Maserati MC20, Inilah New Normal Ala Maserati!

Maserati MC20, Inilah New Normal Ala Maserati!
0  komentar

AutonetMagz.com – Coba lihat beberapa tahun ke belakang, Maserati benar-benar seperti sedang paceklik dengan produk-produk mereka. Terlepas adanya SUV baru Maserati Levante, mobil-mobil lama Trisula Italia ini bisa dibilang sudah sangat kuno dan tak mengalami pembaruan berarti. Mulai dari Ghibli, GranTurismo hingga Quattroporte, semuanya sudah terasa ketinggalan jika dibandingkan dengan mobil sejenis, bahkan GranTurismo kini sudah resmi stop produksi.

Setelah Fiat-Chrysler Alliance yang jadi rumah Maserati melepas Ferrari dan ingin mengangkat Maserati sebagai merek eksotis mereka sekaligus keluar dari bayang-bayang Ferrari, Maserati juga sedang merancang semesta baru di dalam dirinya. Era normal baru atau new normal bagi Maserati ke depannya ditandai dengan munculnya sebuah supercar mid-engine baru. Ini dia, namanya adalah Maserati MC20.

Sejak Maserati MC12 stop produksi, memang tidak ada lagi mobil bermesin tengah baru dari Maserati hingga kita mengenal mobil ini. Kehadiran Maserati MC20 juga sebagai penanda era bahasa desain baru dari Maserari yang bisa dilihat dari mukanya.”Wajah MC20 dengan gril rendah dan lampu depan yang posisinya meninggi akan jadi bahasa desain baru kami,” kata bos departemen desain Maserati, Klaus Busse kepada Autoblog.

Selain gril dan posisi lampu, Maserati menunjuk LED DRL-nya sebagai bentuk penanda Maserati baru. Jika tidak mengetahui ukuran persisnya, susah untuk menilai apa MC20 ini mobil besar atau kecil. Apakah ia seukuran Ferrari F8 Tributo atau lebih kecil macam Porsche 718 Cayman? Entahlah, kadang foto kurang bisa menggambarkan jika tak ada patokan lain di sekitarnya, tapi pintu yang membuka ke atas sudah bisa menggambarkan kekerenannya.

Detail lain di eksterior adalah terpasangnya logo Maserati di kedua sisi kiri-kanan mobil dan desain ventilasi kaca belakang mobil yang seolah membentuk Trisula Maserati. Kami sangat suka desain pelek 20 incinya, seolah-olah hanya punya 3 palang besar. Pinggulnya terlihat melebar dari belakang, lampu belakang LED yang horizontal juga malah memperkuat kesan lebarnya itu. Sebagai hiasan kekerenan final di belakang adalah diffuser besar dan knalpot ganda.

Masuk ke dalam interior Maserati MC20, Maserati akhirnya memakai panel instrumen full layar 10 inci, selaras dengan monitor tengahnya yang juga 10 inci. Tema sebagian interiornya adalah carbon fiber, terlihat di setir dan konsol tengahnya yang kaya akan bahan tersebut. Setirnya agak mirip produk ber-KTP Italia lainnya dari FCA, yakni Alfa Romeo, dan ada 2 tombol hitam yang mencolok. Satunya untuk start-stop engine, satunya lagi untuk launch control.

Dekat slot untuk wireless charging di konsol tengah, ada putar-putaran untuk mengubah mode berkendara dengan berbagai pilihan : GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC OFF. Mobil ini punya tombol transmisi bertuliskan “R” untuk gigi mundur dan “D/M” untuk gerak maju dan mengaktifkan mode manualnya. Kalau mau masuk gigi netral, bagaimana? Well, Maserati tidak menjelaskan, tapi mungkin tinggal tarik kedua paddle shift bersamaan untuk masuk netral seperti supercar lain.

Benda yang duduk manis di tengah mobil ini adalah mesin 3.000 cc V6 twin turbo baru yang diklaim oleh Maserati adalah mesin baru yang “100 persen Maserati”. Mesin bernama Nettuno ini memiliki sistem injeksi ganda dan sistem pembakaran pre-chamber berikut busi ganda alias dual spark. Mesin ini tidak mendapat bantuan hybrid, namun sudah sangat sanggup menghasilkan 621 hp dan torsi 730 Nm. Besar lho, tenaga McLaren 600LT saja kalah meski mesin McLaren lebih besar.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi kopling ganda 8 percepatan ke roda belakang, memampukan Maserati MC20 untuk lari dari 0-100 tak sampai 2,9 detik dan memiliki kecepatan maksimum di 325 km/jam. Sasis Maserati MC20 yang terbuat dari carbon fiber memberi kontribusi besar di aspek pemangkasan bobot, sehingga bobot Maserati MC20 diklaim tidak sampai 1,5 ton. Lebih ringan daripada Porsche 911 baru lho.

Suatu hari nanti, akan hadir Maserati MC20 versi listrik alias EV dengan akselerasi 0-100 diklaim 2,8 detik dan kecepatan tertinggi 310 km/jam. Produksi Maserati MC20 akan dimulai akhir tahun ini, Maserati sedang menerima orderan yang masuk. Menurut pihak Maserati Indonesia, mobil ini kira-kira sampai di Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Apa opinimu mengenai Maserati MC20? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: