Volvo Patenkan Teknologi Setir Kemudi Bergeser!

by  in Berita&Hi-Tech&Hot Stuff
Volvo Patenkan Teknologi Setir Kemudi Bergeser!
0  komentar

Autonetmagz.com – Volvo merupakan pabrikan yang dikenal dengan inovasi teknologi keselamatannya, dimana termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Namun, kali ini mereka menemukan inovasi yang jauh lebih unik dan bisa menjadi solusi Volvo untuk menghemat biaya produksi mobil right hand maupun left hand drive . Jadi apa inovasi teknologi yang telah mereka patenkan? Yuk kita bahas.

Teknologi yang diusulkan Volvo adalah setir kemudi yang bisa digeser dari kanan ke kiri. Jadi bagaimana cara kerjanya? Well, teknologi ini dinamakan Sliding Steer-by-Wire Steering Wheel System yang didesain untuk mobil semi autonomous. Sistem ini membiarkan konsumen untuk memindahkan posisi setir kemudi dari kanan ke kiri dengan cara menggesernya. Setirnya bergerak melalui trek yang berada didalam dashboard. Dengan adanya sistem ini, konsumen memiliki dua pilihan posisi mengemudi. Namun kalau setirnya bisa bergeser, bagaimana dengan instrument cluster-nya?

Tenang, Volvo sudah memikirkan isu tersebut karena mereka menyediakan layar yang memanjangi seluruh dashboard atau instrument cluster kecil dibelakang setirnya itu sendiri. Oke, jadi soal instrument cluster sudah terjawab, tapi sekarang bagaimana soal pedal? Patent dari Volvo menjelaskan bahwa terdapat pressure-sensitive floor panel sensors dimana teknologi ini akan mendeteksi dimana posisi setir dan akan menyala untuk memberikan fungsi pedal gas dan rem. Dalam patent tersebut juga menyatakan kalau setirnya bisa diposisikan persis ditengah, layaknya seperti mobil legendaris Mclaren F1.

Secara keseluruhan Volvo sudah beberapa langkah didepan kompetitor-kompetitornya dengan konsep ini. Tapi perlu diingat kembali bahwa teknologi ini masih memerlukan waktu yang cukup lama sebelum bisa diaplikasikan kedalam mobil produksi massal. Lantas, dengan keseriusan dari Volvo pada teknologi ini, mungkin dalam beberapa tahun ke depan teknologi ini bakal hadir di mobil-mobil mereka. Jadi, kita nantikan saja bagaimana kelanjutan dari teknologi ini.

Bagaimana menurut kalian mengenai patent dari Volvo ini? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: