Volvo Dynamic Steering Pamer Aksi di Sentul

by  in Volvo
Volvo Dynamic Steering Pamer Aksi di Sentul
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau di mobil, kita sudah lama mengenal teknologi power steering, entah itu elektonik atau hidraulik. Untuk urusan truk, Volvo melalui divisi truknya baru saja memperkenalkan penawaran terbaru di sektor setir dan pengendalian yang diklaim bisa memudahkan supir truk dalam setiap pekerjaannya, khususnya saat bermanuver dengan truk. Adalah sistem Volvo Dynamic Steering baru yang diuji di Volvo FMX di Desa Pelangi Sentul.

Sistem Volvo Dynamic Steering menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi. Melalui kontrol elektronik berisi software khusus, setir truk dapat dibuat jauh lebih mudah dikuasai. Ia membuat bobot setir menjadi enteng di kecepatan rendah, tapi juga bisa menstabilkan setir saat melaju di kecepatan tinggi sehingga truk akan tetap lurus jika driver tidak memberikan input.

Terlebih, driver dapat mengurangi effort memutar setir hingga 85% dari biasanya karena setir akan menjadi sangat ringan. Hentakan akibat lubang, jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman pun bisa diamankan dan truk tetap lurus ke arah yang dipilih pengemudi. Kasarnya, truk ini bisa dikemudikan bahkan jika setir diputar hanya dengan satu jari tangan saja.

Fungsi motor listrik adalah memberikan pengendalian yang akurat di setiap saat pengoperasian. Contohnya, ketika sensor sistem mencatat bahwa pengemudi ingin melaju lurus ke depan, maka sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi,” papar Jurn Terpstra, Managing Director Volvo Trucks Indonesia. Teknologi ini nanti akan diperkenalkan kembali di Indonesia Mining Exhibition di JIExpo Kemayoran bulan September 2019.

Untuk saat ini, sudah ada 4 truk Volvo dengan teknologi Volvo Dynamic Steering yang sudah diserahkan ke konsumen di Kalimantan. Fitur baru ini tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6×4) dan poros depan ganda (8×4), tapi belum ada untuk truk AWD. Urusan selisih harga, Volvo menjanjikan teknologi ini tidak akan terpaut terlalu jauh dibandingkan dengan model truk Volvo yang tidak pakai Volvo Dynamic Steering. Apa opinimU? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: