingat, kami ketik mild hybrid karena sistem hybrid-nya beda dengan full hybrid semisal Toyota Camry Hybrid atau Nissan X-Trail Hybrid. Sistem ini sama seperti milik sedan Suzuki Ciaz SHVS, di mana peran pembantu gerak mobil dilakukan oleh ISG (Integrated Starter Generator). Dibantu oleh aki dan baterai lithium ion, ISG akan membantu pergerakan mobil di saat akselerasi agar konsumsi BBM bisa dikurangi.

Seperti Mazda 2 SkyActiv, MINI Cooper dan Mitsubishi Delica, sistem SHVS ini bisa mematikan mesin mobil saat berhenti total dan kembali dinyalakan saat mau jalan. Baterai tidak perlu di-charge, karena energi pengereman atau saat deselerasi akan menjadi sumber energi baru bagi baterainya, khususnya untuk baterai lithium ion. Akan tetapi, tidak seperti Toyota Prius atau BMW i8 yang bisa berjalan dengan motor listriknya saja, SHVS ini tidak bisa menyuruh motor listriknya untuk menjalankan mobil sendirian.

Interior-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015

Itu sementara hanya berlaku untuk mesin diesel, sementara mesin bensinnya sama dengan Ertiga spek Indonesia, yakni mesin K14B dengan 92 PS dan 130 Nm. Pilihan transmisi juga sama, 5 speed manual atau 4 speed matik. Berharap Ertiga SHVS diesel dijual di sini? Lupakan sajalah, mengingat aturan pajak konyol negara kita tercinta dan perlakuan Suzuki belakangan ini pada produk barunya, kami jadi pesimis.

Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: