Alva Raih Pendanaan dari Horizons Ventures dan Indika Energy

by  in  Alva & Berita & Merek Motor
Alva Raih Pendanaan dari Horizons Ventures dan Indika Energy
0  komentar

AutonetMagz.com –  PT Ilectra Motor Group (IMG atau ALVA) telah menyelesaikan penggalangan dana Seri B, dengan total biaya keseluruhan hingga USD 50 juta. Putaran pendanaan ini mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizons Ventures. Sedangkan investor yang baru mencakup HH-CTBC Partnership L.P. (Foxconn Co-GP Fund), bersama dengan Horizon Ventures dan Indika Energy menjadi investor terbesar pada saat ini.

Digunakan Untuk R&D

Hasil dari pendanaan Seri B akan digunakan untuk mengakselerasi pengembangan dari produk ALVA dan memperluas jaringan. Untuk mendukung operasional secara end-to-end, fasilitas manufaktur IMG di Cikarang, Jawa Barat, telah beroperasi sejak kuartal keempat 2022. Fasilitas manufaktur tersebut memiliki total kapasitas produksi hingga 100.000 unit per tahun. Selain itu, ALVA Experience Center di SCBD dan ALVA Studio di Mall Bali Galeria telah beroperasi penuh untuk mendukung penjualan dan layanan purna jual. 

Hal itu didasari karena Indonesia pada saat ini memiliki kepemilikan kendaraan roda dua tertinggi di dunia (sekitar 42%, berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 penduduk). Hal itu menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar ketiga untuk kendaraan roda dua, dengan estimasi 6 juta sepeda motor yang terjual setiap tahunnya. Melihat potensi yang tersebut, IMG memasang target untuk menjadi pemain kendaraan listrik roda dua terkemuka di Indonesia.

Melihat Potensi yang Menjanjikan

“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan kendaraan listrik. Kami berharap dapat terus berinovasi dan mengembangkan ALVA, serta memperluas pasarnya di seluruh Indonesia. Indika Energy menyambut baik kerja sama dengan mitra-mitra luar biasa termasuk Horizons Ventures, HH-CTBC Partnership. L.P. (Foxconn Co-GP Fund), Alpha JWC Ventures, dan Brama One Ventures untuk mendukung tujuan kami menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia,” tutur Azis Armand, selaku Vice President Director dan Group CEO Indika Energy. 

Kami sangat senang mengumumkan kolaborasi kami dengan ALVA, kendaraan listrik roda dua untuk masyarakat Indonesia. Merupakan kehormatan bagi kami untuk menjadi bagian dari misi ALVA, mengambil langkah signifikan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan bagi Indonesia melalui penerapan ekosistem kendaraan listrik yang cerdas dan lebih bersih. Produk kendaraan roda dua ALVA mencontohkan integrasi teknologi dan scalability yang mulus, yang akan menjadi inti untuk merevolusi perjalanan perkotaan sehari-hari,” kata Frances Kang dari Horizons Ventures. 

Read Prev:
Read Next: