VW Tiguan Offroad Muncul di Rusia, Varian Baru Penggaruk Tanah

VW Tiguan Offroad Muncul di Rusia, Varian Baru Penggaruk Tanah
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru tadi kami membicarakan mengenai sosok SUV yang akan menjadi komoditas utama dari Volkswagen, sekarang malah muncul kabar mengenai munculnya varian baru dari VW Tiguan. Varian baru ini bernama VW Tiguan Offroad, yang akan dijual bersamaan dengan VW Tiguan standar dan VW Tiguan Allspace. Namun, sayangnya varian ini tak dipasarkan di semua negara, hanya beberapa saja. Sosok VW Tiguan yang akan kita bahas kali ini adalah unit yang sempat dipamerkan di Moscow Motor Show 2018 beberapa waktu silam. Lalu apa saja ubahan dari VW Tiguan Offroad ini? Mari kita bahas.  

Secara ekterior, ubahan yang ada di VW Tiguan Offroad ini langsung kentara. Pertama, bumper depan yang digunakan di versi ini mendapatkan sentuhan ringan denagn aksen silver di sekeliling radiator grille dan skidplate. Selain itu, velg yang digunakan pun juga baru, apalagi warnanya yang hitam glossy terlihat cukup mencolok. Velg ini berukuran 18 inci Sebring alloy, dan ada opsi 19 inci Auckland and Victoria Falls plus 20 inci Kapstadt. Di sisi samping, selain roof rail berwarna hitam dan spion berwarna senada, VW Tiguan Offroad mendapatkan side body moulding yang lebih besar dengan laburan warna hitam dan silver. Dan untuk mempertegas identitasnya, pihak Volkswagen memberikan emblem Offroad mungil di pilar B mobil ini. Pindah ke sisi belakang, ubahan di buritan dari VW Tiguan Offroad sendiri bak gabungan desain antara VW Tiguan biasa dan VW Tiguan Allspace.

Bumper belakangnya menggunakan milik VW Tiguan Allspace, namun tanpa krom. Bagian yang dilabur krom di VW Tiguan Allspace digantikan dengan aksen black chrome. Sedangkan bagian bawah dari bumper belakangnya, termasuk skidplate-nya dilabur warna silver dengan dua lubang knalpot di sisi terluar dan empat titik sensor parkir. Sisanya, VW Tiguan Offroad masih menggunakan antena model sirip hiu, dan juga rear spoiler yang sama dengan saudara – saudaranya. Masuk ke interior, VW Tiguan Offroad menggunakan bahas Austin Fabric untuk pembungkus jok-nya, dan ada beberapa bagian lain yang dilapis kulit, seperti setir dan gear knob. Masih belum selesai, pihak Volkswagen juga memberikan aksen aluminium berwarna gelap di door trim dan di area kisi AC sebelah kanan. Pedal dan footrest berbahan stainless steel juga diberikan, menemani karpet baru berbahan karet yang mudah dibersihkan.

Untuk mesin, VW Tiguan Offroad akan dijual dengan dua opsi mesin bensin berkubikasi 1.400cc bertenaga 150 PS dan 2.000cc bertenaga 180 PS. Sedangkan untuk varian bermesin diesel masih disediakan dengan unit mesin 2.000cc Turbodiesel bertenaga 150 PS. Nah, baik mesin bensin maupun mesin diesel akan ditawarkan dengan transmisi DSG dan sistem gerak 4Motion AWD sebagai standar. Cuma itu saja? Cuma aksesoris saja? Eits, tunggu dulu. Tentunya Volkswagen namanya jika hanya menambah aksesoris ini itu dan menyebut nama Offroad dari varian Tiguan produksinya ini. Pihak Volkswagen juga menambah ramp angle dari VW Tiguan Offroad hingga 24 derajat, sehingga mobil ini lebih aman ‘nanjak’ dibandingkan saudara – saudaranya. Selain itu, sistem gerak empat roda VW Tiguan Offroad juga sudah dilengkapi Active Control Feature yang memudahkan pengendara memilih mode berkendara.

Belum selesai, VW Tiguan Offroad juga mendapatkan Active Info Display digital instrument cluster, Discover Pro navigation system, “Trailer Assist” trailer manouvering system dan DCC adaptive chassis control. Mobil ini sendiri akan dijual dengan harga sekitar 710 jutaan Rupiah. Jadi bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: