Volkswagen Siapkan 16 Lokasi Perakitan Mobil Listrik di 2022

Volkswagen Siapkan 16 Lokasi Perakitan Mobil Listrik di 2022
0  komentar

AutonetMagz.com – Seolah ingin melepaskan diri dari cap yang menempel sejak skandal dieselgate mereka mencuat di seluruh dunia, Volkswagen Group sejak tahun lalu sudah giat sekali untuk merancang masa depan mereka dalam hal kendaraan bertenaga listrik. Mulai dari model konsep yang banyak muncul, hingga rencana jangka panjang mereka yang diberi nama Roadmap E.

Nah, kabar baru yang juga tak kalah seru kembali muncul mengenai elektrifikasi yang dilakukan oleh Volkswagen, yaitu mengenai pabrik perakitan. Jika pabrikan – pabrikan lain masih sedikit malu – malu dan coba – coba untuk membangun pabrik perakitan mobil listrik, maka pihak Volkswagen berbeda. Volkswagen  menyatakan bahwa mobil listrik mereka nantinya akan dirakit di 16 lokasi perakitan yang berbeda, banyak juga. Kabar ini sendiri disampaikan oleh Matthias Muller, CEO dari Volkswagen  AG pada konferensi pers tahunan Volkswagen Group beberapa waktu lalu. Muller sendiri menyatakan bahwa jumlah 16 pabrik perakitan tersebut akan dicapai di penghujung tahun 2022 mendatang.

Saat ini sendiri, Volkswagen Group sudah memiliki tiga lokasi perakitan mobil listrik, dan percepatan sendiri akan segera dilakukan, dimana dalam tahap dua tahun ke depan Volkswagen akan menambah pabrik perakitan mobil listrik menjadi sembilan lokasi, dan bertahap hingga mencapai 16 lokasi. Nah, dengan bertambahnya lokasi perakitan mobil listrik, maka jelas produksi akan bertambah, namun masih ada pekerjaan rumah yang harus dipenuhi. Pekerjaan rumah  yang kami maksud adalah perkara supply dari baterai yang menjadi komponen penting dari sebuah mobil listrik. Dan oleh karena itu, Volkswagen Group juga menggandeng beberapa pabrikan baterai di Eropa dan juga China.

Dan jika mengacu pada Roadmap E, maka per tahun 2025 pihak Volkswagen Group menargetkan ada sebanyak tiga juta mobil listrik yang diproduksi, dan jika secara kasar dibagi pada 16 pabrik perakitan, maka setiap pabrik setidaknya memproduksi 200.000 unit kendaraan, ya tapi itu hanya pembagian kasar saja, karena pastinya kapasitas tiap pabrik akan berbeda nantinya. Dan dari 3 juta unit mobil listrik tersebut akan terbagi dalam 80 model mobil listrik. Di tahun 2018 ini sendiri Volkswagen Group sudah memiliki sembilan mobil listrik baru, dimana tiga diantaranya merupakan mobil yang menggunakan tenaga listrik secara murni. Nama – nama seperti Audi e-Tron, Porsche Mission E Cross Turismo Concept dan VW I.D. Vizzion adalah calon jagoan Volkswagen Group di masa depan.

Seluruh usaha dari Volkswagen ini sendiri tentunya memerlukan dana yang tak sedikit, di penghujung 2017 silam saja Volkswagen sudah menggelontorkan dana 22,4 juta Euro, berapa banyak itu? Kurskan sendiri saja, yang jelas angka nol akan berbaris rapi dalam kurs Rupiah. Namun di tahun lalu juga Volkswagen Group kembali mendapatkan profit yang jumlahnya sudah membaik. Bagaimana kalau menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: