Volkswagen Segera Kuasai Penuh Saham Audi

by  in Audi&Berita&International
Volkswagen Segera Kuasai Penuh Saham Audi
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah lebih dari 55 tahun pihak Volkswagen AG menjadi pemilik mayoritas dari brand senegara mereka yaitu Audi. Namun, hingga detik ini, VW masih berstatus sebagai pemegang saham mayoritas saja, bukan sebaga pemilik penuh dari Audi. Walaupun begitu, dalam waktu dekat status ini sanga mungkin berubah, karena pihak VW sedang berencana untuk mengakuisisi semua saham sisa dari Audi. Mari kita bahas.

Jadi, mengutip informasi via AutoNews, saat ini Volkswagen memegang 99,64% saham milik Audi. Yap, itu memang sudah hampir 100%, namun tetap saja 0,36% saham masih menjadi milik pihak lain. Nah, pihak Volkswagen sendiri kabarnya akan membeli saham minoritas tersebut dan memiliki Audi secara penuh. “Volkswagen AG mengumumkan dan mendetailkan bahwa mereka telah menyiapkan dana untuk membeli saham dari pemegang sama minor di Audi dengan membeli sebesar 1,551.53 Euro per lembar saham Audi AG”, ujar Volkswagen kepada sumber. Sumber menyebutkan ada premi mengejutkan sebesar 48% yang akan dibayarkan pada pemegang saham minoritas.

FYI, untuk harga saham milik Audi AG ada di angka 1.050 Euro atau setara dengan 16 jutaan Rupiah. Nah, sesuai pernyataan diatas, pihak VW akan membeli saham dengan harga 1.551,53 Euro atau setara 24,6 jutaan Rupiah. Saham Audi yang beredar sendiri ada 152.749 saham, sehingga perlu biaya sekitar 237 juta Euro atau setara dengan 3,7 triliun bagi VW untuk menjadi pemilik penuh dari Audi. Kabarnya, akuisisi dari pihak Volkswagen AG akan dilaksanakan di bulan Juli ataupun Agustus 2020 ini dalam rapat tahunan Audi. Tentunya kita tunggu saja perkembangannya.

Sebelum dimiliki oleh Volkswagen AG, Audi sendiri sempat dimiliki oleh rekanan senegaranya yang lain yaitu Daimler-Benz. Sedangkan Volkswagen AG sendiri pada awalnya hanya memiliki 50% saham saja di awal mula mengakuisisi saham milik Audi. Hingga saat ini, baik Volkswagen maupun Audi sudah menorehkan banyak hal, termasuk berbagi platform dan mesin. Tentunya, dengan kepemilikan penuh atas saham Audi, Volkswagen AG bisa makin leluasa untuk menentukan arah masa depan Audi, dan juga keterhubungannya dengan jajaran merk lain di bawah naungan Volkswagen AG.

Jadi, apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: