Jetta VS5 SUV : Pembuktian Volkswagen Bisa Buat SUV Murah!

Jetta VS5 SUV : Pembuktian Volkswagen Bisa Buat SUV Murah!
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun 2019 ini kami sudah sempat mengabarkan bahwa pihak Volkswagen telah memperkenalkan sebuah sub brand baru dengan nama ‘Jetta’ yang bakal menjual mobil – mobil murah untuk kawasan China. Nah, kini kami akan membahas salah satu produknya, yaitu Jetta VS5 SUV. Mobil ini menjadi pembuktian pihak Volkswagen atas kemampuan mereka untuk memproduksi sebuah mobil dengan harga terjangkau.

Jadi, Jetta VS5 sendiri diproduksi oleh joint venture antara Volkswagen dan FAW di pabrik perakitan mereka di Chengdu, China. Nah, sosok Jetta VS5 sendiri sebenarnya bukanlah produk yang baru, karena sejatinya Jetta VS5 adalah versi rebadge dari Seat Ateca, terbukti dari dimensinya yang sangat mirip. Kondisi ini menimbulkan kecurigaan bahwa mobil ini juga dibangun dengan platform MQB yang juga digunakan beberapa SUV VW lainnya. Dari sisi desain, Jetta VS5 bisa dikatakan cukup cakep dan masih kental nuansa VW-nya. Lampu depannya cukup besar dan mengingatkan pada bentuk lampu VW Tiguan, dan T-Roc.

Grille-nya berlapis krom dan dibuat dengan ornamen berbentuk jajar genjang. Bumpernya cenderung sporty dengan LED DRL dan tarikan garis yang tegas, serta skid plate berwarna silvernya. Dari sisi samping, mobil ini menggunakan velg degan ukuran yang pas dan bentuk yang cantik serta sudah dilabur dual tone. Aksen berwarna hitam ala SUV pun hanya ada di side skirt, bumper depan dan belakang, sedangkan fender-nya dibuat sewarna body. Handle pintu berlapis krom segaris, dan ada krom yang membingkai garis jendelanya. Pindah ke sisi belakang, Jetta VS5 memiliki lampu belakang yang cantik dengan detail aksen ala huruf ‘Y’.

Bumper belakangnya didominasi dengan warna hitam, walau aksen silver di buritannya agak overkill. Secara keseluruhan, mobil ini masih cantik menurut kami, dan tak berasa mobil China. Di sisi dapur pacu, Jetta VS5 diperlengkapi dengan mesin EA211 berkubikasi 1.400cc Turbo yang memiliki tenaga 150 PS dan torsi 250 Nm. Mobil ini dijual dalam 2 varian transmisi, anual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Menariknya, untuk transmisi otomatisnya disuplai oleh Aisin Seiki, tidak menggunakan DSG milik VW, tentu alasannya supaya harganya bisa lebih murce.

Lalu, dengan semua yang ditawarkan tersebut, berapa harga Jetta VS5? Jangan kaget, karena harga SUV turunan VW ini dimulai dari 89.800 Yuan, atau setara 183 jutaan Rupiah. Sedangkan trim termahalnya dibanderol 119.800 Yuan atau setara 245 jutaan Rupiah. Murah? Sebagai catatan, Jetta VS5 adalah SUV hasil produksi pabrikan Jerman pertama yang dijual dengan harga dibawah 100 ribu Yuan. Nah, Jetta VS5 sendiri bakal menemui konsumennya mulai Bulan September 2019 mendatang, dan di kemudian hari bakal ditemani oleh produk lain seperti Jetta VS7 SUV (Varian 7 Seater), dan Jetta VA3 Sedan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: